Banking

Pinjol Ilegal Marak, Ini Pilihan Aplikasi Pinjaman Resmi OJK

Ajaib.co.id – Maraknya aplikasi pinjaman online ilegal yang ada di internet, tentunya membuat milenial perlu berhati-hati saat hendak melakukan pengajuan pinjaman online lewat aplikasi. Proses pengajuan yang mudah dan cepat menjadi salah satu daya tarik dari layanan fintech pinjol di Indonesia.

Hingga saat ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setidaknya sudah membekukan 3.000 layanan pinjaman uang online ilegal sejak Februari 2018 hingga Februari 2021. Modus penipuan yang paling banyak digunakan oleh pinjol ilegal adalah kemudahan dalam pencairan dananya.

Di balik itu semua, ternyata pinjol ilegal memanfaatkan hal itu untuk mengintimidasi para pelanggan dengan berbagai macam cara misalnya bunga pinjaman yang sangat tinggi, pelecehan, ancaman, hingga informasi dan data pribadi pelanggan dibocorkan.

Cara Cek Daftar Aplikasi Pinjaman Online Legal

Hal yang mendorong banyak masyarakat mengajukan pinjaman online ilegal adalah karena mereka sedang membutuhkan dana cepat. Sehingga, mereka tidak pikir panjang lagi untuk segera mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol tersebut. Yang umumnya ditawarkan kepada masyarakat lewat SMS. 

Agar tidak tertipu dengan pinjol bodong, kamu perlu cek terlebih dahulu apakah perusahaan fintech tersebut ilegal atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya dengan mudah lewat internet di situs resmi milik OJK.

Kamu hanya perlu membuka situs OJK. Di situs ini, kamu bisa mencari tahu perusahaan-perusahaan fintech mana saja yang berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berdasarkan pantauan redaksi Ajaib per 22 Januari 2021 lewat situs resmi OJK, daftar perusahaan fintech lending yang terdaftar dan berizin OJK berjumlah 148 perusahaan. Dari 148 perusahaan tersebut, terdapat 41 perusahaan fintech yang sudah memiliki izin usaha dari OJK, sedangkan sisanya masih berstatus terdaftar.

Jangan Pinjam Uang di Pinjol Ilegal, Berikut Pilihan Aplikasi Pinjaman Legal OJK

Walaupun dianggap mudah dan cepat saat pencairan dananya, milenial juga perlu mengetahui latar belakang perusahaan yang menawarkan pinjaman online tersebut dengan mengetahuinya melalui cara yang sudah dijelaskan di atas.

Setidaknya, ada lima aplikasi pinjol yang sudah redaksi Ajaib rangkum bagi milenial yang ingin mengajukan pinjaman agar tidak buntung. Berikut adalah daftar pinjol berizin OJK terbaik:

1.    Investree

Perusahaan fintech ini adalah perusahaan fintech kedua yang menggantongi izin OJK. Tercatat, Investree sudah memiliki izin OJK sejak 13 Mei 2019, dengan jenis usaha konvensional dan syariah.

Di aplikasi pinjaman ini, kamu bisa mengajukan pinjaman maupun mendanai pinjaman untuk UMKM. Bagi kamu yang ingin meminjam uang di sini, kamu akan dikenakan bunga pinjaman mulai dari 0,9% per bulan.

Dalam aplikasi Investree, debitur dan kreditur akan diwadahi untuk saling membantu dan memberikan pinjaman.

Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kamu tentunya harus mengisi sejumlah data wajib sebagai member Investree. Jika data kamu dianggap layak, maka kamu bisa mengajukan pinjaman dari para lender yang ada di Investree.

2.    Modalku

Modalku adalah perusahaan fintech yang berfokus kepada pinjaman dengan tujuan produktif, sehingga para pelanggannya adalah UMKM yang sedang membutuhkan modal kerja. Kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha hingga Rp250 juta dengan tenor pinjaman hingga 12 bulan.

Di Modalku, kamu tidak perlu menjaminkan sebuah aset, dan hanya perlu melampirkan KTP dan rekening koran usaha selama 3 bulan terakhir.

Di fintech ini, kamu juga bisa berperan sebagai investor. Perusahaan investasi online di Indonesia ini memudahkan kamu dalam berinvestasi dengan keuntungan menjanjikan. Sekaligus membantu perkembangan sektor bisnis UKM di Indonesia dalam bentuk penyaluran pendanaan produktif.

3.    Dompet Kilat

Dompet Kilat memberikan layanan pinjaman modal usaha bagi masyarakat Indonesia yang sedang membutuhkan dana cepat. Pinjaman produktif dari Dompet Kilat lebih berfokus kepada budidaya udang, petani, pakan unggas, modal kerja, dan invoice financing.

Kamu yang ingin mengajukan pinjaman di sini, kamu hanya perlu menyiapkan 3 dokumen yakni KTP, NPWP, dan slip gaji. Bunga pinjaman di Dompet Kilat cukup rendah, yaitu tidak lebih dari 1% per harinya.

4.    UangTeman

Perusahaan fintech berizin OJK yang keempat adalah UangTeman. Uang teman menyediakan pinjaman dalam masa tenor pendek, mulai dari keperluan konsumsi hingga bisnis.

Kamu bisa memperoleh jumlah pinjaman mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp3 juta, dengan tenor pinjaman mulai dari 65 hari hingga 70 hari, dan akan dikenakan biaya layanan.

Di UangTeman, bermodalkan KTP dan foto selfie kamu sudah bisa memperoleh pinjaman uang mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp3 juta. Pencairan dana hanya membutuhkan waktu 1×24 jam saja, setelah kamu menandatangani perjanjian kontrak secara digital.

Selain melakukan pinjaman jangka pendek, UangTeman juga menanawarkan pinjaman yang bisa dicicil per bulan mulai dari Rp4 juta hingga Rp8 juta.

Namun, layanan cicilan pinjaman bulanan tersebut hanya berlaku bagi nasabah yang sudah memiliki riwayat kredit di UangTeman sebanyak minimal 3 kali.

Aplikasi pinjaman online ini telah terdaftar dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016. Selain itu, Uang teman juga telah mendapatkan perizinan penuh dengan status berizin melalui nomor registrasi KEP-50/D.05/2019.

5.    JULO

JULO adalah pinjol berizin OJK yang terakhir, di aplikasi pinjaman ini kamu bisa meminjam uang mulai dari Rp500 ribu hingga Rp8 juta melalui JULO Cicil dan JULO Mini. Bagi kamu yang mengajukan pinjaman di JULO Mini, kamu bisa memperoleh pinjaman Rp500 ribu – Rp1 juta, dengan jangka waktu pinjaman selama 1 bulan, dan bunga 10%.

Sedangkan melalui JULO Cicil, milenial bisa meminjam uang senilai Rp1 juta – Rp8 juta. Milenial bisa mencicil selama 2 – 6 bulan, dengan bunga pinjaman mencapai 3 – 6%.

Pinjaman Julo bisa dikatakan merupakan pinjaman dengan bunga rendah yakni 0,1 persen per harinya dengan tenor maksimal sampai dengan 6 bulan. Untuk mengajukan pinjaman di Julo, kamu hanya butuh KTP, NPWP, slip gaji dan foto selfi dengan KTP.

Kelima pinjol di atas adalah pilihan pinjaman online legal yang aman untuk diajukan karena sudah terdaftar di OJK. Sehingga, perusahaan fintech tersebut sudah diawasi sepenuhnya oleh OJK.

Gunakan Pinjaman Produktif untuk Berinvestasi

Investasi merupakan hal yang penting untuk membuat masa depan milenial menjadi lebih baik. Sehingga, sudah menjadi keharusan bagi setiap milenial di luar sana untuk mempersiapkan hari tua mulai dari sekarang.

Kamu bisa menggunakan pinjaman produktif yang kamu peroleh dari pinjaman online yang sudah disebutkan di artikel ini untuk diinvestasikan ke saham atau reksa dana. Dana pinjaman yang ditaruh di saham atau reksa dana bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bunga pinjaman yang dibebankan kepada kamu.

Kamu bisa memperoleh tingkat return hingga 20% per tahun dari saham atau reksa dana, sehingga kamu tak perlu khawatir dengan besaran bunga kredit dari pinjamanmu tersebut.

Milenial bisa menaruh dana pinjaman di saham atau reksa dana lewat aplikasi Ajaib untuk memperoleh cuan dari hasil investasimu yang dapat digunakan untuk meringankan beban cicilan selama masa kredit berjalan.

Artikel Terkait