Teknologi Semakin Berkembang, Ini Prospek Saham SCMA dan MNCN

Teknologi Semakin Berkembang, Ini Prospek Saham SCMA dan MNCN
Teknologi Semakin Berkembang, Ini Prospek Saham SCMA dan MNCN

Teknologi yang berkembang sangat cepat membuat industri media dipaksa untuk mengikuti irama dari perubahan tersebut. Perusahaan-perusahaan media seperti PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), serta pesaingnya PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) sedang berusaha mencari lini bisnis segar dan baru. Jika mengacu pada tren media sosial dan internet tahun 2019 dari Hootsuite yang dirilis Januari 2019, ada 150 juta pengguna internet di Indonesia. Melihat data tersebut, tidak mengherankan jika pada akhirnya tren media mengubah haluan ke arah digital. Dari segi bisnis, saham SCMA dan juga MNCN masih memiliki prospek bagus untuk berinvestasi.

Layanan Baru di Industri Media

Dengan perkembangan teknologi saat ini banyak bermunculan layanan baru, salah satunya layanan OTT atau Over The Top dimana SCMA juga sebagai penggagasnya. Layanan tersebut merupakan layanan berupa konten data, multimedia, serta informasi yang disalurkan melalui internet. Contohnya layanan streaming menggunakan aplikasi. Data dari Hootsuite merilis bahwa rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu selama hampir 3 jam hanya untuk menonton TV melalui layanan streaming, broadcast, dan juga video. Sejumlah layanan streaming yang sudah akrab di telinga kita ada HOOQ, Vidio.com, Viu, dan Iflix. Layanan tersebut merupakan anak usaha dari media SCMA dan MNCN.

SCMA sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di sektor penyiaran dan layanan konten dengan anak usahanya yaitu vidio.com dalam layanan OTT. Lalu menurut analisis Bina Artha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji, saham SCMA sangat ideal untuk kegiatan trading saham. Alasannya karena SCMA punya saham lebih likuid dan scoop yang lebih besar.

Tantangan Lebih Besar

Selain itu tantangan utama dari para perusahaan media adalah perkembangan konten iklan digital maupun online. Sebab, banyak perusahaan yang mau mengiklankan sejumlah produk mereka di TV. Menurut analisis Samuel Sekuritas, Yosua Zisokhi, untuk 2019 diprediksi pendapatan serta laba bersih SCMA akan sedikit berjalan lambat. Kendati demikian, dengan efisiensi dan situasi rupiah yang cukup stabil membuat net income SCMA tetap bertumbuh dengan baik. Hal ini juga akan memicu pergerakan saham SCMA.

Yosua memperkirakan akan ada peningkatan pendapatan 4 persen untuk SCMA dibandingkan pada tahun sebelumnya. Sedangkan untuk laba bersihnya meningkat 30 persen dari yang didapat pada tahun 2018 lalu. Dengan begitu pertumbuhan saham SCMA pun akan lebih stabil kendati hanya beberapa poin. SCMA mencatat pemasukan yang diterima di akhir 2018 mencapai Rp 5 triliun atau meningkat 12 persen year on year. Sementara laba bersih SCMA selama 2018 sebesar Rp1,48 triliun, tumbuh sekitar 11% ketimbang tahun 2017 yang hanya Rp1,33 triliun.

Saham SCMA dan MNCN Direkomendasikan untuk Dibeli

Kemudian dari nilai sahamnya, direkomendasikan untuk membeli saham SCMA dan MNCN. Pertimbangannya adalah bahwa kedua emiten penyiaran tersebut masih jadi yang terbaik dan memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia. Selanjutnya target harga saham SCMA di akhir tahun 2019 dapat mencapai level Rp2.230 per lembar. Selain itu kebijakan perusahaan dan mutu pelayanan terhadap pelanggan jadi sentimen yang bisa mempengaruhi pergerakan harga saham SCMA. Namun, jika dilihat dari sisi valuasinya MNCN punya prospek yang lebih baik dibandingkan untuk investasi jangka panjang daripada SCMA. Sementara itu penutupan Senin (30/09/2019) hari ini, harga saham SCMA naik sebesar 0,43% di posisi Rp1.160 per lembarnya. Sedangkan saham MNCN stabil.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait