Cryptocurrency

Sejarah Doge Coin dan Sepak Terjangnya di Dunia Aset Kripto

Doge Coin
Doge Coin

Ajaib.co.id – Investasi mengandalkan aset kripto adalah hal yang sekarang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Keuntungan cepat yang didapatkan membuat banyak orang yang tergiur dengannya. Ada banyak aset kripto yang bisa diandalkan, tidak hanya Bitcoin yang harganya paling mahal. Salah satu mata uang digital yang harganya masih sangat murah adalah Doge Coin.

Mengenal lebih dekat Doge Coin

Doge Coin adalah salah satu mata uang digital yang belakangan ini diperbincangkan karena mengalami kenaikan yang pesat. Penyebab kenaikannya bermacam-macam mulai dari promosi gencar di forum Reddit hingga Coinbase, perusahaan koin ini yang baru saja melantai di bursa saham Amerika Serikat.

Kamu pasti sudah tahu bahwa Elon Musk sangat memperhatikan perkembangan aset kripto apa pun itu. Elon Musk ternyata juga memantau pergerakan koin ini. Doge Coin yang selama ini dianggap sebagai putri tidur, tiba-tiba saja harganya melesat kembali.

Lalu, banyak yang menilai bahwa aset kripto ini akan semakin besar nantinya, mengingat masih ada potensi untuk terus naik karena beberapa faktor di atas. Kapitalisasi Coinbase juga sedang terus naik.

Doge Coin sendiri lahir dari hal yang sebenarnya tidak dimaksudkan untuk membuatnya sebagai aset kripto. Maksudnya adalah pendirinya sendiri menyatakan bahwa pembuatan aset kripto ini didasari atas sindiran yang ditujukan pada mata uang digital secara umum.

Pembuatnya yang bernama Jackson Palmer yang menyatakan hal ini secara jujur. Ia membuat koin ini untuk menyindir orang-orang yang pada saat itu mulai keranjingan mata uang kripto di tahun 2013.

Ia sendiri tidak begitu tertarik dengan mata uang digital. Kamu bisa menengok logonya yang tampak lucu, yaitu menggunakan gambar anjing Shiba yang berasal dari Jepang. Pembuatan koin ini memang dibuat hanya untuk bercanda.

Namun, siapa yang menyangka ternyata mata uang digital yang diciptakannya itu laku keras, sampai dilirik oleh developer IBM, Billy Markus yang sangat berniat membuat mata uang digital. Melihat potensi koin tersebut, ia pun mengontak Jackson Palmer, sampai akhirnya mereka bekerja sama untuk membuat koin ini menjadi lebih besar lagi. Pada tahun 2013 koin ini secara resmi meluncur.

Pernah berjaya pada awal peluncuran

Awal peluncuran resmi Doge Coin semakin menggila saja. Dua minggu setelah peluncuran, harganya naik hingga 300%. Antusias para investor menambang koin ini memang tidak bisa dibendung. Logonya yang menggunakan anjing Shiba yang imut dan lucu itu memang menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan itu. Akhirnya perusahaan yang menaungi koin ini pun jadi semakin besar.

Lalu, dengan kesuksesan di peluncuran pertama, perusahaan tersebut masuk ke dunia amal dengan menyumbangkan hasil keuntungannya untuk mereka yang membutuhkan di Benua Afrika. Hal itu membuat bisnisnya semakin moncer dan dikenal oleh masyarakat luas.

Namun, rupanya yang namanya kesuksesan bisa membuat seseorang lupa diri. Di tahun 2016, salah satu anggota komunitas intinya menghambur-hamburkan kekayaannya tidak keruan. Ia juga memiliki skandal kasus pemerkosaan. Hal itu yang membuat harga mata uang digital ini jatuh.

Jatuhnya semakin parah ketika terjadi kejatuhan masal di mata uang kripto. Jadi, tidak hanya koin ini yang terkena imbasnya, koin mata uang digital lain juga terkena imbas. Hal ini terjadi di tahun 2017 hingga tahun 2018. Harga koin ini yang awalnya sangat mahal, kemudian jatuh seperti harga membeli kacang goreng.

Kebangkitan Doge Coin

Walaupun sempat mengalami kejadian sudah jatuh tertimpa tangga, koin berlogo anjing kecil ini ternyata bisa bangkit lagi. Hal ini diakibatkan minat masyarakat dunia pada investasi kripto.

Bitcoin yang harganya melambung tinggi, membuat masyarakat pun mencoba alternatif mata uang digital lainnya yang harganya lebih murah. Akhirnya koin ini pun ikut menjadi pilihan yang bagus.

Sudah banyak para investor yang bertransaksi dengan mata uang digital ini sampai menjadi orang kaya mendadak. Mereka berhasil meraih keuntungan berlipat-lipat sejak awal tahun hingga akhirnya di bulan April ini kenaikan Doge Coin memang tidak masuk diakal. Hal ini pun membuat koin ini masuk menjadi 10 aset kripto terbesar di dunia. Padahal saingannya sangat banyak.

Masyarakat menyadari bahwa mata uang digital itu tidak hanya Bitcoin. Koin ini juga diperdagangkan di Indonesia. Pada tanggal 30 April 2021, harganya ada pada level Rp4.550. Harga ini tentu tidak bisa jadi patokan untuk ke depannya karena bisa berubah sangat cepat mengingat transaksi terus terjadi setiap saat.

Walaupun sebagian pengamat mengatakan bahwa mata uang digital satu ini tujuannya sejak awal tidak ada benarnya, hanya untuk lelucon, tapi ada juga yang meyakini bahwa potensinya masih ada.

Mereka yang khawatir dengan pergerakan mata uang digital ini alasannya karena takut terjadi hal yang sama di tahun 2017, yaitu kejatuhan masal nilai kripto. Hal itu dikarenakan banyak orang yang menjual aset kriptonya, dibandingkan terus menambang. Padahal agar harga kripto bisa stabil, menambang juga harus dilakukan secara simultan.

Terlepas dari itu, pilihan untuk berinvestasi kripto ada di tanganmu. Kamu yang ingin mendapatkan keuntungan cepat dan melakukan investasi jangka pendek, berinvestasi kripto sangat cocok untukmu.

Namun, jangan lupa untuk melakukan analisis teknikal dengan baik, lalu memperhatikan sentimen pasar selalu. Pergerakan harga di dunia kripto sangat cepat, bukan tidak mungkin dalam sehari harganya bisa melambung tinggi atau jatuh sejatuh-jatuhnya.

Kalau kamu adalah tipe investor agresif yang siap kehilangan uangmu untuk berinvestasi, maka investasi kripto sangat cocok untukmu.

Artikel Terkait