Bisnis & Kerja Sampingan

Ramadhan 2020: Ini 5 Rekomendasi Bisnis yang Menguntungkan

Ramadhan 2020 Tiba, Ini 5 Rekomendasi Bisnis yang Menguntungkan
Muslim woman sharing food at Ramadan feast

Ajaib.co.id – Bulan Ramadhan 2020 akhirnya datang juga. Selama satu bulan penuh umat muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah bulan puasa. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, karena di bulan ini ibadah yang dilakukan dengan ikhlas akan menghasilkan pahala yang berlipat ganda. Tidak hanya pahala, banyak peluang bisnis menguntungkan yang bisa kamu manfaatkan selama Bulan Ramadhan 2020.

Bagi kamu yang punya jiwa bisnis, memanfaatkan keberkahan Bulan Ramadhan seoptimal mungkin. Berikut 5 peluang bisnis menguntungkan yang bisa kamu lakukan selama Bulan Ramadhan 2020:

Bisnis Aneka Takjil

Rasa-rasanya berbuka puasa kurang lengkap jika tidak ditemani takjil yang biasanya terdiri dari kombinasi gorengan dan es segar. Harganya yang relatif terjangkau menjadi menu wajib di setiap rumah selama bulan Ramadhan. Bisnis aneka takjil cukup menggiurkan karena tidak membutuhkan modal yang besar dan didukung permintaan yang cukup tinggi.

Kamu bisa memulai dengan menjual aneka takjil tradisional yang sudah dikenal masyarakat, seperti lontong, risol, bakwan, martabak, es buah, es blewah, hingga kolak pisang. Kamu juga bisa menawarkan inovasi baru, kreasikan aneka takjil tradisional dengan makanan kekinian. Coba membuat makanan seperti pisang nugget, boba tea, atau es kopi susu untuk menarik perhatian generasi milenial.

Promosikan bisnis aneka takjil kamu ke orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti keluarga, teman, atau kerabat kantor sehingga mereka bisa memberikan ulasan dan kritik untuk bisnis kamu. Selain itu, sediakan opsi jasa pengiriman dengan minimal transaksi ke jarak yang sudah ditentukan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen.

Bisnis Perlengkapan Ibadah

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat muslim. Mereka berlomba-lomba untuk memaksimalkan ibadah bahkan di aspek yang paling kecil, seperti perlengkapan ibadah. Bagi sejumlah umat muslim, membeli perlengkapan ibadah seperti Al-quran, sarung, sajadah, dan mukenah untuk menyambut Bulan Ramadhan merupakan ajang menjaga semangat ibadah.

Untuk memulai bisnis perlengkapan ibadah di Bulan Ramadhan 2020 ini, mulai dengan menentukan target terlebih dahulu. Apakah target pembeli kamu membeli perlenglengkapan ibadah berdasarkan kualitasnya atau fungsinya? Setelah itu tentukan varian harganya, mulai dari yang mahal hingga yang paling terjangkau untuk menjangkau semua kalangan.

Setelah menentukan target dan varian harga, cari supplier yang sesuai dengan modal kamu. Jika tidak memiliki modal sama sekali, kamu bisa menjadi reseller dengan mengajak kerja sama supplier kamu. Sistemnya cukup mudah, kamu hanya perlu menjual kembali stok barang supplier melalui online shop yang kamu kembangkan atau marketplace. Mudah, bukan?

Sistemnya cukup mudah, kamu hanya perlu menjual kembali stok barang supplier melalui online shop yang kamu kembangkan atau marketplace untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Mudah, bukan?

Bisnis Busana Muslim

Tahukah kamu bahwa permintaan busana muslim meningkat signifikan sepanjang Bulan Ramadhan? Hal ini dikarenakan umat muslim, khususnya di Indonesia ingin tampil terbaik dalam menyambut bulan yang penuh keberkahan. Tentunya tidak mengherankan jika peluang bisnis busana muslim begitu menjanjikan di Bulan Ramadhan 2020 ini. 

Buat kamu yang mengikuti tren fashion, bisnis busana muslim sangat cocok untuk ditekuni selama Bulan Ramadhan. Namun, bagi kamu yang tidak terlalu paham tentang tren fashion, referensi tren fashion busana muslim bisa mudah  ditemukan di forum fashion online atau media sosial selebgram lokal yang sekiranya fokus di industri busana muslim.

Memulai bisnis busana muslim juga tidak sulit. Kamu bisa menawarkan ke orang-orang terdekat sebagai hadiah menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, modal bukan menjadi masalah bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis busana muslim sebab kamu bisa mengajak rekan sebagai partner untuk menjalankan bisnis ini atau menjadi dropshipper dengan bermodalkan smartphone dan foto produk dari supplier.

Bisnis Parsel 

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah berpuasa sebulan penuh. Di Hari yang istimewa ini, orang-orang kerap kali memberikan hadiah ke keluarga, teman, kerabat kantor, hingga klien dalam bentuk parsel sebagai wujud kepedulian kita terhadap orang terdekat.

Mengingat Bulan Ramadhan 2020 baru saja dimulai, sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan memulai bisnis parsel untuk Hari Raya Idul Fitri atau lebaran nanti, sebab bisnis parsel akan sangat menguntungkan untuk dijalani. Yang kamu butuhkan adalah ide kreatif untuk menentukan isi parsel dan pengemasannya yang menarik.

Isi parsel bisa berupa kebutuhan sehari-hari seperti minyak goreng, sirup, wafer, gula pasir,.dan makanan ringan atau kombinasi dari perlengkapan ibadah dan baju muslim, atau kreasi sendiri yang bisa menjadi nilai lebih parsel kamu di mata konsumen. Semakin unik dan menarik parsel dan pengemasannya, semakin besar peluang parsel kamu dilirik konsumen.

Bisnis Kue Kering

Sudah jadi tradisi bagi umat muslim di Indonesia menyediakan kue kering saat Hari Lebaran tiba. Kue kering umumnya disajikan di setiap rumah sebagai bentuk kemurahan hati tuan rumah menyambut orang yang bertamu, entah itu tetangga, keluarga yang datang dari luar kota, atau kerabat kantor.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan memulai bisnis kue kering di Bulan Ramadhan 2020. Ada beragam aneka kue kering populer yang bisa kamu pasarkan ke pembeli, seperti kue nastar, kue kastengel, kuping gajah, hingga putri salju.

Bagi kamu yang gemar memasak, tentu bisnis kue kering merupakan momentum yang sempurna untuk membuktikan keahlian kamu, tapi jika kamu tidak memiliki hobi memasak, resep kue kering dengan berbagai inovasi sudah bisa kamu temukan di internet.

Untuk varian harganya, kamu bisa tentukan berdasarkan ukuran toples dan teknik pengemasannya. Semakin besar ukuran toples dan semakin menarik pengemasan yang kamu buat semakin mahal harga kue kering yang bisa kamu jual. 

Jadi sudah memutuskan ingin berbisnis apa di bulan Ramadhan 2020 ini?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait