Strategi Investasi Pasif Apa Yang Tepat Untuk Anda?

test alt text
Pertanyaan umum yang sering ditanyakan di internet adalah bagaimana memulai investasi? Yang paling Anda butuhkan adalah strategi. Seperti halnya jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda biasanya mencari beberapa panduan dari seseorang yang sukses, dan strategi apa yang mereka gunakan untuk mencapainya.
Namun, tidak semua strategi sama. Seperti halnya diet dan olahraga, Anda mendapatkan sudut pandang yang saling bertentangan, terutama di media sosial. Meskipun tidak ada metode benar atau salah dalam berinvestasi, tentu saja ada metode yang lebih baik.
Investasi pasif adalah pilihan investasi terbaik bagi kebanyakan individu. Itu tidak berarti akan menghasilkan pengembalian yang terbaik. Sebaliknya, ini berarti strategi investasi lain yang tidak dikenal harus dipertimbangkan dengan baik. Saat ini metode investasi pasif adalah yang paling dapat diandalkan untuk menghasilkan pengembalian yang paling stabil.
Dengan melakukan investasi pasif, ini berarti Anda harus fokus pada:
  • Biaya tahunan rendah – Setiap investasi yang biaya biayanya 0,4 persen setiap tahunnya untuk dimiliki
  • Diversifikasi – Alokasi aset yang baik memengaruhi pengembalian lebih dari apa pun. Anda melakukan ini dengan tidak meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang.
  • Berinvestasi di Indeks – Menggunakan reksa dana atau ETF yang secara akurat melacak indeks tempat Anda berinvestasi.
  • Tidak aktif dalam trading- Tidak menggunakan dana yang dikelola secara aktif untuk sebagian besar pilihan investasi.
Masing-masing strategi yang tercantum di bawah ini menerapkan prinsip-prinsip inti di atas namun sedikit berbeda. Untuk menyederhanakannya, akan dibagi menjadi tiga strategi, layanan keuangan otomatis dan manajemen profesional. Kemajuan teknologi komputer telah mempengaruhi ketiga strategi menjadi lebih baik.
# Layanan Keuangan Otomatis
Industri investasi otomatis adalah kategori baru dalam industri keuangan. Sebelumnya, Anda benar-benar hanya memiliki dua opsi terakhir. Empat puluh tahun sebelumnya, investasi pasif DIY juga sangat sulit diimplementasikan. Sekarang perusahaan seperti Ajaib telah membawa keuangan modern ke tingkat berikutnya.
Alih-alih harus khawatir tentang rincian teknis dalam teori keuangan modern, Ajaib telah melakukan semua ini untuk Anda. Fokus mereka adalah tentang tujuan akhir Anda dan apa tujuan tabungan Anda.
Saya membayangkan jenis layanan ini menargetkan investor pemula yang baru saja lulus dari perguruan tinggi yang baru saja mulai menabung, tetapi tidak tahu harus berinvestasi apa. Menurut saya pribadi, Ajaib merupakan pilihan yang paling tepat. Tidak memerlukan waktu untuk meneliti dan banyak mengatur aset Anda. Ajaib telah membatu Anda melakukan semuanya.
Seperti yang saya ulas, Ajaib fokus pada tujuan Anda, bukan teori investasi. Ini adalah layanan investasi otomatis yang melakukan investasi pasif. Apa yang dulu hanya tersedia melalui penasihat keuangan dengan biaya tinggi, kini telah tersedia melalui aplikasi Ajaib.
# Investasi DIY
Tingkat perkembangan selanjutnya adalah melakukan investasi sendiri, atau dikenal sebagai investasi DIY (Do It Yourself). Ini bisa menjadi upaya yang menghabiskan waktu, tetapi dapat menghasilkan hadiah yang lebih besar, baik melalui pendidikan keuangan dan moneter. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda juga dapat menembak diri sendiri dengan mengalami kerugian besar.
Saya mengambil contoh seseorang yang biasanya memiliki dana berlebih sekitar 100 juta ke atas layak masuk ke dalam strategi ini. Seseorang yang cocok dengan profil ini menikmati bacaan dan penelitian yang diperlukan untuk memahami teori investasi modern, juga cocok dengan strategi investasi ini.
Untuk investor DIY, Anda tidak di luar sana sendirian tanpa bantuan. Ada banyak buku keuangan tentang investasi pasif dan situs web yang akan mengajari Anda. Layanan situs web seperti Morningstar juga sangat membantu, tetapi ini bisa menjadi pekerjaan berat karena diperlukan kemampuan analisis yang kompeten. Namun, Morningstar tidak akan memberi tahu Anda apa alokasi aset terbaik Anda dan opsi investasi apa yang lebih baik yang tersedia di akun Anda.
Anda dapat memilih cara yang lebih tradisional dan memilih reksa dana. Namun, sementara mereka juga memiliki ETF, mereka tidak lagi memiliki eksklusivitas pada biaya tahunan berbiaya rendah. Bagian dari strategi investasi DIY menggunakan ETF bebas komisi juga.
# Manajemen Profesional
Tidak semua orang cocok untuk melakukannya sendiri. Beberapa tidak memiliki keterampilan. Berapa banyak cerita yang pernah Anda dengar tentang orang-orang yang menarik tepat di posisi terendah di tahun 2008? Selain itu, banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu memilih tempat liburan daripada merencanakan masa depan keuangan mereka.
Jika ini menggambarkan Anda, kemungkinan besar Anda harus mendapatkan bimbingan profesional. Bahkan untuk investor DIY mungkin masuk akal untuk mendapatkan pendapat orang lain. Seseorang untuk membantu melihat ke belakang. Seperti halnya montir mobil yang baik, penasihat keuangan yang baik dapat menawarkan kebijaksanaan dan mengidentifikasi masalah yang mungkin tidak Anda sadari.
Mungkin juga portofolio investor DIY menjadi begitu besar dan sulit dikelola sehingga masuk akal untuk menyerahkannya kepada seorang profesional. Tidak ada yang salah dengan ini.
Pertama, izinkan saya menyatakan bahwa perencana keuangan mana pun bukanlah penasihat biaya saja. Ini berarti Anda membayar tarif tetap, per jam, atau biaya tahunan seperti biaya 1 persen. Saat memilih seorang profesional, pastikan Anda meminta referensi, dan langsung ajukan pertanyaan Anda. Meskipun Anda mengharapkan penasihat keuangan untuk mencari kepentingan terbaik Anda sendiri, itu tetap bukan uang mereka.
Tidak ada yang benar-benar peduli dengan uang Anda selain Anda. Pilih penasihat yang cocok dengan filosofi investasi pasif Anda. Seorang penasihat yang mengharuskan perdagangan masuk dan keluar dari akun Anda kurang dari 60 hari adalah yang terbaik untuk dihindari. Ajaib sendiri memiliki penasihat keuangan personal yang dapat membantu Anda, secara gratis.
Ketika saya pertama kali mulai berinvestasi, saya sepenuhnya menggunakan metode investasi DIY. Saya pikir tidak ada pilihan lain. Saya juga berpikir semua orang harus melakukan hal yang persis sama. Tapi sama seperti memiliki bisnis, saya menyadari tidak semua orang cocok untuk menjalani jalan itu. Inilah sebabnya saya juga menyarankan opsi untuk menggunakan penasihat keuangan ataupun investasi otomatis. Meskipun tidak semua penasihat keuangan diciptakan sama, jika Anda dapat menemukan yang sesuai dengan keyakinan investasi Anda, mereka dapat lebih baik menjalankan rencana Anda.
Share to :
Artikel Terkait