Emas

Siasati Tantangan dengan Investasi Emas Pegadaian

Siasati Tantangan  Berinvestasi dengan Investasi Emas Pegadaian 

Ajaib.co.idTabungan Emas Pegadaian adalah layanan investasi emas pegadaian dengan fasilitas titip yang lebih memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas, dibanding investasi emas pribadi konvensional. Fasilitas titip maksudnya adalah pengelolaan nilai investasi jual-beli emas secara konsinyasi, yang dilengkapi berbagai kemudahan bagi para pemula.

Keuntungan Investasi Emas Pegadaian

Dengan menabung emas di Pegadaian, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti:

a. Fleksibilitas dana investasi, kamu bisa melakukan transfer awal tabungan emas mulai dari 0,1 gram.

b. Penyimpanan dengan jaminan keamanan 24 jam.

c. Kualitas produk dijamin memiliki karat diangka 24 karat.

d. Besaran satuan produk, di mana kamu bisa mencetak emas mulai dari kepingan 1 gram.

e. Kemudahan menjual, mulai dari 1 gram.

f. Potensi keuntungan buyback dan harga jual yang kompetitif.

g. Memiliki pelayanan dengan kualitas terbaik dan memiliki biaya administrasi dan pengelolaan yang ringan.

h. Profesional, transparan, tersedia di seluruh cabang Pegadaian atau melalui Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian dan Marketplace.

Keuntungan Investasi Emas Konvensional

Sedangkan investasi emas konvensional memiliki keuntungan sebagai berikut:

a. Fleksibilitas dana investasi minimum seberat 1-2 gram.

b. Penyimpanan emas tanggung jawab pribadi atau sewa deposit box bank.

c. Kualitas produk dengan jaminan karatase relatif dan ada kemungkinan penipuan.

d. Besaran satuan produk tergantung stok produk di toko.

e. Kamu bisa menjual dalam bentuk dan besaran apapun.

f. Harga jual akan berbeda di masing-masing toko, ada baiknya menjual di toko yang sama ketika kamu membeli.

g. Terdapat biaya jual beli yang berbeda tiap toko.

h. Profesionalitas dan transparansi berbeda tiap toko. Tersebar di banyak pusat jual-beli emas.

Kenali Plus Minus Investasi Emas

Investasiemas adalah investasi yang aman dan menjanjikan, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu lama. Kelebihannya adalah:

1. Mudah dicairkan

Investasi ini mudah dicairkan menjadi dana tunai saat terjadi kebutuhan darurat, tidak seperti investasi lain yang perlu ‘waktu’. Emas bisa dijual kapan saja.

2. Dapat dijadikan Jaminan

Emas dapat digadaikan untuk mendapatkan uang secara langsung. Jaminan menggunakan emas memiliki nilai lebih dibanding dengan jaminan barang lain yang mengalami depresiasi nilai. Selain di pegadaian, emas juga dapat dijadikan jaminan di tempat lain yang tepercaya. 

3. Harganya Stabil dan Trennya Selalu Naik

Harga emas relatif stabil dan cenderung naik karena ia tidak memiliki ketergantungan terhadap inflasi. Meski harga emas memang masih mungkin mengalami penurunan, namun jarang terjadi. 

4. Mudah Dimulai

Dibanding investasi yang lain, investasi emas lebih mudah dimulai karena mudah didapat dan dana awal investasi terjangkau.

Produk Investasi Pegadaian

Secara garis besar, program investasi di PT Pegadaian Tbk ini terbagi menjadi tiga jenis. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Produk Penjualan Fisik Emas Batangan

Produk ini dimaksudkan sebagai bentuk layanan kepada investor untuk memiliki fisik emas batangan secara langsung. Berat yang tersedia untuk produk ini kisaran 5 gram hingga 1 kilogram. Produk ini dimaksudkan agar investor bisa memiliki secara langsung fisik emas batangan yang ada.

Uniknya, layanan ini tersedia dalam bentuk tunai maupun kredit, serta bisa melayani dalam bentuk pembelian kolektif yang dilakukan dengan sharing modal antara beberapa orang, dan yang lebih lagi bisa dalam bentuk arisan.

Pilihan cara pembayarannya pun beragam dibarengi dengan kualitas layanan yang terjamin di kantor resmi PT Pegadaian. Sehingga sepenuhnya fisik emas batangan yang dimiliki adalah emas murni yang legal dan sah dengan surat atas nama pembeli langsung.

Ketika kamu memilih jalan kredit, pembayaran awal yang harus dibayarkan adalah 15% dari harga jual yang dipatok pihak Pegadaian. Dengan membayar angsuran dalam jangka waktu 3 hingga 36 bulan kamu bisa membawa pulang fisik emas batangan secara langsung.

Namun, bila membayar dengan jalan kredit, fisik emas hanya bisa diambil setelah pelunasan terjadi, berbeda dengan cara tunai yang fisik emas langsung bisa dibawa saat itu, sama seperti membeli di toko perhiasan emas pada umumnya.

2. Menabung Mulai Rp5.000

Produk ini sama dengan produk tabungan pada umumnya. Hanya saja uang yang ditabung akan dikonversi dalam besaran gram. Nilai terendah tabungan ini adalah 0,01 gram atau setara dengan Rp5000.

Selain itu, tabungan ini juga menguntungkan bagi siapa saja yang ingin memiliki emas batangan sekaligus membutuhkan fasilitas penitipan emas yang aman dan terjamin.

Selain itu, konversi ini bisa dijual kembali ke PT Pegadaian atau buyback. Di mana, kamu akan menerima uang dengan besaran yang menyesuaikan dengan harga emaspada hari saat dilakukannya transaksi buyback.

Fasilitas ini sangat mudah dan memberikan kemudahan kepada masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan emas sekaligus pada saat yang sama berinvestasi pada instrumen yang anti inflasi.

3. Jasa Titip-Jual

Layanan penjualan emas ini sangat pas bagi siapa saja yang menginginkan perputaran modal setelah pembelian emas batangan fisik karena produk konsinyasi emas PT Pegadaian ini melayani jasa titip jual.

Maksudnya, ketika ada seseorang yang memiliki emas batangan dalam jumlah tertentu dan titipkan pada PT Pegadaian. Lalu pada saat yang sama dititipkan kemudian diikutkan dalam program ini maka bila ada pembeli yang membutuhkan pembelian emas secara tunai, maka emas investor akan dijual terlebih dahulu.

Selanjutnya, dari hasil penjualan ini investor akan mendapatkan bagi hasil keuntungan. Untuk setiap konsinyasi emas akan dibuatkan akad selama 3 bulan. Kemudian, emas yang tidak terjual dalam tiga bulan bisa dibuatkan akad untuk konsinyasi kembali setelah jangka waktu yang ada.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

  • Untuk mulai berinvestasi emas, klik www.pegadaian.co.id, ikuti simulasi perhitungan investasi.
  • Datang ke outlet Pegadaian/Agen Pegadaian dengan mengisi formulir dan melampirkan fotokopi identitas diri serta membayar biaya administrasi sebesar Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000, atau buka Tabungan Emas secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service yang dapat di-download melalui Playstore dan Appstore.
  • Setelah mendapat rekening Tabungan Emas, pilih dan beli produk emas Tabungan Emas mulai kelipatan 0.01 gram s/d 100 gram untuk mengisi minimal saldo rekening 0.1 gram.
  • Saat menghendaki fisik emas batangan, lakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan tiap pilihan kepingan, di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.
  • Hubungi call center Pegadaian untuk informasi lebih lanjut.

Mudah bukan? Jadi tunggu apalagi? Dengan kemudahan seperti yang sudah dijelaskan di atas kamu tidak perlu pikir panjang lagi! Investasi emas pegadaian sekarang dan dapatkan keuntungan jangka panjang yang bisa membuat masa depanmu lebih tenang.

Namun, bagi kamu yang ribet menyimpan emas, kamu bisa coba investasi reksa dana maupun saham melalui Ajaib. Di sini, kamu cuma perlu memilih jenis investasi yang cocok buat kamu, apakah reksa dana atau saham, kemudian tunggu hasil kerja uangmu dengan lebih cepat.

Di Ajaib, kamu bisa memulai investasi hanya dengan modal Rp10 ribu untuk reksa dana, dan Rp100 ribu untuk saham. Selain itu, di sini kamu juga tidak perlu khawatir masalah keamanan dana kamu, karena Ajaib telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi tunggu apalagi? Tentukan tujuan investasi kamu mulai sekarang, apakah untuk dana pensiun, dana darurat, dana pendidikan, atau untuk berlibur. Setelah kamu mengetahui tujuan investasi, kamu bisa mulai menentukan instrumen investasi yang sesuai tujuan kamu.

Artikel Terkait