Rencanakan Akhir Pekan Untuk Meningkatkan Kondisi Keuangan Anda

test alt text
Pekerjaan sibuk, jadwal padat sepanjang minggu dan tidak ada waktu untuk diri sendiri, berarti bahwa keuangan pribadi Anda juga akan ada di prioritas bawah.
Untuk memastikan Anda mendapatkan hal-hal yang penting, lakukan rancangan rencana aktivitas berikut selama 10 minggu kedepan. Anda hanya perlu melakukan satu tugas setiap minggu selama 10 minggu dan sebagian besar dari tugas ini hanya membutuhkan satu jam dari akhir pekan Anda. Rencana ini akan memastikan bahwa Anda akan meningkatkan kondisi keuangan Anda yang mungkin terbengkalai karena kesibukan Anda.
# Minggu 1 – Otomatisasi Pembayaran Tagihan Anda
Mulailah dengan mengotomatisasi pembayaran tagihan Anda. Mulai dari biaya sewa, listrik, Wi-Fi, tagihan ponsel dan semua urusan bulanan Anda. Jangan lunasi secara manual masing-masing dengan menetapkan instruksi debit otomatis. Tugas yang satu ini menghilangkan aktivitas bulanan Anda dan Anda dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting atau menarik.
# Minggu 2 – Gabungkan Seluruh Rekening Anda Menjadi Satu Rekening Utama
Kurangi jumlah rekening bank yang Anda miliki karena hanya satu rekening bank yang Anda butuhkan. Maka tugas Anda untuk minggu kedua adalah menggabungkan semua rekening bank Anda menjadi satu dan buat hidup Anda lebih mudah. Ini akan membantu Anda melihat semua tabungan Anda di satu tempat dan tahu persis seberapa likuid uang Anda.
# Minggu 3 – Mengurangi Kartu Kredit Anda Menjadi Satu
Tugas minggu ketiga adalah mengurangi kartu kredit Anda menjadi satu. Latihan ini membantu Anda hanya menggunakan satu kartu kredit untuk semua pembayaran tagihan dan pengeluaran lainnya. Ini menghapus tugas menjaga tagihan pada beberapa pernyataan kartu. Selain itu, hanya memiliki satu kartu kredit akan membantu Anda melunasi hutang Anda setiap bulan dengan tepat waktu dan menghindari Anda agar terjerumus ke dalam lingkaran hutang yang ganas.
# Minggu 4 – Hitung Berapa Jumlah Pinjaman dan Hutang Anda
Tugas Anda selanjutnya adalah menghitung berapa banyak Anda berhutang dalam bentuk pinjaman dan hutang ke lembaga lain, untuk menghitung kekayaan bersih pribadi Anda. Ini akan menunjukkan seberapa sehat Anda secara finansial. Tagihan kartu kredit, pinjaman mobil, pinjaman rumah atau pinjaman pribadi lainnya, buat daftar berapa banyak Anda berhutang dan berapa banyak waktu yang tersisa untuk melunasinya.
# Minggu 5 – Periksa Asuransi Kesehatan Anda
Setelah Anda tahu betapa sehatnya Anda secara finansial, Anda perlu memeriksa apakah Anda memiliki rencana asuransi kesehatan yang tepat. Anda perlu mendapatkan ini untuk keluarga Anda juga. Asuransi akan membantu Anda jika suatu saat Anda atau keluarga Anda mengalami sesuatu yang membutuhkan uang banyak.
# Minggu 6 – Buat Dana Darurat Anda
Setelah kesehatan Anda aman, lanjutkan dengan membuat dana darurat Anda. Jadikan ini dana SOS Anda supaya Anda tidak perlu berhutang dengan pihak lain. Perlu Anda ketahui, tidak berhutang juga merupakan salah satu bentuk investasi karena Anda tidak perlu membayar bunga hutang Anda. Buat dana darurat Anda yang cukup membiayai kehidupan Anda dan keluarga Anda selama 3 sampai 6 bulan. Jumlah ini akan memberi Anda ketenangan pikiran yang sebelumnya tidak Anda miliki.
# Minggu 7 – Komunikasikan Finansial Anda dengan Keluarga Anda
Setelah melindungi orang yang Anda cintai dan diri Anda sendiri, sekarang Anda perlu berkomunikasi dengan mereka. Pastikan keluarga Anda selalu tahu di mana semua uang Anda berada. Ini akan membantu mereka membantu Anda, seandainya Anda berada dalam situasi yang sulit dan tidak memiliki akses ke dokumen-dokumen penting.
# Minggu 8 – Buat Asuransi Jiwa
Dalam minggu kedelapan, mulailah dengan mengasuransikan hidup Anda. Pahami perbedaan antara asuransi berjangka dan asuransi jiwa. Aturan praktis yang baik adalah mengasuransikan 300 kali jumlah bulanan yang Anda butuhkan. Asuransikan diri Anda untuk tetap aman.
# Minggu 9 – Mulai Berinvestasi
Setelah sebagian besar tanggung jawab keluarga Anda diurus, Anda harus fokus untuk mendapatkan penggunaan pendapatan Anda secara optimal. Mulailah berinvestasi pada instrumen keuangan seperti deposito, reksadana, saham, obligasi, properti dan lainnya. Cari tahu toleransi resiko Anda, horizon waktu, dan tujuan finansial Anda saat menentukan instrumen apa yang akan Anda pilih.
# Minggu 10 – Siapkan Pensiun Anda
Anda telah cukup banyak mengurus semua tanggung jawab Anda saat ini. Sudah waktunya untuk merencanakan ke depan dan memikirkan pensiun. Jika Anda belum mulai, Anda harus segera mulai dan menyisihkan uang untuk hari tua Anda. Hitung kebutuhan pensiun Anda dan jangan lupakan tingkat inflasi.
10 tugas ini hanya membutuhkan waktu singkat setiap minggunya, namun akan mengatur keuangan Anda untuk waktu yang lama. Waktu yang Anda simpan dan uang yang Anda investasikan dengan baik, akan membantu Anda menikmati hal-hal yang lebih baik dalam hidup dan mendapatkan ketenangan pikiran, bersama dengan keamanan finansial.
Share to :
Artikel Terkait