Suku Bunga Deposito & Istilah Lain dalam Dunia Finansial

Suku Bunga Deposito & Istilah Lain dalam Dunia Finansial

Dalam dunia perbankan, istilah suku bunga deposito relatif sudah populer. Ketika kamu memutuskan untuk mendepositokan uang ke bank dalam jumlah dan periode waktu tertentu, maka bank memiliki “kewajiban” untuk memberikan kamu keuntungan dalam jumlah tertentu. Nah, keuntungan ini disebut juga suku bunga deposito. 

Serupa dengan suku bunga simpanan yang lain, suku bunga deposito tentunya dipengaruhi beberapa faktor dan tingkat suku bunga deposito di berbagai bank tentunya berbeda-beda.

Dalam dunia perbankan dan finansial, suku bunga deposito hanyalah awal dari istilah-istilah yang harus kamu pahami. Berikut beberapa istilah lain dalam dunia perbankan yang harus kamu pahami.

Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Tidak seperti suku bunga deposito yang masih asing, kamu pasti pernah mendengar anjungan tunai mandiri atau ATM. Anjungan tunai mandiri adalah mesin dengan sistem komputer yang digunakan untuk mengambil uang dan hampir tersebar di mana-mana. Biasanya, untuk mengakses mesin ini, kamu memerlukan kartu dari bank bersangkutan, meskipun perkembangan teknologi sudah memungkinkan kamu mengambil uang hanya bermodalkan mesin ATM dan aplikasi di ponsel Anda.

Bilyet

Serupa dengan bill atau tagihan, bilyer adalah formulir, nota atau bukti tertulis lainnya yang dapat membuktikan bahwa kamu telah melakukan transaksi, atau hanya sekadar keterangan untuk membayar.

Daftar Hitam

Selain suku bunga deposito, bilyet, dan ATM, istilah yang juga populer di dunia perbankan adalah daftar hitam atau black list. Seperti namanya, istilah ini mengacu kepada daftar nasabah, baik perseorangan atau perusahaan, yang terkena sanksi karena merugikan masyarakat dan bank itu sendiri.

Deposito Berjangka

Istilah yang keempat masih berkaitan dengan suku bunga deposito yaitu deposito berjangka. Deposito berjangka mengacu kepada simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu yang telah ditentukan, sesuai dengan kesepakatan antara nabasah dengan bank.

Inkaso atau Collection

Inkaso atau collection adalah bentuk penagiha, baik kepada cek, wesel dan surat utang lain kepada penerbit surat berharga.

Kliring atau clearing

Hampir sama dengan suku bunga deposito yang berkaitan dengan perhitungan, kliring atau clearing adalah perhitungan utang piutang secara terpusat di satu tempat antara banyak peserta dengan cara menyerahkan surat-surat berharga juga surat-surat dagang yang sebelumnya telah ditetapkan, sehingga bisa diperhitungkan.

Suku bunga deposito, kliring hingga anjungan tunai mandiri adalah istilah yang familiar di dunia perbankan. Dan jika Anda dekat dengan dunia finansial dan perbankan, maka istilah di atas bisa menambah sudut pandang baru ketika nantinya kamu terlibat transaksi di dunia perbankan.

Namun, hal berbeda jika kamu tertarik untuk berinvestasi, maka istilah yang telah disebutkan di atas tidak semuanya digunakan, meskipun bank dan investasi masih saling bersinggungan. Untuk mempelajari investasi atau istilah yang jamak digunakan didalamnya, kamu harus melakukan riset yang berbeda, beruntung, blog Ajaib bisa menjadi titik awal bagi kamu untuk memulainya.

Jadi, setelah mengetahui istilah-istilah tersebut, apakah kamu tertarik berinvestasi? Deposito adalah salah satu investasi yang cocok bagi kamu para pemula. Selain itu, suku bunga deposito juga memiliki angka yang lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Hal ini tentu bisa menguntungkan buat kamu bukan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait