Perencanaan Keuangan

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Lewat Aplikasi KreditQ

pinjaman koperasi tanpa jaminan

Ajaib.co.id – Koperasi sudah lama menjadi pilihan masyarakat luas untuk mendapatkan pinjaman dana tunai. Lembaga ini juga tak ketinggalan dalam berinovasi dengan menghadirkan pinjaman koperasi tanpa jaminan lewat aplikasi. Bahkan kamu tidak perlu menjadi anggotanya untuk bisa meminjam uang.

Koperasi adalah lembaga keuangan memiliki badan hukum yang dicetuskan oleh Muhammad Hatta dengan asas kekeluargaan yang berdasarkan pada prinsip gerakan ekonomi rakyat. Harapannya layanan koperasi bisa menjangkau masyarakat yang masih sulit mendapatkan akses perbankan.

Koperasi membantu banyak masyarakat kecil di masa lalu yang ingin mendapatkan akses keuangan. Dari banyak jenis, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) merupakan salah satu yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena prinsipnya, suku bunga yang diberikan oleh koperasi juga sangat rendah.

Bahkan kamu bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan sama sekali. Hanya saja, akses kredit di koperasi biasanya hanya dibatasi untuk anggotanya saja. Selain itu, jumlah pinjaman koperasi tanpa jaminan juga relatif kecil dibandingkan oleh bank.

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Lewat Aplikasi KreditQ, Online dan Suku Bunga Ringan

Pelaksanaan akan koperasi diatur dalam UU no.25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Salah satu hal mendasar adalah prinsip dari anggota untuk anggota. Lembaga ini merupakan organisasi dengan konsep saling tolong menolong dalam hal finansial.

Karena itu ketika ingin mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan, calon peminjam wajib menjadi anggota koperasi tersebut. Anggota koperasi sendiri biasanya memiliki hak dan kewajiban masing-masing sesuai dengan aturan yang berlaku.

Konsep ini saja sudah cukup menjadikan koperasi sebagai salah satu sumber kredit yang diandalkan oleh masyarakat. Pasalnya selain aman, ketiadaan jaminan dan suku bunga rendah juga merupakan keunggulan utama.

Hanya saja banyak kelemahan koperasi yang kemudian membutanya mulai ditinggalkan oleh masyarakat khususnya generasi muda. Konsep konvensional koperasi dianggap sudah ketinggalan zaman dan tidak praktis. Terlebih lagi dengan kehadiran berbagai aplikasi pinjaman online dari fintech rasanya kredit lewat koperasi tidak menarik lagi.

Namun, sejumlah koperasi tak mau kalah dengan ikut serta menghadirkan inovasi berbasis digita. Salah satunya ialah menyediakan pinjaman koperasi tanpa jaminan secara online lewat aplikasi. Salah satunya ialah aplikasi KreditQ yang merupakan produk dari Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra.

Bahkan lebih jauh lagi, kamu bisa mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan ini tanpa harus menjadi anggota. Pinjaman koperasi tanpa jaminan yang tersedia bagi nasabah non-anggota bisa diakses via aplikasi online. Mungkin aplikasi ini bisa menjadi alternatif pinjaman buat kebutuhan dana tunaimu baik itu kebutuhan pribadi maupun untuk bisnis.

KSP Sahabat Mitra sendiri merupakan koperasi yang berlokasi di Jakarta dan sudah berdiri sejak 2009 silam. Koperasi pinjaman dengan ijin nasional ini didirikan berdasarkan akta pendirian yang telah dibuat dan disahkan oleh Menteri Negara Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No.307/BH/MENEG.I/IX/2003 pada tanggal 30 September 2003.

Dengan demikian, aplikasi KreditQ ini kerap disebut pula sebagai KSP Sahabat Mitra online. Aplikasi ini memang memberikan inovasi sendiri karena biasanya fintech menerakan sistem peer to peer lending (P2P Lending) namun kini didasari oleh prinsip koperasi sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat.

Aplikasi KreditQ sendiri memiliki 2 jenis produk pinjaman koperasi tanpa jaminan yang ditawarkan antara lain:

  • Dana Talangan

Maksimum jumlah pinjaman Rp1.000.000 berjangka waktu 15 hari dan 30 hari.

  • Cicilan

Maksimum jumlah pinjaman Rp100.000.000 berjangka waktu 3 bulan dan 6 bulan.

Saat mengajukan pertama kali, calon nasabah hanya bisa mengajukan pinjaman Dana Talangan maksimum Rp1.000.000 . Pinjaman Cicilan hanya bisa diberikan kepada nasabah yang sudah pernah mengambil dan melunasi pinjaman Dana Talangan Pribadi. Mungkin karena diperuntukkan bagi non-anggota, maka aplikasi pinjaman koperasi tanpa jaminan ini memberlakukan fasilitas berjenjang, guna memastikan kredibilitas nasabah baru.

Syarat dan Ketentuan

Pinjaman koperasi tanpa jaminan lewat aplikasi KreditQ memang sangat mudah. Meski demikian,a da sejumlaj syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi untuk memastikan pengajuan kreditmu berjalan lancar antara lain:

  • WNI
  • Minimum berusia 21 tahun, atau 18 tahun tapi sudah menikah, dan maksimum 55 tahun saat pinjaman jatuh tempo.
  • Punya e-KTP dan NPWP.
  • Punya pekerjaan tetap dan masa kerja minimal 6 bulan (jika berstatus karyawan kontrak, wajib melampirkan informasi akhir masa kontrak kerja).
  • Slip gaji karyawan, atau Surat Keterangan Usaha (SKU) wirausahawan.
  • Jenis profesi dan usaha ilegal yang tidak sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku di Indonesia, tidak diterima.
  • Berpenghasilan minimum per bulan: Rp2.500.000 net.
  • Aktif menggunakan HP smartphone android.
  • Tempat tinggal berstatus milik pribadi, orang tua, keluarga. Alamat tempat tinggal diperblehkan berbeda dengan alamat KTP. Status rumah sewa bulanan diperbolehkan asalkan masa tinggal sudah lebih dari 1 tahun.

Langkah Pengajuan Pinjaman Lewat Aplikasi KreditQ

Pengajuan pinjaman koperasi tanpa jaminan lewat aplikasi KreditQ bisa dilakukan oleh siapa saja. Hanya saja, koperasi yang bermitra dengan Bank Sampoerna ini mengharuskan calon kreditur melakukan sejumlah tahapan.

  1. Dowload aplikasi di Google Playstore karena pengajuan pinjaman koperasi tanpa jaminan tidak bisa via website.
  2. Isi kolom di aplikasi dengan nomor HP yang dipakai untuk mengajukan pinjaman uang.
  3. Aplikasi meminta persetujuan izin mengakses dan mengambil data pribadi calon nasabah dari HP, berupa data lokasi HP saat pengajuan pinjaman, dan foto di kamera HP.
  4. Jika akses tidak diberikan, maka pinjaman otomatis ditolak. Pengaksesan data pribadi calon nasabah oleh perusahaan online P2P Lending ini diperbolehkan oleh ketentuan OJK. Tapi, pengaksesan data pribadi calon nasabah oleh pinjaman koperasi tanpa jaminan belum diatur oleh pemerintah sehingga sebaiknya kamu mencari tahu detailnya lebih dulu.
  5. Verifikasi KTP dengan cara memfoto e-KTP, lalu isi data NIK, nama lengkap, tanggal lahir dan alamat sesuai KTP di formulir yang tersedia. Selanjutnya foto selfie sambil memegang e-KTP. Pastikan kejernihan tampilan foto.
  6. Isi data pribadi selanjutnya berupa alamat email, nama gadis ibu kandung, pendidikan, status pernikahan, alamat lengkap, nomor telepon, status tempat tinggal dan masa tinggal.
  7. Isi data pekerjaan berupa nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon kantor, bidang industri, masa kerja dan jumlah penghasilan.
  8. Upload foto slip gaji atau Surat Keterangan Usaha dan NPWP yang difoto dengan kamere smartphone yang sama. Tidak diperkenankan menggunakan foto hasil kamera lain.
  9. Isi data kontak darurat(emergency contact) yang wajib terdiri dari 2 data kontak berbeda, masing-masing lengkap dengan nomor HP dan status hubungannya dengan calon nasabah.
  10. Kedua data kontak ini akan digunakan untuk mencari nasabah jika tidak bisa dikontak via nomor HP pribadinya terkait proses penagihan pinjaman.
  11. Verifikasi data pengajuan pinjaman di aplikasi terutama nama pemilik nomor rekening bank tempat penerimaan pencairan yang harus identik dengan nama pengaju pinjaman, jumlah pinjaman, tanggal jatuh tempo dan kewajiban pengembalian via ATM, online banking dan mobile banking Bank Sahabat Sampoerna, BCA, Mandiri, BNI, BRI, Permata – yang dilengkapi dengan simulasi bunga pinjaman koperasi.
  12. Klik “pastikan pinjaman”
  13. Muncul pesan “Pengajuan Anda telah berhasil diterima” dan “Pengajuan akan diproses dalam waktu 24 jam”.
  14. Hubungi call center jika ada pertanyaan. 

Wajah Baru Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Pemahaman tentang koperasi sejak dulu adalah: sebuah wadah finansial yang berprinsip “dari anggota untuk anggota”, karenanya, untuk bisa meminjam dana di sebuah koperasi, calon peminjam wajib menjadi anggota koperasi tersebut. Anggota koperasi berkewajiban membayar iuran simpanan pokok, wajib dan sukarela, dan mendapatkan:

  • Hak suara
  • Hak pembagian Sisa Hasil Usaha keuntungan koperasi di akhir tahun.

Samakah pengimplementasian kewajiban dan hak anggota itu di aplikasi pinjaman koperasi tanpa jaminan? Dengan prinsip online yang ditawarkan, hal ini tak lagi berlaku. Contohnya saja aplikasi KreditQ dari KSP Sahabat Mitra. Meski demikian, layanan ini menerapkan aturan yang berbeda untuk sistem pengembaliannya.  

Persepsi Bunga Murah Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan, Apakah Berlaku Juga Secara Online?

Persepsi umum tentang pinjaman koperasi adalah tingkat bunga yang rendah, hasil dari prinsip “dari anggota untuk anggota”. Namun ternyata tidak demikian halnya dengan tingkat bunga pinjaman koperasi tanpa jaminan khususnya lewat aplikasi.

Dalam simulasi pinjaman sebesar Rp1.000.000 berjangka waktu 15 hari, pencairan Rp894.000 dan kewajiban pengembalian = Rp1.060.000. Dalam simulasi pinjaman sebesar Rp1.000.000 berjangka waktu 30 hari, pencairan Rp894.000 dan kewajiban pengembalian = Rp1.100.000

Pemotongan di awal Rp102.000 terhadap jumlah pencairan diklaim sebagai “biaya administrasi”. Dengan kalkulasi tingkat bunga semata-mata berdasarkan jumlah nett pencairan dan kewajiban pengembalian, berarti tingkat bunga pinjaman koperasi tanpa jaminan bisa dikalkulasikan sebagai berikut:

  • 18.57% untuk jangka waktu 15 hari (= 1.24% per hari).
  • 23.04% untuk jangka waktu 30 hari (= 0.77% per hari).

Jelas bukan bunga rendah selayaknya pinjaman koperasi! Mungkin karena non-anggota? Bagaimana jika menjadi anggota?

Ganjalan Hak Dalam Keanggotaan

Asumsi bahwa jika mendaftar menjadi anggota maka pinjaman koperasi tanpa jaminan akan memberikan fasilitas yang lebih “berkoperasi” ternyata salah, terbukti dalam langkah berikut:

Setelah terbacanya pernyataan “Saya sudah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Anggota Koperasi” di halaman “Pastikan Pengajuan Pinjaman”, berikan klik di kolom “persetujuan menjadi anggota koperasi”.

Isi perjanjian keanggotaan berisikan 7 poin yang hanya mencakup: syarat kewarganegaraan dan tempat tinggal, kewajiban untuk membayar tepat waktu, serta sifat dan legalitas status keanggotaan. Tidak ada poin yang menjelaskan tentang hak suara dan hak mendapatkan pembagian Sisa Hasil Usaha Koperasi.

Ketidakjelasan tentang hak anggota koperasi menjadi hal yang mengganjal, karena justru manfaat keanggotaan yang membedakan koperasi dengan P2P Lending!

Koperasi Rasa P2P Lending

Kesimpulannya, meskipun memberi sentuhan teknologi digital kekinian dan menyandang nama Koperasi – dengan sifatnya yang berupa dana talangan pribadi tanpa jaminan, diakses via online, cair dalam 24 jam, bunga tinggi dan tanpa hak suara maupun hak mendapat Sisa Hasil usaha. Aplikasi pinjaman koperasi tanpa jaminan ini sebenarnya adalah produk P2P Lending yang mengatasnamakan Koperasi.

Yang jelas, tetap lebih baik banyak berinvestasi daripada banyak mengambil pinjaman, karena berinvestasi akan membantumu lebih cepat mencapai kebebasan finansial di masa depan. Mulai tingkatkan investasimu di investasi reksa dana di Ajaib yang dengan minimum modal hanya Rp10.000 dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley.

Ajaib juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan secara penuh sehingga aman untukmu bertransaksi, masih jadi pilihan berinvestasi reksa dana yang cerdas dan berakal sehat untuk kaum milenial!

Bacaan menarik lainnya:

Mace, Janice. (2007). Trip of a lifetime Money Management.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait