Serba-Serbi Reksa Dana Pasar Uang untuk Hilangkan Keraguan

Serba-Serbi Reksa Dana Pasar Uang untuk Hilangkan Keraguan
Serba-Serbi Reksa Dana Pasar Uang untuk Hilangkan Keraguan

Kenapa kita harus berinvestasi? Uang milik kita saat ini nilainya akan turun di masa depan karena tergerus inflasi, sehingga mengurangi daya beli. Jadi, bersiap hidup serba kekurangan atau segera berinvestasi selagi muda?

Realita Cerah Reksa Dana Pasar Uang yang Ramah Investor Pemula

Reksa dana pasar uang (money market funds) adalah reksa dana yang 100% berinvestasi di instrumen pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Deposito Berjangka, dan Obligasi yang jangka waktu di bawah 1 tahun. Prosesnya mudah karena calon investor hanya perlu mengumpulkan sejumlah uang, lalu diberikan kepada Manajer Investasi (MI) untuk diinvestasikan di pasar uang.

Uang investor akan dikonversi ke unit reksa dana yang disebut Nilai Aktiva Bersih (NAB). Peningkatan atau penurunan harga satuan unit reksa dana bergantung pada keuntungan atau kerugian yang dilakukan MI ketika memutar uang, dan kondisi keuangan dalam atau luar negeri. Kecerdasan MI melihat situasi pasar uang dan potensi jenis investasi akan berpengaruh pada keuntungan atau kerugian investor.

Reksa Dana Pasar Uang Paling Aman?

Reksa dana jenis ini paling aman dibanding reksa dana lainnya, tetapi keuntungannya paling kecil. Namun, investasi ini lebih baik daripada deposito, karena:

• Produknya beragam

Perputaran uang tidak hanya dilakukan pada satu jenis produk investasi, sehingga investor bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari produk investasi pasar uang lain yang sedang bagus saat itu.

• Modal awal investasi terjangkau

Investor pemula bisa ikut mulai berinvestasi dengan modal kecil, yakni Rp100.000 dan tidak ada perbedaan keuntungan antara modal kecil ataupun besar. Sedangkan modal awal investasi deposito umumnya Rp1.000.000, keuntungan berdasarkan suku bunga terendah.

• Investor bisa menarik investasinya kapan saja

Bahkan investasi bisa dilakukan untuk 1 hari saja. Pencairan dana reksa dana pasar uang mudah dilakukan dimana saja dan secara online. Jadi, tidak ribet bukan?

Tepis Mitos Tentang Pasar Uang dengan Memahami Risiko

1. Berisiko bangkrut?

Saat MI melakukan perputaran uang, tentunya ada risiko tempat perputaran itu wanprestasi, sehingga merugikan investor. Namun kerugian tersebut tidak akan besar apalagi menyeluruh, karena sudah dibatasi peraturan untuk hanya menaruh maksimal 10% dari total dana pada tiap jenis pasar uang.

2. Nilai keuntungan tidak pasti?

Berbeda dengan deposito, nilai keuntungan reksa dana pasar uang turun-naik, sehingga bisa untung besar, atau malah bisa rugi. Hal ini bergantung pada kecermatan investor dan MI dalam memilih produk investasi yang menguntungkan dan minim risiko.

3. Butuh modal besar?

Yang satu ini sudah dijelaskan di atas. Bahwa untuk menjadi investor di reksa dana, kamu hanya butuh uang minimal Rp100.000. Hanya dengan harga 2 gelas kopi, kamu sudah bisa berinvestasi!

4. Prosedur awal sangat sulit?

Era digital menjadikannya praktis seperti belanja online, sudah ada marketplace investasi reksa dana seperti Bareksa yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

5. Proses pengelolaannya rumit dan menyita waktu?

Untuk memantau pergerakan nilai investasi bisa secara realtime melalui mobile application, dan pengelolaannya dibantu oleh MI yang diawasi pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Tidak Nasionalis?

Jika keuntungan investasi yang didapat investor dari memanfaatkan mata uang negara asing lalu digunakan untuk mendukung usaha-usaha yang bersifat ekspor, jadinya nasionalis juga kan?

Nah, kamu pasti jadi bertanya-tanya, di mana kita bisa berinvestasi pada reksa dana pasar uang yang menguntungkan ini? Adakah cara mudahnya? Yuk, langsung aja cek aneka reksa dana pasar uang unggulan di www.ajaib.co.id. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan para ahli keuangan tepercaya agar keuntungan pun maksimal! Happy investing!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: ,
Buat Deposit Pertama Sekarang
Artikel Terkait