Investasi

Pengertian Pasar Abstrak dan Perbedaannya dengan Pasar Nyata

pasar abstrak

Ajaib.co.id – Pasar abstrak merupakan satu dari dua bentuk atau model pasar yang ada di masyarakat. Namun demikian, perlu kamu tahu bahwa pasar abstrak tentunya tidak menyediakan ruang langsung yang memfasilitasi bertemunya antara para penjual dan juga para pembeli.

Pasar abstrak juga bisa dicontohkan seperti bentuk daripada pasar modal, pasar saham, dan juga tentunya transaksi online atau daring yang saat ini sedang marak atau naik daun.

Sementara itu, para pelaku pasar menilai bahwa pasar abstrak dianggap merupakan pembunuh daripada pasar nyata. Saat ini merupakan zamannya online, sehingga banyak orang-orang yang lebih suka melakukan kegiatan transaksi melalui pasar abstrak.

Apalagi konsep daripada pasar abstrak yang dapat dilakukan secara fleksibel dan bisa di mana saja, dengan ragam pilihan barang yang sangat variatif.

Mengenal Arti dari Pasar

Seperti yang kita ketahui pasar merupakan sebuah lokasi yang digunakan untuk memudahkan dalam melakukan transaksi jual beli atau tempat bertemunya para penjual dan juga pembeli.

Konsep daripada pasar ini juga sering dikaitkan sebagai sebuah tempat melakukan jual beli yang di mana bentuk transaksinya konvensional atau dengan menggunakan mekanisme cara lama.

Adapun pengertian pasar dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, yakni pasar dapat dijelaskan sebagai sebuah tempat yang dapat memfasilitasi pertemuan antata penjual dan pembeli. Oleh sebab itu, maka pasar dapat berada di mana saja tanpa ada batasan dalam ruang dan waktu.

Menurut ekonom ternama William J. Stanton, pasar merupakan sebuah kumpulan daripada orang-orang yang memiliki tujuan untuk mendapatkan rasa puas. Yang mana kepuasan itu berasal dari transaksi pembayaran yang dapat ditukar dengan barang yang diinginkan.

Sementara itu, menurut Simamora pasar merupakan bentuk daripada kelompok masyarakat yang mempunyai kebutuhan dan juga keinginannya dalam memiliki dan membeli barang tertentu di mana mereka nantinya bakal punya kemampuan dalam membeli produk tersebut. 

Pasar sendiri dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu pasar abstrak dan pasar nyata. Untuk lebih jelasnya, simak lebih lengkap artikel di bawah ini.

Apa itu Pasar Abstrak?

Pasar abstrak adalah tempat atau lokasi berlangsungnya aktivitas ekonomi berupa transaksi atau jual beli barang, jasa, dan informasi yang tidak dapat dilihat secara langsung, dan bersifat tidak nyata.

Pasar abstrak ini ada karena dampak perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang dari tahun ke tahun secara masif dan terus menerus. Sehingga, pasar pun mengalami perkembangan dari wujud aslinya.

Pasar  yang dilakukan secara tidak langsung ini ditandai dengan tidak adanya interaksi sosial atau tatap muka antara pihak pembeli dan penjual, dan barang atau jasa yang diperjualbelikan tidak secara nyata jelas terlihat begitu juga tempatnya sendiri.

Pasar ini biasanya dilakukan melalui internet dan melalui perantara atau pialang atau broker dengan memanfaatkan saluran telekomunikasi, seperti telepon, telepon seluler, dan aplikasi jual beli.

Kelebihan & Kekurangan Pasar Abstrak

Adapun kelebihan daripada pasar abstrak yakni di mana pasar abstrak ini dapat dengan mudah diakses dari mana saja kapan pun dan di mana pun. Pasar abstrak ini juga mudah dalam mencari barang yang kamu inginkan dan juga tidak mempersulit kamu sebagai pedagang dan pembeli melakukan transaksi.

