Sebelum Investasi, Baca Dulu Analisa Saham LPPF 2019

saham-lppf

Pertandingan analisa selalu jadi topik seru buat pecinta saham. Kali ini Saham LPPF sedang diperbincangkan dalam kalangan pelaku investasi. Dalam hal tertentu, banyak penanam saham yang kurang baik dalam perjalanannya. Hal ini membuat analisa saham juga terbagi antara analisa fundamental dan analisa teknikal. Masing-masing pihak selalu merasa yang paling benar dan enggan mengakui kesuksesan pihak lain.

Nah, sekarang simak penjelasan analisa Saham LPPF 2019 yuk. Akankah melonjak tinggi atau malah terjun bebas?

Saham LPPF Tertahan di 2019

Kinerja perusahaan belum sesuai harapan, saham PT Matahari Department Store Tbk (LPPF, anggota indeks Kompas100) disarankan untuk tahan atau hold. Berdasarkan laporan keuangan, pendapatan bersih yang berhasil diraup perseroan di kuartal II-2019 naik 0,6% yoy menjadi Rp 5,95 triliun.

Sayangnya, emiten juga mencatatkan kenaikan beban keuangan menjadi Rp25,182 miliar atau sebanyak 61,31%. Dengan begitu, laba komprehensif yang dapat diatribusikan kepada entitas induk turun 13,43% menjadi Rp1,61 triliun.

Pertumbuhan SSSG di Sepanjang Kuartal II-2019 Tetap Sama

Pertumbuhan penjualan toko yang sama (same store sales growth/SSSG) di sepanjang kuartal II-2019 cenderung positif dengan kenaikan 1,7%, dibandingkan kuartal I-2019 yang justru turun 1,7%. Tumbuhnya SSSG di luar Jawa juga tampak dengan adanya kenaikan 2,6%, di tengah tekanan harga komoditas. Dalam hal ini, LPPF cukup berperan dalam kenaikan SSSG nasional di 2019. Di sisi lain, arus cashflow operasional LPPF tercatat turun 53% yoy sepanjang semester I-2019.

Meningkatnya Pembayaran dari Perusahaan

Hal ini sebagian besar didukung meningkatnya pembayaran dari perusahaan, ke para pemasok sekitar 17% yoy di semester I-2019. Akibat bergesernya waktu lebaran yang mengharuskan emiten itu membayar lebih awal kepada pemasok. Selain itu, LPPF juga menggunakan dana kasnya untuk membeli toko di Tasikmalaya sebagai investasi senilai Rp41 miliar.

Dampak Internal Rate of Return

Investasi tersebut memiliki internal rate of return (IRR) sekitar 20%, dengan produktivitas penjualan yang lebih baik dibandingkan toko lainnya. Bagi investor berbasis analisa fundamental adalah saat harga turun dari yang seharusnya. Artinya tidak setiap saat investor bisa beli saham yang sama, karena kalau kemahalan juga tidak bisa untung.

Spekulasi Kinerja pada Akhir Tahun

Banyak investor yang kemudian berspekulasi. Mereka berasumsi bahwa kinerja perusahaan akan lebih baik pada akhir tahun lantaran meningkatnya angka penjualan. Setidaknya itu akan menjadi semacam “katalis” untuk memperbaiki kinerja perusahaan sepanjang tahun.

Jadi, sudah tahu dong apa hasil dari analisa Saham LPPF 2019? Analisa saham LPPF (Matahari Department Store, Tbk) menggunakan analisa fundamental dengan melihat laporan keuangan pada 5 tahun terakhir. Tingkat persaingan yang semakin ketat antar bisnis saat ini membuat perusahaan harus memiliki inovasi. Yuk, jangan sampai salah pilih investasi saham ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait