Reksa Dana

Reksa Dana Campuran, Solusi Kalahkan Indeks Dengan Mudah

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Halo, bagaimana perkembangan portofoliomu sampai saat ini? Sudah pernahkah kamu mengukur berapa pertumbuhan asetmu dalam setahun? Apakah sudah mengalahkan pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)?

Pertanyaan-pertanyaan di atas telah menghasilkan jawaban yang beragam. Ada yang menjawab asetnya bukan saja mengalahkan IHSG, bahkan naik dua kali lipat alias bertumbuh 100% kurang dari setahun. Tapi sebagian besar menjawab bahwa menumbuhkan nilai aset melalui kegiatan trading dan investasi tidaklah mudah. “Boro-boro cuan, Mbak. Yang ada rugi, bisa nggak boncos aja udah syukur banget.”

Sebelum ada pandemi saja menumbuhkan aset keuangan sudah cukup tricky karena melibatkan banyak pertimbangan. Pertimbangan dalam mengelola aset misalnya tentang pemilihan aset yang tepat sesuai kondisi dan sentimen yang ada. Belum lagi kamu mesti menentukan porsi masing-masing aset yang ada di porto agar pengembalian aset bisa maksimal.

Nah, jika kamu menginginkan mendapat pertumbuhan aset investasi yang mengalahkan kinerja IHSG tanpa perlu bersusah payah memikirkan saham mana yang mesti dibeli, apakah harus ikut membeli obligasi seperti ORI atau Sukuk Tabungan, kapan kiranya mesti jual, dan lain sebagainya, maka kamu bisa membeli reksa dana campuran.

Informasi data dari Infovesta Utama menunjukkan bahwa reksa dana campuran masih memiliki kinerja yang positif kendati terhantam pandemi Corona. Dan 10 RDC terbaik telah memperlihatkan pertumbuhan kinerja yang positif antara 45-78% dalam waktu lima tahun terakhir. Sedangkan IHSG dalam lima tahun terakhir hanya membukukan kinerja 28,64% saja lho! Yuk kenali lebih lanjut tentang bagaimana reksa dana campuran kalahkan indeks!

Pengertian Reksa Dana Campuran

Reksa dana adalah suatu wadah investasi yang menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang menitipkan dananya. Dana yang terhimpun kemudian dikelola oleh fund manager dari perusahaan Manajer Investasi yang merilis reksa dana.

Reksa dana pada umumnya terbagi menjadi 3 jenis yaitu Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Obligasi (RDO), dan Reksa Dana Saham (RDS). Nama jenis reksa dana mencerminkan sisi dominan dari aset-aset yang menghuni portofolio sebuah reksa dana. Oleh karenanya Reksa Dana Saham mengandung arti bahwa sedikitnya 80% dari total dana dialokasikan untuk membeli saham.

Nah, reksa dana campuran alias balanced fund adalah sebuah reksa dana yang mengelola campuran tiga jenis aset yang sudah disebutkan di atas yaitu saham, obligasi serta deposito. Mengenai porsinya, yang mendominasi adalah aset yang dinilai memiliki prospek menyesuaikan dengan sentimen dan kondisi pasar.

Jadi tidak melulu saham yang mendominasi, ketika situasi sedang tidak menentu maka obligasi dan deposito bisa saja mendominasi portofolio. Kamu jangan khawatir karena ada fund manager yang bertugas melakukan pengelolaannya untukmu. Nah, karena reksa dana campuran begitu fleksibel dalam pengelolaan portofolionya maka kecenderungannya untuk mengalahkan indeks, misalnya IHSG, cenderung tinggi.

Cara Reksa Dana Campuran Mengalahkan Indeks

Seperti yang kita ketahui masing-masing instrumen investasi seperti saham, deposito dan obligasi memiliki tingkat risiko dan keuntungan yang berbeda-beda. Deposito dan obligasi cenderung lebih rendah risikonya karena telah dijamin kepastian pengembaliannya. Karena risikonya rendah, tingkat keuntungannya juga rendah yakni hanya sedikit di atas bunga bank saja. Lain halnya dengan saham yang pergerakan harganya cenderung fluktuatif, sehingga peluang untung dan ruginya cenderung tinggi.

Karena reksa dana campuran (RDC) memiliki portofolio yang berisikan diversifikasi tiga jenis aset maka cenderung lebih kuat dalam menghadapi gejolak pasar. Misalnya saja ketika IHSG “longsor” di 2020, beberapa reksa dana campuran unggulan malah melesat ditopang aset pasar uang. Dengan diversifikasi yang dimilikinya, reksa dana campuran mampu menurunkan risiko sistematis.

RDC bersifat fleksibel dalam melakukan alokasi porsi masing-masing instrumen baik saham, obligasi, maupun deposito. Misalnya, ketika pasar saham sedang rally naik maka aset dominan dalam portofolio adalah saham. Namun ketika pasar saham sedang kurang baik maka porsi deposito dan obligasinya menjadi yang mendominasi portofolio.

Sifatnya yang fleksibel memungkinkan portofolionya bisa terhindar dari penurunan nilai investasi yang dalam ketika kondisi pasar sedang jatuh, namun juga memberikan pengembalian yang bagus ketika kondisi pasar sedang meningkat.

Jadi sifat RDC yang fleksibel telah membuatnya mampu bertahan dengan cukup baik hampir di segala kondisi. Bisa dibilang RDC adalah investasi terbaik untuk kamu yang menginginkan keuntungan yang lebih baik dari sekedar deposito dan obligasi namun dengan risiko yang lebih rendah dari saham.

Informasi data dari Infovesta Utama menunjukkan bahwa reksa dana campuran terbukti masih bisa meraih kenaikan kinerja saat ekonomi secara umum dihantam pandemi Corona. Dan 10 RDC terbaik telah memperlihatkan pertumbuhan kinerja yang positif antara 45-80% dalam waktu lima tahun terakhir. Sedangkan IHSG dalam lima tahun terakhir hanya membukukan kinerja 28,64% saja lho!

Dengan fleksibilitasnya dalam mengelola aset mana yang akan menjadi dominan dalam portofolio, RDC secara alami mampu kalahkan indeks dengan lebih baik dan lebih mudah. Ajaib telah pilihkan untuk kamu RDC-RDC terbaik dengan investasi mulai dari Rp 10.000 saja!

Cara Memilih RDC yang Tepat

RDC memiliki portofolio dengan proses diversifikasi yang aktif menyesuaikan dengan kondisi market. Oleh karenanya RDC harus dikelola oleh Manajer Investasi dengan fund manager yang memiliki kemampuan pengelolaan yang lincah dan bagus.

Sayangnya tidak semua RDC memiliki fund manager yang kualitasnya baik. Kamu bisa seleksi RDC yang baik dengan melihat sharpe ratio dan drawdown ratio nya. Singkatnya semakin besar sharpe ratio maka semakin baik, sebaliknya semakin kecil drawdown ratio nya semakin baik.

Berikut lima RDC teratas di Ajaib:

  • Syailendra Balanced Opportunity Fund
  • Panin Dana Syariah Berimbang
  • Panin Dana Unggulan
  • STAR Balanced
  • TRIM Syariah Berimbang

Untuk lebih lengkapnya, informasi mengenai rincian laporan kinerja bisa kamu dapatkan di fund fact sheet masing-masing RDC yang bisa kamu download gratis! Yuk, kalahkan indeks dengan koleksi Reksa Dana Campuran di Ajaib!

Artikel Terkait