Pertimbangkan, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit

kekurangan kartu debit
kekurangan kartu debit

berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan kartu debit yang harus diketahui agar kamu tidak salah perhitungan.

Saat ini, masyarakat Indonesia sedang gemar melakukan transaksi secara non tunai. Transaksi jual-beli pun juga dilakukan dengan sistem transaksi non tunai, termasuk penggunaan kartu debit.

Sistem transaksi non tunai dengan kartu debit juga digemari oleh masyarakat. Sebab, transaksi ini dinilai lebih mudah dan praktis.

Sebenarnya, kartu debit tidak selalu menguntungkan para penggunanya. Terdapat kelebihan dan kekurangan kartu debit.

Bagi kamu yang gemar melakukan transaksi dengan kartu debit, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya kartu debit :

Kelebihan dari Kartu Debit

Efisien

Penggunaan kartu debit sebagai alat pembayaran dinilai lebih efisien. Dengan adanya kartu debit, kamu tidak perlu lagi membawa uang tunai.

Kamu hanya cukup menggesek dan membayar sesuai nominal yang akan ditransaksikan. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari kartu debit.

Untuk melakukan transaksi dengan kartu debit, kamu harus bertransaksi di tempat yang menyediakan mesin Electronic Data Capture atau EDC.

Bertransaksi dalam Jumlah yang Besar

Dengan kartu debit, kamu bisa membeli apa pun sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Bertransaksi menggunakan kartu debit tidak memiliki batasan.

Namun, bukan berarti kamu bisa menggunakan kartu debit seenaknya. Kamu bisa menggunakan kartu debit dengan bijak. Jangan sampai kamu boros, karena setiap bertransaksi selalu menggunakan kartu debit.

Jangan Samakan Kartu Debit dengan Kartu Kredit

Kartu debit dan kartu kredit tidak berbeda jauh. Kedua kartu ini bisa digunakan sebagai alat transaksi non tunai.

Jika kamu menggunakan kartu kredit, transaksi kamu akan dibayarkan terlebih dahulu oleh bank. Kemudian, kamu harus melunasi biaya tersebut ke bank setelah bertransaksi.

Sementara jika kamu menggunakan kartu debit, kamu tidak perlu berutang. Sebab, kamu menggunakan uang tabunganmu untuk melakukan pembayaran.

Tarik Tunai

Fungsi utama dari kartu debit adalah tarik tunai. Kalau kamu membawa kartu debit ke manapun, sama saja membawa uang secara aman.

Kamu tidak perlu membawa banyak uang di dalam dompet. Jika ada keperluan mendesak dalam nominal yang banyak, kamu bisa menggunakan kartu debit untuk melakukan tarik tunai melalui ATM.

Tidak Ada Cicilan Bulanan

Kalau kamu menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, maka kamu juga harus siap untuk mencicil utangnya.

Beda halnya dengan kartu debit. Jika kamu menggunakan kartu debit untuk berbelanja, maka tidak ada cicilan utang yang harus dibayarkan.

Kekurangan dari Kartu Debit

Jarang Mendapatkan Promo

Kalau kamu menggunakan kartu kredit, pastinya akan mendapatkan banyak promo. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk kartu debit. Jarang sekali ada promo yang ditawarkan, kecuali untuk kartu debit tertentu.

Jika kamu ingin mendapatkan promo, bisa menggunakan kartu kredit. Jangan lupa juga untuk melunasi cicilan utangnya setelah melakukan transaksi.

Mudah Disalahgunakan

Kartu debit dan kartu debit seringkali disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak jarang kita temukan ada kasir yang menggunakan double swipe atau menggesek kartu debit secara ganda di komputer kasir. Hal itu menyebabkan datamu di kartu debit akan ter-copy.

Menanggapi hal ini, Bank Indonesia pun mengimbau para nasabah agar tidak menggesek kartu debit dan kartu debit di komputer kasir saat melakukan transaksi. Sebaiknya, kamu menggesek kedua kartu tersebut di mesin EDC.

Bertransaksi Sesuai Merchant Bank

Untuk memudahkan transaksi, sudah banyak berbagai tempat dan pusat perbelanjaan yang menyediakan mesin EDC untuk transaksi kartu debit.

Namun, tidak semua tempat menyediakan mesin EDC. Biasanya, mereka hanya menyediakan mesin EDC dari bank-bank besar atau ternama.

Jika kamu merupakan nasabah dari bank yang tidak besar, kamu harus mengambil uang tunai di ATM terdekat. Kalau keadaannya mendesak, kamu bisa menggesek kartu debit di mesin EDC bank lain, tetapi dikenakan charge.

Hanya Bisa Dipakai Sesuai Saldo

Kartu debit tidak bisa digunakan untuk transaksi yang melebihi saldo. Berbeda dengan kartu kredit, karena kamu bisa berutang terlebih dahulu.

Selain itu, kartu debit juga rawan rusak. Apalagi, jika kartu debitmu sering disimpan di dompet belakang celana.

Bacaan menarik lainnya:

Hasibuan, S.P. Melayu. (2007). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait