Aset Kripto, Investasi

Pertanyaan Tentang Aset Kripto yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan Tentang Investasi Kripto yang Paling Sering Ditanyakan

Ajaib.co.id – Aset kripto merupakan instrumen investasi yang popularitasnya meningkat belakangan ini. Akibatnya, semakin banyak pula orang yang tertarik untuk memulai investasi aset kripto. Mungkin kamu pun salah satunya. Walaupun demikian, sebelum mulai berinvestasi, tentunya kamu punya banyak pertanyaan tentang cryptocurrency atau aset kripto, bukan?

Pasalnya, agar investasi kita menguntungkan dan aman, kita perlu melakukan riset yang dalam dan benar mengenai instrumen yang kita pilih. Termasuk juga dengan aset kripto, mengingat investasi ini tergolong investasi yang cukup berisiko, namun bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Nah, artikel ini akan membahas beberapa pertanyaan tentang cryptocurrency dasar yang mungkin sering kamu tanyakan dan bisa menjadi pertimbanganmu untuk memulai investasi. Yuk, simak hingga akhir!

Pertanyaan Tentang Cryptocurrency (Aset Kripto)

Pada artikel kali ini, Ajaib akan menjawab 5 pertanyaan tentang instrumen investasi aset kripto yang sering ditanyakan para investor pemula.

1. Apa itu Investasi Aset Kripto?

Pertanyaan tentang cryptocurrency (aset kripto) pertama yang mungkin kamu tanyakan adalah apa itu investasi aset kripto. Investasi aset kripto atau investasi cryptocurrency merupakan salah satu investasi yang menggunakan mata uang aset kripto sebagai aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Kriptografi sendiri merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata crypto dan graphia. Crypto memiliki arti ‘rahasia’, sementara Graphia berarti ‘tulisan’. Sehingga, kriptografi dapat diartikan sebagai ‘tulisan yang sifatnya rahasia’.

Secara etimologis, kriptografi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu crypto dan graphia. Crypto diartikan sebagai “rahasia”, sedangkan Graphia berarti “tulisan”. Sehingga, kriptografi dapat diartikan sebagai tulisan yang bersifat rahasia.

Kini, kriptografi berarti sebuah teknik penyampaian pesan pesan secara tersembunyi dengan memanfaatkan fitur enkripsi data.

Mata uang aset kripto yang paling terkenal adalah Bitcoin, sebuah jaringan konsensus yang memungkinkan sistem pembayaran baru dan uang yang sepenuhnya berbentuk digital. Bitcoin merupakan jaringan pembayaran peer-to-peer desentralisasi pertama yang dikontrol sepenuhnya oleh penggunanya tanpa ada otoritas sentral ataupun perantara.

Dari sudut pandang pengguna, Bitcoin seperti uang tunai di dunia internet dan dipandang sebagai sistem pembukuan tiga pencatatan paling menonjol yang ada saat ini.

2. Apa kelebihan cryptocurrency?

Ada beberapa kelebihan cryptocurrency atau aset kripto, seperti:

  • Akses dan transaksi yang mudah: Aset kripto menggunakan sistem yang terdesentralisasi. Tanpa adanya perantara bank sebagai pihak ketiga, pengguna bisa mendapatkan akses langsung untuk bertransaksi.
  • Transparansi data: Seluruh aktivitas transaksi aset kripto tercatat dalam sebuah ledger terbuka, atau blockchain, sehingga data tersebut dapat diakses oleh publik kapan saja. Tidak hanya itu, data yang ada dalam blockchain ini juga tak dapat diubah secara sembarangan, sehingga terjamin keamanannya.
  • Privasi terjaga: Salah satu keuntungan trading crypto adalah terjaminnya privasi pengguna. Aset kripto memiliki sifat pseudonim, di mana pengguna bisa menggunakan sebuah username untuk menjaga privasi identitas asli. Kemungkinan terjadinya pencurian identitas dan kebocoran informasi pribadi pun akan semakin minim.
  • Tersedia 24 jam: Kelebihan cryptocurrency yang terakhir adalah transaksinya yang bisa diakses kapan saja selama 24 jam, berbeda dengan bursa saham yang hanya tersedia di jam tertentu.

3. Apa kelemahan cryptocurrency?

Meski banyak keuntungan yang didapatkan, tentunya sebelum berinvestasi, kamu juga perlu mempertimbangkan kelemahan cryptocurrency atau aset kripto, seperti:

  • Volatilitas nilai: Aset kripto memiliki volatilitas nilai yang cukup besar dan dinamis. Bitcoin, misalnya. Jumlah Bitcoin yang beredar di pasaran adalah terbatas, jadi, acara-acara kecil, perdagangan, maupun aktivitas bisnis dapat mempengaruhi harga Bitcoin secara signifikan.
  • Risiko cukup tinggi: Volatilitas nilai aset kripto menjadikannya sebagai salah satu investasi high risk high return. Jadi, apabila kamu ingin berinvestasi aset kripto, lakukanlah diversifikasi portofolio untuk meminimalisir risiko kerugian.

4. Bagaimana legalitas Aset Kripto di Indonesia?

Legalitas aset kripto memang merupakan salah satu pertanyaan tentang cryptocurrency yang sering dibahas oleh masyarakat. Kamu bisa tenang, karena sejak tahun 2019 lalu, beberapa aset kripto, seperti Bitcoin, sudah dinyatakan legal di Indonesia.

Hal ini diumumkan langsung oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappebti). Perlu diketahui, meski legal, aset kripto di Indonesia hanya dapat diperdagangkan, bukan untuk digunakan sebagai alat pembayaran.

Bappebti juga memiliki peraturan aset kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia, yaitu dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

Peraturan ini juga mencakup 229 aset kripto, salah satunya Bitcoin, yang dapat diperdagangkan legal di Indonesia.

5. Apakah mungkin berinvestasi aset kripto di Indonesia?

Pertanyaan tentang cryptocurrency (aset kripto) lain yang mungkin kamu miliki adalah bisa atau tidaknya kita berinvestasi aset kripto di Indonesia. Siapa saja dan di mana saja kamu, kamu tetap bisa berinvestasi aset kripto. Karena teknologi yang digunakan oleh sistem aset kripto ini memiliki sifat yang terdesentralisasi. Sehingga, kamu bisa memulai investasi aset kripto dengan membuka akun bitcoin di Indonesia.

Apalagi sekarang di era yang lebih modern dan internet di Indonesia yang memiliki kecepatan maksimal, sudah bisa mendukung kamu bermain cryptocurrency. Dalam bermain cryptocurrency, kamu memerlukan smartphone atau laptop, internet dan modal.

6. Apakah perlu khawatir dengan harga aset kripto yang tidak stabil?

Investasi aset kripto memang tidak mudah ditebak dan sangat mudah berubah. Bagian yang menantang adalah bahwa mereka sangat berkorelasi satu sama lain, sehingga sangat sulit untuk menerka harga aset kripto. Namun dengan memahami dasar-dasar aset kripto serta analisis teknis (membaca grafik) dapat melindungi kamu dari perubahan negatif BTC/ETH.

Jika ingin belajar analisis fundamental, kamu harus membaca whitepaper dari koin yang ingin diinvestasikan. Ini akan menjelaskan semua rincian mengenai koin tersebut, tujuan dan bagaimana cara kerjanya. Namun, whitepaper ini memiliki bentuk yang sangat teknis dan umumnya akan sulit dipahami bagi orang awam. Sebagai bagian dari penilaian sentimen pasar dan pemahaman fundamental.

Pesan Bill Gates buat Kamu yang Ingin Investasi Aset Kripto

Pendiri Microsoft Bill Gates angkat bicara soal investasi satu ini yang harganya meroket dan terus menembus rekor tertinggi baru. Topik ini tidak lepas dari setelah langkah CEO Tesla Inc. Elon Musk yang beberapa waktu lalu berinvestasi Bitcoin senilai US$ 1,5 miliar. Di mana, Musk juga menyebutkan Tesla akan menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. 

Menanggapi hal tersebut, orang terkaya ketiga di dunia ini memiliki pesan khusus bagi banyak orang yang tergiur berinvestasi aset kripto. Gates menilai mata uang digital tersebut tak harus dibeli oleh masyarakat umum. Ia mengatakan bahwa Elon memiliki banyak uang dan dia sangat canggih, sehingga Gates tidak khawatir Bitcoin-nya akan naik atau turun secara acak. Namun sebaliknya, investasi Bitcoin oleh masyarakat umum yang tidak punya banyak uang untuk disisihkan akan sangat riskan.

Baca juga: Panduan Cara Analisis Aset Kripto untuk Investor Pemula

4 Tips Investasi Cryptocurrency

1. Miliki strategi trading yang baik

Sebelum memulai investasi sebaiknya memiliki strategi dan trading plan yang baik dan sesuaikan dengan tujuan investasi. Jika tidak memiliki strategi dan tujuan investasi dengan jelas, maka sulit untuk kita mencapai keberhasilan berinvestasi.

Tanpa tujuan investasi dan trading plan yang baik di awal, akan sulit untuk kita tahu kapan saat yang tepat untuk melepas ataupun membeli kembali instrumen investasi tersebut, dalam hal ini yaitu crypto.

2. Manajemen risiko

Aset crypto adalah jenis investasi yang cukup berisiko, oleh karena itu kamu perlu memiliki manajemen risiko yang baik. Tentukanlah batasan seberapa banyak kamu akan berinvestasi dalam sebuah aset crypto. 

Kamu dapat menentukan di harga berapa akan melakukan pembelian (entry), tentukan level take profit (exit), dan  level cut loss jika merugi. Sebagai catatan bahwa harga pembelian terbaik berada di level support dan penjualan terbaik berada di level resistance.

3. DIversifikasi portoflio aset kripto

Satu tips investasi yang paling populer adalah don’t put all your eggs in one basket, atau diversifikasi portofolio. Hal yang sama juga berlaku untuk investasi cryptocurrency. Sama seperti saham, sebarlah uangmu di berbagai produk aset kripto.

Dengan begini, kamu bisa meminimalisir kerugian apabila salah satu aset yang kamu investasikan merugi, terutama mengingat volatilitas nilai aset kripto.

4. Investasikan untuk jangka panjang

Layaknya saham, harga aset kripto bisa naik dan turun, berubah-ubah setiap hari. Investor atau trader pemula mungkin akan tergoda untuk melakukan panic selling ketika harga turun. Namun, sebetulnya, menyimpan aset kripto kamu selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun dapat membuahkan keuntungan yang menjanjikan.

5. Pastikan berinvestasi di aset crypto menggunakan uang dingin

Uang dingin yang di maksud disini adalah uang/dana yang tidak akan kamu gunakan dalam waktu dekat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dengan kata lain berinvestasi dengan “Uang dingin” itu tidak akan membuatmu takut kalau seandainya kamu mengalami kerugian saat berinvestasi. Sebab, semua kebutuhan utama sudah terpenuhi di awal.

Menggunakan uang dingin sangat disarankan untuk menghadapi kondisi pasar yang tidak menentu, termasuk berinvestasi di aset crypto.

6. Pastikan legalitas dari platform investasi yang ingin digunakan

Saat ini banyak sekali beredar platform investasi yang tidak legal. Untuk terhindar dari investasi bodong, maka sebaiknya pastikan bahwa platform investasi yang digunakan secara perizinan sudah valid dan diawasi ataupun terdaftar pada lembaga pengawas maupun regulator.

Tidak mudah untuk membedakan mana tips investasi aset kripto yang baik dari yang bodong. Menurut Auction Fraud, lembaga pelaporan penipuan dan cyber crime Inggris, pada 9 bulan pertama tahun 2021, terdapat sekitar 7 ribu kasus investasi kripto bodong.

Maka dari itu, ketika kamu sedang meriset informasi-informasi seputar aset kripto di internet, pastikan kamu tetap selektif dan teliti dalam membaca, serta jangan mudah terbawa rasa FOMO saat investasi.

Lakukanlah analisa yang kritis, seperti berapa banyak investor yang berinvestasi untuk aset tersebut. Hindarilah aset-aset kripto yang menjanjikan untung besar-besaran, namun belum memberikan hasil yang nyata atau konkrit.

Artikel Terkait