Sudahkah Anda Mengetahui Tentang Reksa Dana

Banyaknya jenis instrumen pasar uang dan modal yang ada saat ini mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan dimana akan menginvestasikan uang Anda. Istilah reksa dana pasti sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Reksa dana merupakan pilihan yang cocok untuk investor pemula yang ingin memulai berinvestasi karena dapat dimulai dengan modal yang sedikit dan dikelola secara profesional oleh manajer investasi. Ulasan ini akan memberikan gambaran mengenai reksa dana supaya memudahkan Anda dalam memulai investasi.

Reksa dana berasal dari kata “reksa” yang berarti memelihara dan “dana” yang berarti uang. Secara harfiah, reksa dana berarti memelihara uang. Seperti definisi di atas, reksa dana adalah produk investasi yang ditawarkan untuk menghimpun dana dari masyarakat untuk dipelihara dan dikembangkan oleh seorang Manajer Investasi dengan diinvestasikannya dana tersebut ke beberapa instrumen investasi. Instrumen investasi ini antara lain berupa saham, obligasi, surat berharga, instrumen pasar uang jangka pendek atau dapat berupa kombinasi dari berbagai instrumen investasi.

Manajer investasi adalah profesional yang memiliki keahlian dalam mengelola uang dengan menginvestasikannya ke dalam berbagai instrumen investasi sesuai dengan profil risiko klien. Manajer investasi akan mendapatkan fee atas jasanya dalam mengelola dana klien.

Secara umum reksa dana terbagi menjadi empat jenis, yaitu: reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham.

# Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang seluruh portofolio investasinya ditempatkan pada deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan surat berharga yang memiliki waktu jatuh tempo kurang dari satu tahun. Reksa dana yang kerap disebut money market fund ini relatif paling aman dari produk reksa dana lainnya namun keuntungannya juga paling kecil. Reksa dana pasar uang sangat cocok untuk Anda yang mencari investasi dengan risiko rendah dengan tingkat pengembalian lebih tinggi dari suku bunga bank konvensional dan jangka waktu investasi yang relatif singkat.

# Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap atau fixed income fund adalah jenis reksa dana yang portofolio investasinya berisi surat utang (obligasi) minimal sebanyak 80% dan sisanya berupa produk pasar uang. Arti dari pendapatan tetap bukanlah semata-mata investor akan mendapatkan pendapatan tetap. Namun, instrumen surat utang (obligasi) memberikan pendapatan tetap secara berkala dalam bentuk kupon.

# Reksa Dana Campuran

Seperti namanya, reksa dana campuran atau balance mutual fund memiliki portofolio investasi di berbagai instrumen keuangan, baik dalam bentuk deposito, obligasi atau saham. Reksa dana jenis ini sangat beragam karena disesuaikan dengan profil dan tujuan investasi Anda. Reksa dana campuran tepat untuk Anda yang merasa nyaman dengan tingkat toleransi risiko menengah dan menginginkan variasi bentuk investasi pada obligasi, pasar uang serta saham.

# Reksa Dana Saham

Reksa dana saham adalah jenis reksa dana dimana minimal 80% Nilai Aktiva Bersihnya dialokasikan dalam bentuk saham. Reksa dana saham sangat cocok untuk Anda yang tertarik untuk investasi di pasar saham serta memiliki toleransi terhadap produk investasi dengan tingkat risiko yang relatif tinggi. Keuntungan reksa dana saham memang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan produk reksa dana lainnya, namun juga diimbangi dengan risiko yang juga relatif tinggi.

Reksa dana adalah investasi yang tepat untuk Anda yang ingin merencanakan sebuah investasi yang sesuai dengan tujuan finansial Anda dengan tingkat pengembalian investasi yang lebih besar dari bunga bank. Reksa dana juga sangat cocok untuk Anda yang menginginkan investasi yang beraneka ragam dalam bentuk portofolio investasi.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami jenis-jenis reksa dana terlebih dahulu yang disesuaikan dengan profil risiko Anda agar mendapatkan hasil maksimal dengan tingkat risiko tertentu.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait