Rekomendasi Hardware Berbasis ASIC Bagi BTC Miner

BTC Miner

Beberapa tahun ini di jagat internet ramai sekali dengan istilah Bitcoin, Cryptocurrency, BTC Miner atau Bitcoin Miner. Kita sudah tahu, Bitcoin adalah salah satu mata uang digital alias cryptocurrency yang sangat diminati dunia beberapa tahun belakangan ini.

Fungsi Bitcoin sebagai alat tukar memang masih terbatas meskipun aksesnya terus berkembang. Keunggulan utamanya kini adalah sebagai alat investasi yang mampu memberikan keuntungan yang tinggi.

Bitcoin bisa dimiliki dengan berbagai cara, antara lain membelinya atau menambangnya. Membeli Bitcoin saat ini butuh modal besar, karena harganya per unitnya saat ini berkisar Rp116 juta.

Cara lainnya adalah menambang Bitcoin dengan menyelesaikan soal matematika rumit dengan algoritma khusus super komputer. Untuk setiap persoalan yang berhasil diselesaikan akan diberikan hadiah berupa Bitcoin.

Para penambang inilah yang disebut BTC Miner. Belakangan ini jumlah BTC Miner semakin berkembang. Berbeda dari pembeli langsung, BTC Miner butuh modal berupa perangkat hardware komputer yang kuat, biaya listrik, dan mesin pendingin. Pasalnya, proses penambangan ini akan berlangsung 24 jam agar hasilnya maksimal.

Kinerja perangkat BTC miner dapat diukur dari Hash Rate yang berhasil dicapai. Pengukur daya komputasi ini dihitung dengan besaran Megahashes, Gigahashes, dan Terahashes per detik. Perangkat penambangan Bitcoin berkembang mulai dari dengan CPU, GPU, dan FPGA Mining. Kini BTC miner dimudahkan dengan hadirnya sistem yang lebih ringkas bernama ASIC Mining.

Singkatan yang diambil dari kata Application Specific Integrated Circuit ini memanfaatkan hardware dengan chip khusus untuk menambang Bitcoin. Tampilannya juga jauh lebih menarik meskipun tentu saja harga masih sangat mahal saat ini. Ada sejumlah hardware penambang berbasis ASIC yang kerap direkomendasikan untuk BTC Miner.

Selain gampang digunakan pemula, perangkat keras ini juga bisa memberikan hasil terbaik jika dikombinasikan dengan software yang memadai, sebagaimana dilansir dari coinswitch.co.

Rekomendasi Bitcoin Mining Hardware 2019

1. BitMain AntMiner D3

Tipe ini adalah salah satu perangkat berbasis ASIC yang paling direkomendasikan. Kebanyakan BTC cloud miner menggunakan hardware ini ketika pertama kali menambag dash koin yang kemudian dikonversikan menjadi Bitcoin.

Penggunaannya juga terbukti memberikan tambahan keuntungan selama prosesnya. Hash rate-nya mencapai 15 GH per detik dengan daya 1.200 Watt. Pengaturannya juga memungkinkan untuk melakukan beberapa penambangan sekaligus. 

2. Pagolin Miner M3X

Perangkat ini dari sisi energi tidak seefektif ataupun seefisien dibandingkan pesaingnya. Namun kapasitasnya jauh lebih besar karena keberadaan chip khusus. Pagolin menjadi salah satu yang diminati di pasar penambang Bitcoin karena penarikannya mencapai level 1,8 kw dan 2 kw. Hash rate-nya juga cukup tinggi, mulai dari 13 TH per detik.

3. Dragonmint T16

Dragonmint merupakan hardware penambangan BTC pertama yang berhasil menorehkan prestasi mencapai hash rate hingga 16 TH per detik. Penggunaannya butuh daya 1600 Watt namun jauh lebih efisien dibandingkan produk lain.

Hal ini karena adanya algoritma ASICBOOST sehingga kinerjanya dapat ditingkatnya hingga 20%. Berbagai kelebihannya ini menjadikan perangkat ini sebagai salah satu yang terbaik selama 2019.

Selain bitcoin, kamu yang ingin berinvestasi juga bisa memilih investasi reksa dana seperti Ajaib. Di mana dengan Ajaib, kamu bisa menentukan sendiri dana yang ingin kamu investasikan dan tujuan investasi yang ingin kamu capai. Setelah itu percayakan dana kamu ke manajer investasi terbaik dari Ajaib. Merekalah yang akan membantu kamu mengelola dana yang kamu masukkan ke dalam sistem Ajaib. Jadi tunggu apalagi? Investasi sekarang!

Bacaan menarik lainnya:

Wijaya, Dimaz A. (2016). Mengenal Bitcoin dan Cryptocurrency. Medan: Puspantara
European  Central  Bank. (2012). Virtual Currency Schemes. Germany: European Central Bank.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait