Prinsip Investasi Jangka Panjang Agar Dapat Memperoleh Keuntungan

 
 
 
 
Kesuksesan dalam dunia berinvestasi tentu tidak bisa diperoleh begitu saja, Anda harus mengetahui prinsip-prinsip dasar agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan. Selain itu, penting bagi Anda untuk disiplin dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut (Anthony Kwo)
 
Secara umum, investasi merupakan penanaman modal yang berhubungan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang atau masa depan. Menurut teori ekonomi, investasi didefinisikan sebagai pembelian atau produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang atau barang produksi. Investasi terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan jangka waktunya, yakni:
 

1. Investasi Jangka Panjang

Merupakan investasi dimana dana yang digunakan akan diputar dan baru dapat dicairkan apabila sudah tiba jangka waktu tertentu. Biasanya didefinisikan dengan jangka waktu paling cepat 12 bulan.
 

2. Investasi Jangka Pendek

Merupakan investasi yang dapat segera dicairkan atau didanai dari kelebihan dana yang sifatnya sementara. Biasanya didefinisikan dengan jangka waktu 1 hingga 12 bulan.
 
Pembahasan kali ini akan terfokus pada investasi jangka panjang. Dimana investasi jangka panjang memiliki tujuan yang tentunya berbeda dengan investasi jangka pendek. Adapun tujuan tersebut antara lain sebagai berikut:
 
a. Mengarahkan dana khusus
b. Menjamin adanya bahan baku dan pasar untuk produk yang akan dihasilkan
c. Menurunkan persaingan antar perusahaan sejenis
d. Mendapatkan penghasilan pasif dalam setiap periode, seperti bunga, royalti, deviden atau uang sewa
 
 
Sedangkan jenis investasi jangka panjang pun cukup beragam jenisnya, beberapa di antaranya seperti emas, properti, reksadana, saham, program pensiun dan obligasi.
 
 
Akan tetapi, selain mengetahui jenis dari investasi jangka panjang tersebut, Anda perlu mengetahui bagaimana cara agar memperoleh keuntungan dari investasi jangka panjang. Melalui artikel berikut, Ajaib akan memberikan beberapa rahasia prinsip investasi jangka panjang bagi Anda:
 

# Berkorban Demi Masa Depan

 
 
 
 
Banyak dari generasi millennials yang sulit memilih pilihan ketika diberikan dua pertanyaan dibawah ini:
 
A: Hidup bersenang-senang sekarang dengan pergi ke restoran setiap hari dan membeli barang-barang mewah, tetapi masa depan suram dimana rumah masih kontrak, makan pun harus berhemat
 
ATAU
 
B: Hidup sederhana sekarang, pergi ke restoran hanya sebulan sekali dan menggunakan barang-barang sederhana, tetapi masa depan cerah serta sejahtera dengan rumah bernilai milyaran rupiah dan seluruh kebutuhan terpenuhi.
 
 
Dari kedua pertanyaan tersebut, dapat diketahui bahwa Anda yang memilih pilihan B cenderung memikirkan masa depan Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan cara berinvestasi jangka panjang. Singkatnya, berinvestasi jangka panjang artinya mengorbankan kesenangan saat ini untuk kemudian dinikmati berlipat ganda di masa depan. Kuncinya adalah semakin lama Anda berinvestasi (semakin dini dimulai), maka semakin besar pula nilai yang bisa Anda peroleh.
 

# Waktu Adalah Faktor Utama

 
 
 
Jika Anda pernah berpikir untuk apa melakukan investasi sekarang, cobalah pikirkan kembali. Waktu merupakan sebuah hal terpenting dalam hidup manusia, dimana waktu yang sudah terlewati tidak akan bisa diputar kembali. Selain itu, waktu adalah satu hal yang tidak dapat dibeli, bahkan dengan uang sekalipun. Seperti telah diungkapkan pada poin sebelumnya, semakin lama Anda berinvestasi maka semakin besar pula nilainya. Artinya disini Anda perlu memperhatikan pentingnya waktu untuk dapat memaksimasi nilai investasi Anda. Jadi, berinvestasilah untuk menjadi kaya bukannya menunggu kaya baru memulai investasi.
 

# Kesabaran yang Membuahkan Hasil

 
 
 
Salah satu kesalahan paling umum dalam berinvestasi adalah tidak sabar, menginginkan hasil yang besar dalam waktu singkat. Penting untuk diketahui bahwa dalam berinvestasi Anda membutuhkan kesabaran. Oleh karena itu, dengan melakukan investasi jangka Panjang, keuntungan atau imbal hasil investasi umumnya baru bisa dirasakan dalam jangka panjang (lebih dari 1 tahun).
 
 
Sebagai contohnya, akan sulit memperoleh keuntungan dari saham atau reksadana hanya dalam satu minggu saja, mengingat adanya fluktuasi harga yang akan mempengaruhi imbal hasilnya. Namun dengan pengamatan jangka panjang, Anda bisa memaksimalkan keuntungan.
 
 
Intinya adalah bersabar dan jangan serakah. Dengan demikian Anda bisa memaksimalkan keuntungan investasi jangka panjang Anda.
 
 
Inti dari investasi jangka panjang adalah memanfaatkan jangka waktu yang panjang untuk dapat memaksimalkan keuntungan. Umumnya investasi ini sesuai dengan perencanaan kebutuhan jangka panjang, misalnya saja dana pensiun atau dana pendidikan anak. Pahami prinsip-prinsip dasarnya, dan memaksimalkan keuntungan Anda sekarang juga!
 

Share to :
Tags: , ,
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com