Namun demikian ada juga kekurangannya dalam transaksi pasar abstrak, di mana kamu sebagai pembeli, tentunya tidak bisa melakukan pengecekan terkait dengan kondisi barang yang kamu pesan secara langsung. Sementara itu, jika saja terjadi kesalahan, atau juga komplain cukup sulit dilakukan.

Di sisi lain ada juga bentuk daripada kekurangan yang terjadi dari sisi penjual yakni di mana kamu harus percaya pada jasa ekspedisi yang ditetapkan. Padahal dengan jasa ekspedisi bisa saja terjadi kesalahan berupa barang yang hilang, rusak dan lain sebagainya.

Fungsi Pasar Abstrak

Di bawah ini adalah beberapa fungsi pasar abstrak yang harus kamu ketahui.

  1. Tempat atau media transaksi jual beli barang atau jasa secara tidak langsung atau online.
  2. Tempat yang memudahkan pihak penjual dan pembeli untuk bertransaksi setiap waktu dan sepanjang saat tanpa perlu bertemu secara langsung.
  3. Tempat melakukan transaksi tanpa harus menggunakan uang secara langsung.
  4. Tempat melakukan transaksi perdagangan dengan sistem pembayaran  online transfer atau menggunakan kartu kredit atau debit.
  5. Tempat atau media transaksi perdagangan tanpa adanya tawar menawar.

Karena wujudnya yang tidak nyata, maka pihak penjual dan pembeli sangat sulit dibedakan. Serta, seiring perkembangan perangkat elektronik dan internet yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, pasar ini semakin menjamur di semua kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua dan di seluruh tingkatan masyarakat.

Jenis-Jenis Pasar Abstrak

Fungsi pasar abstrak juga bisa dibedakan berdasarkan jenis pasarnya seperti:

1. Pasar modal atau bursa efek

Pasar modal atau bursa efek adalah pasar tempat bertemunya permintaan dan penawaran dana-dana jangka panjang dalam bentuk pembelian dan penjualan surat-surat berharga, seperti saham dan obligasi. Fungsi dari pasar modal ini adalah:

  • Sarana untuk mendapatkan tambahan modal, di mana badan usaha atau perusahaanbisa mendapatkan dana dengan menjual saham atau obligasi ke pasar modal, melalui penjualan saham ini perusahaan akan mendapatkan dana dalam jumlah besar untuk membiayai berbagai proyek.
  • Sarana untuk meningkatkan kapasitas produksi, melalui tambahan modal yang diperoleh di pasar modal sehingga produktivitas perusahaan akan meningkat.
  • Indikasi mengenai situasi perekonomian negara, jika aktivitas penjualan atau pembelian meningkat, maka perekonomian negara akan meningkat pula.

2. Pasar valuta asing

Tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap valuta asing, seperti dolar, yen poundsterling dan sebagainya. Sedangkan fungsi dari pasar valuta asing.

  • Mempermudah penukaran valuta asing serta pemindahan dana dari suatu negara ke negara lainnya.
  • Memperlancar terjadinya kegiatan ekspor-impor.
  • Sebagai tempat berspekulasi.

3. Pasar atau bursa tenaga kerja

Tempat bertemunya permintaan yang datang dari perusahaan dan penawaran yang datang dari tenaga kerja itu sendiri. Sedangkan fungsinya adalah

  • Menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran.

4. Pasar atau bursa komoditas

Tempat bertemunya permintan dan penawaran terhadap barang komoditas yang laku di pasar dunia, seperti kopi, kakao, CPO (Crude Palm Oil) dan sebagainya. Sedangkan fungsinya adalah

  • Memperoleh informasi dan harga produk yang diperjualbelikan.
  • Mengadakan jual beli dengan mengadakan transaksi efektif maupun spekulatif.

Contoh Pasar Abstrak

Ada beberapa contoh pasar abstrak yang bisa kamu temui dengan mudah seperti:

  • Pasar Modal pasar atau tidak jarang disebut dengan bursa efek. Di mana, barang dan jasa yang diperdagangkan dalam bentuk sahamnya.
  • Bursa Saham, sama laksana pasar saham, pasar ini memperdagangkan sebanyak saham dari perusahaan yang telah go public.
  • Telemarket, pasar yang dilaksanakan secara jarak jauh atau melewati perangkat televisi dan sambungan telepon sebagai media komunikasi dalam bertransaksi.
  • Online shopping, jenis pasar yang memperdagangkan jenis barang dan jasa yang diperdagangkan dan perangkat pembayaran yang dilaksanakan melalui online; atau
  • Pasar Komoditas, jenis pasar yang seluruh barangnya diperdagangkan ditentukan oleh sistem pasar dunia, seperti tembakau, kopi, kakao, teh, emas, besi, berlian, dan sebagainya.

Bedanya Pasar Abstrak & Pasar Nyata

Nah, setelah mengupas tuntas pasar abstrak, ini saatnya menjelaskan mengenai pasar nyata. Apa itu pasar nyata? Pasar nyata merupakan konsep daripada pasar yang mana para penjual dan pembeli dapat bertemu dan juga bertatap muka secara langsung.

Dalam pasar nyata ini tentunya bentuk daripada transaksi mampu berlangsung secara tatap muka di mana ini membuat kondisi minim terjadi miskomunikasi dan bentuk daripada penipuan saat melakukan transaksi.

Jika dikulik, pada konsep pasar nyata, para pembeli tentunya dapat melihat dan juga menimbang bahan yang nantinya akan ia beli dengan cara langsung kepada penjualnya.

Dengan begitu, maka kesalahan saat kamu memilih, bertanya dan membeli tentunya tidak akan terjadi. Ini Karena pembelian yang dilakukan secara langsung membuat kamu bisa memilih dengan jeli barang yang kamu inginkan.

Adapun kekurangan daripada pasar nyata dibanding dengan pasar abstrak adalah pasar nyata terkesan kurang praktis dibanding dengan pasar abstrak. Para pembeli di pasar nyata tentunya harus jauh-jauh pergi ke tempat penjual dan bertransaksi menggunakan uang tunai.

Cara Pasar Abstrak Bersaing dengan Pasar Nyata

Nah, lalu bagaimana cara agar pasar abstrak dapat bersaing sehat dengan pasar nyata dan juga mampu mengimbangi kecanggihan teknologi saat ini? Sebenarnya, ada jalan tengah yang dapat dilakukan agar persaingan usaha bisa dilakukan secara sehat antara lain :

  • Pasar nyata dapat lebih fokus sebagai bentuk pasar yang melakukan jual beli daripada barang dengan harga yang lebih terjangkau
  • Di mana pasar nyata dapat memperjualbelikan barang segar yang tak mungkin dikirim melalui jasa ekspedisi
  • Bentuk daripada pasar nyata tentunya akan membuat bentuk atau konsep yang menarik, misalkan bazar atau juga pop-up market.
  • Dalam transaksi di pasar nyata kamu tentunya bisa melakukan bentuk daripada terobosan hybrid. Yang dimaksud dengan terobosan hybrid adalah pemilik pasar nyata yang mampu dan dapat turut menjual barang melalui pasar abstrak dengan bentuk dan bantuan daripada aplikasi pengantar makanan atau juga aplikasi e-commerce
  • Dalam konsep pasar nyata tentunya harus mampu melakukan reduksi daripada biaya sewa dengan tidak melakukan pembukaan toko yang cukup besar sehingga modal dapat dialokasikan untuk mencukupi belanja produk.
  • Selain itu, dalam konsep pasar nyata tentunya juga bisa ikut serta dalam berbagai event tertentu, seperti car free day.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pasar abstrak yang harus kamu ketahui. Salah satu pasar abstrak yang bisa kamu coba adalah Ajaib. Di mana, Ajaib merupakan salah satu pasar abstrak yang membantu kamu melakukan transaksi jual beli reksa dana dan saham.

Di Ajaib, kamu bisa melakukan investasi reksa dana maupun saham dengan lebih mudah, kapan dan di mana saja secara online dengan modal mulai dari Rp10 ribu.

Artikel Terkait