Perencanaan Keuangan

Pikir Dulu Sebelum Daftar, Ini Kerugian Menggunakan Kredivo

Kerugian menggunakan Kredivo
Kerugian menggunakan Kredivo

Ajaib.co.id – Jika kamu sering menonton video Youtube pasti seringkali menemui iklan Kredivo di sela-sela tayangannya. Durasi iklannya sendiri sangat singkat hanya menjelaskan satu dari beberapa kelebihan meminjam di Kredivo.

Meski singkat tampaknya cukup berhasil menarik minat banyak orang untuk mendaftar. Namun, sebelum mengajukan pendaftaran sebaiknya kamu cari tahu kerugian menggunakan Kredivo

Kredivo merupakan salah satu fintech layanan pay later yang menawarkan sistem kredit dengan cara yang mudah dan cepat. Berbanding terbalik dengan pinjaman bank yang membutuhkan waktu dan proses cukup panjang, di Kredivo dana pinjaman bisa cair 1-3 hari saja.

Terlebih syarat dan cara daftar yang cukup mudah membuat pengguna Kredivo semakin meningkat, khususnya sejak pandemi Covid-19. Layanan pay later semakin banyak disukai oleh masyarakat terutama kaum milenial.

Mengenal Layanan Kredivo

Kredivo adalah salah satu fintech terbesar di Indonesia di bawah naungan perusahaan PT FinAccel Digital Indonesia yang menawarkan layanan pembelian dengan sistem bayar nanti atau pay later. Apalagi semenjak menjamurnya online shop dan e-commerce di Indonesia memberi angin segar untuk bisnis mereka.

Adanya layanan pay later, pengguna bisa membeli barang impiannya. Kredivo juga memiliki beberapa produk pinjaman seperti Kredifazz, yakni platform pinjaman tunai tanpa agunan. Memang kedengarannya sangat menggiurkan tapi kamu juga harus memperhatikan kerugian menggunakan Kredivo dan risiko yang nanti bisa muncul.

Di sisi lain, kehadiran Kredivo belum bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia saat ini. Meski begitu, Kredivo sudah jadi salah satu fintech yang populer di kalangan kaum milenial hingga mahasiswa. Bagaimana tidak, mereka menawarkan fasilitas cicilan online tanpa harus menggunakan kartu kredit seperti yang dikeluarkan perbankan. Terlebih pendaftarannya tidak ribet, cukup dari ponsel tanpa syarat ini itu.

Kelebihan Menggunakan Kredivo

Kredivo punya beberapa kelebihan yang jadi poin lebih untuk menarik minat masyarakat menggunakan layanan kredit onlinenya. Keunggulan utamanya yaitu kemudahan dalam mengajukan pinjaman melalui aplikasi. Hal ini terlihat dari syarat permohonan menjadi anggota, pengajuan pinjaman, serta integrasi dengan sejumlah layanan marketplace besar di Indonesia. Semuanya itu tentu memudahkan pengguna dalam berbelanja online.

Buat pengguna baru biasanya akan ditawarkan layanan pay later dalam 30 hari dan mendapat dana talangan maksimal Rp3 juta. Disini kamu diharuskan melunasi kreditnya dalam waktu 30 hari dengan bunga 0%. Akan tetapi kamu harus tahu bahwa di balik itu ada biaya layanan lain yang harus dibayar. Ada biaya administrasi sebesar 1% atau minimum Rp1.000 untuk setiap transaksi di bawah Rp100.000.

Ini bisa jadi solusi terbaik ketika kamu sedang dalam keadaan terdesak dan perlu membeli barang tertentu.

Kerugian Menggunakan Kredivo

Ada baiknya kamu tidak asal mendaftar sebelum mengetahui apa saja kerugian menggunakan Kredivo. Masalahnya tak sedikit orang yang malah terjebak dalam kemudahan layanan bayar nanti. Berikut ini beberapa kerugian yang harus kamu tahu.

1. Suku Bunga Terlalu Besar

Hal pertama ketika kamu mengambil kredit adalah perhatikan suku bunganya. Di Kredivo bunga pinjaman yang dibebankan kepada pengguna cukup besar. Ini artinya kamu beban utang karena total uang yang harus dibayarkan akan lebih banyak daripada pinjamannya.

Biasanya layanan kredit online punya suku bunga tinggi dibandingkan dengan pinjaman bank. Alasannya karena pengguna bisa mengajukan kredit tanpa ada DP (down payment) dan biaya admin di awal.

Kredivo memberi bunga kredit per bulan sebesar 2,6% dan per tahunnya sekitar 46,22-53,36%. Suku bunga ini lebih besar daripada kredit secara offline. Kalau tidak percaya kamu bisa bandingkan sendiri.

2. Tenor Pinjaman Lebih Pendek

Kerugian menggunakan Kredivo berikutnya adalah waktu pelunasan yang terbilang singkat maksimal hanya 12 bulan atau satu tahun. Pilihan tenornya mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, atau 12 bulan saja.

Oleh karena itu, sebagian orang cenderung membeli barang dengan harga tidak terlalu mahal. Namun, ini yang sebenarnya jadi target layanan Kredivo. Padahal barang-barang di marketplace banyak yang harganya mencapai jutaan hingga ratusan juta.

Jika hanya diberikan waktu pelunasan dalam waktu 1 tahun, kemungkinannya sangat kecil mengambil cicilan menggunakan Kredivo.

3. Telat Bayar Siap-Siap Denda

Namanya juga berhutang, supaya kredit tidak macet pasti akan ada denda jika terlambat bayar. Risiko biaya keterlambatan pelunasan menggunakan Kredivo mencapai 3% dan ada bunga sebesar 2,95%. Makin banyak saja hutangnya kan.

Kalau sudah begitu, kamu harus punya dana lebih yang cukup membayar dendanya. Lebih baik lagi jangan sampai telat bayar karena yang rugi kamu sendiri.

Daripada Berhutang Mending Investasi

Setelah mengetahui kerugian menggunakan Kredivo, diharapkan kamu bisa jadi pengguna yang cerdas. Menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran sangat penting dilakukan agar menjaga keuangan tetap stabil. Daripada berhutang, alangkah baiknya jika dana yang ada dipakai untuk investasi mendatangkan passive income.

Apalagi investasinya bisa dari handphone lewat aplikasi bernama Ajaib. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Ajaib menawarkan dua macam investasi dalam satu aplikasi yakni reksa dana dan saham. Tampilannya sederhana dan modern sehingga cocok untuk anak muda dan kaum milenial yang ingin berinvestasi.

Di dalam aplikasinya sendiri ditampilkan juga ribuan artikel yang memudahkan kamu belajar sambil berinvestasi. Lalu apa saja sih keuntungan investasi di Ajaib?Pembuatan rekening saham lebih cepat, fitur Analisa teknikalnya sangat canggih, biaya transaksi lebih murah dan ada bonus 100 lembar saham

Artikel Terkait