Pengertian Pertumbuhan Ekonomi dan Faktor-faktornya

pengertian pertumbuhan ekonomi
pengertian pertumbuhan ekonomi

Sebenarnya apa itu pengertian pertumbuhan ekonomi? Untuk menjawabnya, simak ulasan dari redaksi Ajaib tentang pengertian pertumbuhan ekonomi berikut ini,

Selama ini kita hanya memahami bahwa pertumbuhan ekonomi itu bagus dan sebaiknya pemerintah terus mengedepankan pertumbuhan ekonomi. Namun, apakah sebenarnya kita benar-benar mengerti pengertian pertumbuhan ekonomi itu sendiri?

Lalu, memangnya bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi? Apa saja faktor yang mempengaruhinya? Di sini kita akan membahas lebih dalam mengenai pertumbuhan ekonomi.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi atau yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan economic growth, merupakan proses kenaikan output per kapita yang dimiliki suatu negara dalam jangka panjang atau perubahan tingkat kegiatan ekonomi suatu negara yang terjadi dari tahun ke tahun.

Tolak ukur untuk menilai pertumbuhan ekonomi ini adalah GNP (Gross National Product) dan GDP (Gross Domestic Product). Kedua tolak ukur ini membantu perhitungan total output perekonomian suatu negara.

Jika GNP mengukur output produksi perekonomian nasional yang dimiliki warga negara baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri, GDP hanya mengukur output produksi yang ada di dalam negeri saja, tanpa melihat apakah produksi tersebut dihasilkan oleh orang asing atau bukan. Dengan kata lain, GDP berfokus pada lokasinya yaitu lokasi domestik atau lokasi dalam negeri.

Salah satu variabel yang penting untuk diketahui dalam memahami kinerja suatu perekonomian adalah pertumbuhan ekonomi yang biasa dinyatakan dalam persen per tahun. Dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan output peningkatan produksi barang atau jasa dan merupakan proses berubahnya perekonomian dalam periode tertentu.

Ada tidaknya pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa diketahui dengan beberapa pendekatan, yaitu:

Sumber Produksi

Melihat kepada ada atau tidaknya sumber produksi yang bisa dipertahankan dan dimanfaatkan secara efisien. Bahkan jika bisa ditemukannya sumber-sumber produksi baru sehingga akan memperkaya sumber produksi negara.

Tingkat Pendapatan Nasional

Berorientasi pada peningkatan pendapatan nasional yang dihitung dari pendapatan nasional saat ini dibanding dengan pendapatan nasional sebelumnya.

Tingkat Kesejahteraan Masyarakat

Peningkatan kemampuan penghidupan oleh masyarakat suatu negara. Dihitung dari konsumsi potensial saat ini dibanding dengan tingkat konsumsi di periode sebelumnya.

Economic growth ini pun memiliki karakteristik tersendiri. Terlebih untuk yang modern bisa sangat mudah dikenali karakteristiknya. Pertumbuhan ekonomi suatu negara dinilai sebagai kemampuan negara untuk menyediakan barang-barang ekonomi yang terus meningkat bagi penduduknya.

Meningkatnya kemampuan ini berdasarkan kepada kemajuan teknologi dan kelembagaan serta penyesuaian ideologi yang dibutuhkan. Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kenaikan output secara terus menerus adalah salah satu bentuk atau standar yang bisa dijadikan sebagai pengukur dari pertumbuhan ekonomi.

Kemampuan untuk menyediakan berbagai macam barang ekonomi, termasuk barang teknologi, merupakan tanda kematangan ekonomi. Kemajuan teknologi merupakan syarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Penyesuaian kelembagaan, sikap, dan ideologi pun harus dilakukan. Inovasi teknologi tanpa disertai inovasi sosial tidak akan terasa gunanya atau bahkan bisa tidak berguna sama sekali. Akan sangat disayangkan apabila ada potensi tetapi tidak ada input yang melengkapi.

Kemudian, ada beberapa hal atau faktor yang juga turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Beberapa di antaranya adalah:

Kemajuan Teknologi

Ini merupakan faktor yang paling penting bagi pertumbuhan ekonomi. Kemajuan teknolgi didorong oleh cara-cara baru yang hadir untuk memperbaiki atau menyempurnakan cara-cara lama sehingga produktivitas meningkat.

Akumulasi Modal

Semua investasi baru yang berwujud sumber daya manusia, peralatan fisik, dan lahan untuk melakukan kegiatan ekonomi termasuk dalam akumulasi modal. Pabrik, mesin, peralatan, dan alat-alat baru yang membantu untuk meningkatkan tingkat produktivitas dianggap sebagai peningkatan persediaan modal sehingga seharusnya juga memiliki pengaruh untuk dapat meningkatkan pendapatan.

Akumulasi modal akan terjadi jika sebagian dari pendapatan saat ini disimpan dan diinvestasikan untuk memperbesar pendapatan di masa mendatang. Investasi lainnya dalam bidang infrastruktur sosial dan ekonomi seperti air, listrik, jalan raya, komunikasi, dan sanitasi akan mempermudah dan mendorong untuk integrasi kegiatan-kegiatan ekonomi yang sedang berlangsung.

Peningkatan Ekspor

Dengan adanya faktor pendorong peningkatan produktivitas, diharapkan akan terjadinya peningkatan ekspor juga. Kegiatan ekspor ini perlu ditegakkan karena peningkatannya mencerminkan peningkatan pendapatan negara yang berfungsi untuk membiayai pembangunan.

Berkembangnya pembangunan akan mampu untuk menyerap tenaga kerja yang berarti mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan pada akhirnya mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pajak

Sumber pendapatan negara yang utama ini digunakan untuk biaya belanja kegiatan pemerintah, termasuk pembangunan proyek yang juga merupakan bagian dari proses pembangunan. Dengan pembangunan ini, produksi barang dan jasa negara pun bisa meningkat dan akhirnya mampu untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk dan hal lainnya yang berhubungan dengan kenaikan jumlah angkatan kerja dianggap sebagai faktor yang baik dalam merangsang pertumbuhan ekonomi.

Hal ini dikarenakan semakin banyaknya jumlah angkatan kerja suatu negara berarti semakin besar juga tingkat produktivitas suatu negara tersebut yang bisa meningkatkan potensi pasar domestik.

Urbanisasi

Tentunya, peningkatan jumlah angkatan kerja ataupun peningkatan sumber daya tidak bisa mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi apabila daerah di suatu negara masih banyak yang tertinggal.

Di sinilah pentingnya edukasi dan penyuluhan, agar angkatan kerja bisa siap menghadapi dan melakukan kegiatan produktif serta agar sumber daya bisa dimanfaatkan dengan efisien dan sebaik mungkin. Jika kedua ini digunakan dengan maksimal maka peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu negara pun akan lebih mudah untuk dicapai.

Dengan mengetahui pengertian, pendekatan, dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, kamu bisa ikut mencari tahu bagaimana caranya untuk turut berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara ini.

Sebagai generasi milenial yang sedang dalam umur sangat produktif, sudah seharusnya bagi kamu untuk ikut berkontribusi dan membuat negara ini lebih maju lagi. Maka itu, teruslah mencari tahu dan menggali informasi terbaru agar kamu bisa menyalurkan kontribusimu di jalur yang tepat.

Bacaan menarik lainnya:

Sadono Sukirno. (2012). Makroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait