Persiapan Menukar Valas di Money Changer, Agar Tidak Tertipu

Persiapan Menukar Valas di Money Changer, Agar Tidak Tertipu
Persiapan Menukar Valas di Money Changer, Agar Tidak Tertipu

Money Changer atau tempat penukaran mata uang non bank di Jakarta cukup banyak. Bahkan bisnis ini sangat menjanjikan di mana masyarakat baik yang memiliki mobilitas ke luar negeri maupun untuk investasi sangat sering menukarkan uang di money changer.

Money Changer yang legal di Indonesia adalah yang mempunyai izin dari Bank Indonesia yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2013. Izin ini dapat disebut dengan PVA (Pedagang Valuta Asing) berizin.

Namun, dalam memilih money changer, kamu perlu berhati-hati, bukan hanya karena harga yang ditawarkan relatif murah, namun beberapa aspek penting perlu kamu perhatikan termasuk, bentuk fisik uang yang kamu tukarkan serta keaslian uang yang diperoleh.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menukar Uang untuk Investasi

1. Mengecek nilai mata uang

Sebelum menukarkan uang, ada baiknya untuk melakukan cek nilai mata uang yang akan kamu tukarkan. Kamu dapat melihat kurs mata uang asing melalui internet, atau bertanya kepada agen terdekat, untuk memudahkan kamu dalam membandingkan nilai tukar yang akan didapatkan.

2. Pilih Money Changer Berizin

Kamu perlu berhati-hati dalam memilih money changer, pastikan tempat menukarkan uang masuk kedalam Authorized Money Changer atau telah berizin. Hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko kecurangan atau mendapatkan uang rusak bahkan palsu. jadi pilihlah yang memiliki izin.

3. Hindari Menukar di Bandara atau Hotel

Jika kamu ingin melakukan investasi mata uang Asing, hindari penukaran mata uang asing di hotel dan bandara. Ini karena pihak hotel dan bandara cenderung mematok kurs dengan harga tinggi.

Cara Menukar Uang melalui Bank

1. Proses penukaran mata uang asing (valas) di bank jauh lebih lama

Beberapa bank mengharuskan nasabah untuk memiliki tabungan dalam bentuk mata uang asing atua tabungan valas. Sedangkan di money changer sistem penukaran akan lebih fleksibel, di mana kamu hanya perlu membawa mata uang rupiah dan tukarkan dengan mata uang asing yang dikehendaki, atau sebaliknya.

2. Jika penukaran valas di bank akan memperhitungkan kondisi fisik uang tersebut

Bank jarang mau menerima mata uang asing yang sudah dalam kondisi kurang baik, rusak atau terlipat. Sedangkan di money changer meskipun fisiknya sudah tidak baik mata uang asing masih diterima dengan konsekuensi nilai yang diperoleh berkurang.

Cara Membeli Mata Uang Asing di Jakarta

1. Money Changer Besar

Tempat ini menampung uang jual beli yang sangat banyak, peredaran uangnya dalam sehari dapat mencapai miliaran rupiah. Umumnya tempat ini banyak didatangi oleh pengusaha-pengusaha perusahaan besar.

Money Changer VIP yang beralamat di Jalan Menteng No 1 Jakarta Pusat merupakan tempat penukaran uang terbesar yang memiliki area yang sangat besar dan layaknya sebuah bank. Di mana, stok mata uang juga sangat banyak, hampir semua mata uang ready stock. Selain itu, kurs yang ditawarkan juga termasuk kurs yang paling bagus diantara money chager lain. Kekurangannya, VIP sangat sangat ramai dan antriannya cukup panjang. Kamu bahkan harus menunggu kurang lebih 1-3 jam, untuk melakukan transaksi.

2. Money Changer kelas menengah

Tempat menukar uang kelas menengah ini menampung transaksi yang cukup banyak dan sangat populer di kalangan pengusaha menengah. Beberapa money changer kelas menengah, antara lain:

a. Peniti Valas

Money changer Peniti Valas berada di beberapa lokasi, misalkan di Jakarta  Utara, yakni di Rukan Artha Gading Niaga Blok. B, No. 11. Selanjutnya juga ada di Gedung Graha Kencana Lt. Dasar, Jl. Perjuangan Raya No. 88, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat. Peniti Valas memiliki counter yang lebih sepi, dan nilai kurs yang diberikan tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, cocok untuk transaksi menengah.

b. PT Mekarindo Abadi Sentosa

PT Mekarindo Abadi Sentosa merupakan salah satu tempat penukaran uang kelas menengah yang beralamat di LTC-Glodok, Blok B21-11 No.127, RT.1/RW.6, Mangga Besar, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Sama halnya dengan Peniti Valas yang juga memiliki counter yang lebih sepi dengan nilai kurs yang sedang.

3. Money changer kelas kecil

Tempat penukaran kelas kecil ini menangani transaksi harian dengan nominal yang lebih kecil. Penukaran uang yang dilakukan berkisar maksimal Rp100 juta. Tempat seperti ini tersebar di banyak penjuru Jakarta. Biasanya berupa kios kecil yang dijaga 1-5 orang saja. Kursnya agak sedikit lebih tinggi, namun terjangkau oleh kendaraan. Beberapa tempat penukaran uang kelas kecil seperti :

a. PT Garuda multivalasindo

PT Garuda multivalasindo berada di Jl. Pancoran No. 33 Pengadegan, Pancoran, Kota Jakarta Selatan.

b. Empat Delta atau dua sisi

Empat Delta atau dua sisi berada di Grand Indonesia, Grand Indonesia Shopping Town East Mall 3rd#15B, Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

4. Money changer 24 jam

Money changer 24 jama memiliki harga kurs yang paling mahal. Ini karena tempat ini bisa melayani penukaran uang selam 24 jam. Umumnya money changer 24 jam hanya didatangi saat mendesak saja. 

Tempat ini biasanya berada di bandara Soekarno Hatta dan menawarkan kurs yang paling tinggi. Umunya penukaran kurs di bandara hanya jika berada dalam kondisi mendesak saja. Umumnya tempat ini hanya melayani turis asing yang masih kurang pengalaman saja.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait