Pentingnya Arti Deskripsi Pekerjaan Bagi Produktivitas Karyawan

Pentingnya Arti Deskripsi Pekerjaan Bagi Produktivitas Karyawan
Pentingnya Arti Deskripsi Pekerjaan Bagi Produktivitas Karyawan

Survei Price Water House, MMGY Global’s, & TINYpulse menemukan data bahwa karyawan millenial memiliki beberapa keinginan terkait bekerja di suatu perusahaan. Apa saja keinginan mereka? Yuk simak beberapa hal terkait karyawan millenial beserta arti deskripsi pekerjaan menurut generasi ini.

Keinginan & ekspektasi millenial dalam pekerjaan

a. Tidak suka struktur perusahaan

b. Ingin karir ceoat yang bervariasi, dan suka mencari sesuatu yang baru dalam pekerjaan.

c. 38% ingin pindah-pindah tempat kerja

d. 43% terbuka bagi tawaran kerja baru

e. 18 % ingin bekerja lama di satu perusahaan 

f. Ingin sering tugas ke luar negeri, perjalanan bisnis adalah investasi cerdas

g. Ingin Skype, GoToMeeting, Google Docs, medsos, video-on-demand, blog, wiki terhubung demi produktivitas

h. 88% memilih tempat kerja yang membanggakan 

i. 95% ingin keseimbangan kerja dan hidup

Jadi jelas kan, arti deskripsi pekerjaan bagi karyawan Milenial adalah sebuah belenggu! 

Arti deskripsi pekerjaan bagi korporasi & startup

a. Optimalisasi rasa tanggung jawab karyawan, menjaga fokus agar kualitas kerja optimal dan produktivitas perusahaan meningkat.

b. Motivasi bagi karyawan untuk berkontribusi secara nyata ke perusahaan.

c. Tolok ukur evaluasi perusahaan dalam menilai performa kerja.

d. Tolok ukur pengalokasian SDM, agar karakter karyawan cocok dengan jenis pekerjaannya.

e. Tolok ukur bagi pengembangan ketrampilan karyawan selanjutnya

Walaupun banyak generasi milenial yang berusaha memperuncing perbedaan antara budaya kerja di korporasi vs startup, sebenarnya keduanya hampir sama saja. Startup adalah kecambahnya korporasi. Semua korporasi awalnya adalah startup, semua startup pun berharap nantinya jadi korporasi. Bagi keduanya, arti deskripsi pekerjaan bagi tiap karyawan adalah sangat penting, demi tercapainya tujuan perusahaan.

Apakah sebenarnya deskripsi pekerjaan itu?

Deskripsi pekerjaan adalah gambaran tugas yang dituliskan demi memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan si pemegang jabatan.

Risiko bekerja tanpa deskripsi pekerjaan

a. Eksploitasi tenaga kerja

b. Wanprestasi karyawan

c. Overlapping wewenang dan kewajiban

d. Tidak ada pedoman motivasi

e. Tidak ada pedoman evaluasi performa kerja

f. Perkembangan keterampilan prematur dan tidak efektif

Arti deskripsi pekerjaan bagi hubungan perusahaan & karyawan

Deskripsi pekerjaan adalah titik tengah bagi harmonisasi relasi perusahaan dengan karyawannya, karena di situlah tercapai suatu keseimbangan rasa keadilan bagi masing-masing pihak, yang memiliki kepentingan berbeda. Deskripsi pekerjaan akan melindungi hak dan tujuan para karyawan, dan memagari tanggung jawabnya, begitu juga halnya dengan hak, tujuan, dan kewajiban perusahaan. Dengan adanya deskripsi pekerjaan yang jelas, potensi terjadinya wanprestasi dari pihak mana pun bisa diminimalisasi.

Korporasi & startup menjunjung tinggi arti deskripsi pekerjaan

Ada perbedaan besar antara perusahaan yang memahami pentingnya manajemen SDM dinamis, dengan perusahaan yang menganut manajemen SDM asal-asalan. Ada perbedaan besar antara perusahaan yang memfasilitasi karyawan dengan program pengembangan minat & karir, dengan perusahaan yang mengeksploitasi ketenagakerjaan, tanpa batas hak dan tanggung jawab yang jelas.

Para pekerja millenial tak perlu buru-buru menjadi phobia terhadap deskripsi pekerjaan, dengan alasan latah bahwa itu akan menjadi belenggu bagi perkembangan karir. Untuk bisa memenuhi ambisi menjadi seorang generalis – yang serba bisa dalam sekejap – caranya bukanlah mencari perusahaan yang tidak menetapkan deskripsi pekerjaan bagi karyawannya, melainkan carilah perusahaan – korporasi maupun startup – yang memfasilitasi para karyawannya dengan PROGRAM – YANG SECARA SISTEMATIS – memungkinkan mereka secara bergilir bertukar deskripsi pekerjaan, sesuai dengan pertumbuhan minat, dengan syarat-syarat performa tertentu yang harus dipenuhi terlebih dulu.

Dengan begitu, kesempatan mengembangkan berbagai ketrampilan dan meningkatkan karir dengan pesat pun akan terbuka luas, tanpa kehilangan esensi standar profesionalitas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait