Serba Serbi Laporan Keuangan dalam Perusahaan Dagang

laporan keuangan

laporan keuangan

Setiap perusahaan dagang pastinya membuat laporan keuangan perusahaan dagang berkaitan dengan laporan arus kas, neraca, utang, piutang, laba rugi. Dan stok barang. 

Perusahaan dagang merupakan salah satu jenis perusahaan yang tidak sulit untuk dijalankan. Sebab, aktifitas usahanya hanya membeli dan menjual kembali barang dagangan tanpa melakukan perubahan bentuk barang. 

Oleh karena itu, perusahaan yang demikian dikenal dengan sebutan perusahaan dagang. Perusahaan tersebut memperjualbelikan produk lewat pembelian dan penjualan kembali. Perusahaan dagang memiliki laporan keuangan yang tidak berbeda dengan perusahaan lain.

Akan tetapi, yang sedikit membedakan adalah poin-poin atau jenis akun yang menjadi bagian dalam laporan keuangan tersebut. Kali ini kami ingin membagikan contoh laporan keuangan perusahaan dagang dengan detail. 

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan laporan yang menunjukkan besaran kas yang diterima. Sesuai penghasilan tunai dan dan investasi tunai dari pemilik serta besaran kas yang dikeluarkan perusahaan. Seperti tanggungan atau beban yang wajib dikeluarkan, pembayaran utang. Serta pengambilan prive (pengambilan dana oleh pemilik perusahaan perorangan untuk keperluan pribadi yang akan mengurangi modal).

Laporan Laba Rugi

Merupakan laporan yang memperlihatkan kegiatan operasional perusahaan. Laporan tersebut menjelaskan secara detail informasi mengenai pendapatan, tanggungan, laba atau rugi perusahaan pada rentang waktu tertentu. 

Ada 2 bagian utama pada laporan laba dan rugi. Bagian tersebut adalah penjualan dan beban atau tanggungan. Sementara, bagian lainnya yaitu harga pokok penjualan.

Laporan Utang

Laporan utang merupakan laporan yang menjelaskan secara detail tentang transaksi penambahan, saldo akhir utang masing-masing supplier. Serta pengurangan utang perusahaan.  

Data utang ini bakal memperlihatkan nama supplier, daftar kode supplier, potongan pembelian, pembelian, saldo awal utang PPN utang, retur pembelian, pembayaran utang, dan saldo akhir utang.

Laporan Piutang

Bagian ini merupakan laporan yang menjelaskan dengan detail mengenai transaksi penambahan dan pengurangan piutang perusahaan. Serta saldo akhir tiap-tiap klien. Laporan piutang bakal memperlihatkan informasi kode klien, nama klien, saldo awal piutang, uang muka, penjualan, retur penjualan, dan potongan penjualan. 

Selain itu juga menyajikan pembayaran piutang, PPN keluaran, dan saldo akhir piutang.

Neraca merupakan laporan yang membukukan data mengenai aktiva, kewajiban, dan modal suatu usaha pada rentang waktu tertentu. Pada dasarnya, format neraca pada laporan keuangan perusahaan dagang dibagi dua. 

Yaitu, format Scontro. Format tersebut memisahkan aktiva dan passiva dengan meletakkannya di sisi kanan dan kiri. Sementara format lainnya adalah Staffel. Yaitu neraca yang disusun ke bawah serta menempatkan saldo di posisi samping dengan kolom debit krefit. 

Laporan Stok Barang

Laporan tersebut menjelaskan dengan detail persediaan barang. Seperti daftar barang yang disertai dengan kodenya. Juga harga penjualan, pembelian barang, stok awal, retur pembelian, retur penjualan, penjualan, sampai persediaan akhir pada toko ataupun gudang. 

Itulah contoh-contoh laporan keuangan perusahaan dagang yang perlu diketahui. Semoga dapat membantu jika nantinya kamu bekerja di perusahaan dagang dan bertugas untuk menyusun laporan-laporan tersebut.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait