Pertimbangkan Memiliki Salah Satu dari 6 Produk Asuransi Ini

Produk Asuransi

Penawaran produk asuransi bertebaran di mana-mana. Melalui telepon, bank, hingga pertemuan tatap muka antara agen asuransi dan calon nasabah. Tetapi wajibkah memiliki asuransi?

Asuransi merupakan perlindungan yang dibuat dari sebuah perjanjian mengikat antara perusahaan asuransi dan nasabah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, dilansir dari laman OJK, asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Dalam asuransi, nasabah wajib membayar premi yang telah ditentukan untuk nantinya bisa menerima manfaat perlindungan. Sedangkan perusahaan asuransi berkewajiban memberikan perlindungan yang tertera pada polis asuransi.

Apakah Wajib Memiliki Asuransi?

Wajib atau tidak, hal itu tergantung prioritas hidupmu. Jika kamu menganggap bahwa diri dan apa yang kamu miliki adalah aset, asuransi wajib dimiliki. Kalau tidak, lewati saja soal asuransi. Tetapi produk asuransi tak sekadar buat kesehatan saja. Setidaknya ada enam produk asuransi yang bisa kamu jadikan referensi.

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah perlindungan berbentuk pengalihan risiko ekonomi karena tertanggung meninggal dunia atau tertanggung masih hidup melampaui masa perlindungan. Jika kamu adalah pencari nafkah utama di keluarga, itu artinya kamu adalah aset.

Sehingga diri kamu harus memiliki perlindungan jika terjadi sesuatu yang mengakibatkan tidak bisa bekerja dan tidak ada yang menyediakan kebutuhan keluarga.

Saat ini, perusahaan asuransi menawarkan asuransi jiwa murni atau asuransi jiwa dengan manfaat investasi (biasa disebut unit link). Produk asuransi ini biasanya ditawarkan melalui bank atau bancassurance maupun telemarketing.

Kamu juga bisa melihat produk asuransi jiwa di laman perusahaan, lalu mengunduh brosurnya. Jika ada hal yang kurang dimengerti, kamu hubungi saja agen asuransi perusahaan tersebut.

Asuransi kesehatan

Hampir sama seperti asuransi jiwa. Asuransi kesehatan merupakan perlindungan yang menjamin biaya perawatan nasabah akibat sakit atau kecelakaan. Pada umumnya, perusahaan akan memberikan fasilitas asuransi kesehatan untuk karyawan dan keluarganya. Tetapi tak sedikit yang hanya memberikan fasilitas BPJS.

Pada umumnya, asuransi kesehatan menanggung atau memberikan manfaat berupa biaya rawat inap, rawat jalan, dan perawatan gigi. Kalau ingin manfaat tambahan, seperti persalinan, penyakit kritis, atau kecelakaan kerja, kamu bisa melengkapi asuransi kesehatan dengan asuransi tambahan atau riders. Untuk sistem klaim, perusahaan asuransi akan memberlakukan sistem reimbursement atau cashless.

Asuransi perjalanan

Buat kamu yang kerap traveling, memiliki asuransi perjalanan adalah suatu keharusan. Pasalnya, asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan sebelum hingga setiba di Tanah Air. Manfaat perlindungan berupa penundaan waktu terbang, kehilangan atau keterlambatan bagasi, kehilangan dokumen, sakit di kota atau negara tujuan, sampai evakuasi medis ke rumah sakit yang memadai.

Sekarang membeli asuransi perjalanan sangat mudah. Prosesnya tak seperti membeli asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Karena kamu bisa membelinya di portal asuransi. Di sana, kamu bisa memilih produk asuransi sesuai kebutuhan dari berbagai perusahaan, membandingkan manfaat antar produk, dan bertransaksi langsung.

Asuransi mobil

Sebagai pemilik mobil, apakah kamu rela mobil rusak akibat kesalahan orang lain? Tidak, kan? Oleh karena itu, lengkapi mobilmu dengan asuransi. Pasalnya, asuransi mobil memberikan perlindungan mobil akibat dari kecelakaan, kebakaran, kerusakan, dan bencana alam. Kalau kamu tertarik melengkapi mobil dengan asuransi, pilih produk asuransi yang preminya sesuai dengan nilai mobil.

Jangan membeli asal murah, karena bisa saja mobilmu tak bisa mendapatkan manfaat jika hal buruk terjadi. Selain itu, perhatikan jenis asuransi mobilnya. Apakah kamu membutuhkan asuransi mobil all risk atau total loss only?

Jika asuransi mobil all risk akan memberikan perlindungan semua risiko, mulai kecelakaan kecil sampai kehilangan mobil. Sedangkan asuransi mobil total loss only hanya memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan besar atau kehilangan mobil.

Asuransi properti

Kamu sudah punya rumah? Kamu punya bangunan untuk disewakan? Sebaiknya miliki asuransi properti. Produk asuransi ini akan memberikan perlindungan rumah, bangunan, atau bangunan yang sedang dikerjakan dari risiko kebakaran, kerusakan, serta bencana alam.

Meski demikian ada beberapa pengecualian risiko yang tidak ditanggung. Sebelum membeli asuransi properti, baca detail manfaat, nilai pertanggungan, dan poin-poin lainnya di polis asuransi.

Asuransi pendidikan

Bagi kamu yang sudah memiliki aka, pertimbangkan untuk punya produk asuransi ini. Asuransi pendidikan merupakan sebuah jaminan biaya pendidikan dan perlindungan jiwa untuk anak-anak. Asuransi tersebut bisa dimiliki sebelum anak sekolah. Hal tersebut untuk mengantisipasi kenaikan biaya sekolah yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Mungkin tak semua produk asuransi di atas kamu butuhkan. Tetapi ketika kamu sudah yakin, beli saja. Setelah itu, pihak asuransi akan mengirimkanmu polis asuransi. Di sini, kamu ada waktu untuk membaca dan memelajari isi polis tersebut.

Baca dengan detail mengenai premi, kenaikan premi per tahun, manfaat yang akan diterima, syarat klaim, kriteria klaim ditolak, dan lainnya. Jika ada poin yang tidak disetujui, kamu bisa mengajukan keberatan atau membatalkannya tanpa dikenakan denda.

Memilih asuransi memang tak mudah. Jika kamu menganggap diri sendiri adalah aset, mengantongi asuransi adalah hal wajib. Tetapi pilih produk asuransi dari perusahaan yang terpercaya, tak terlibat kasus yang merugikan banyak orang, dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bacaan menarik lainnya:

Data Bisnis Asuransi Syariah (www.aasi.or.id, diakses Oktober 2015)


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait