Pengertian Obligasi dan Aspek Penting di Dalamnya

pengertian obligasi
pengertian obligasi

Pengertian obligasi terkadang bisa membuat kita bingung. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan mengulas pengertian obligasi agar lebih mudah untuk dipahami. Simak paparan berikut ini.

Di dunia yang sudah semakin bergerak maju, investasi adalah salah satu cara untuk meminimalisir risiko jika pada suatu saat nanti kamu tidak lagi memiliki pemasukan. Dalam pengaplikasiannya, saham menjadi salah satu instrumen investasi yang populer karena sifatnya yang mudah. Nah, bagi kamu yang sudah berinvestasi di dunia saham dan ingin mencoba instrumen investasi lain, atau investor baru yang ingin mencoba berbagai instrumen investasi, obligasi bisa mulai kamu pertimbangkan.

Guna menjamin kamu tidak salah, berikut pengertian obligasi yang mesti kamu ketahui.

Pengertian Obligasi

Obligasi adalah instrumen pendapatan tetap atau dikenal juga dengan nama surat pernyataan utang yang kepada obligasi yang diterbitkan. Dengan bahasa mudahnya, pihak yang menerbitkan adalah adalah pihak yang berutang dan sebaliknya, pemegang obligasi adalah pihak yang berpiutang.

Obligasi secara garis besar adalah upaya menghimpun dana dari masyarakat yang akan digunakan sebagai sumber dana. Sama seperti saham yang diperjualbelikan, obligasi pun juga begitu. Namun, perbedaan yang signifikan adalah menjual atau membeli saham bisa dilakukan di Bursa Efek Indonesia, sementara obligasi lebih kepada kesepakatan antara penerbit dan pembeli.

Inti Obligasi

Pemerintahan pada taraf apapun dan perusahaan biasanya menggunakan obligasi untuk meminjam uang. Perusahaan membutuhkan dana untuk membangun jalan, rumah, tanggul atau infrastruktur lainnya. Atau biaya karena perang juga terkadang membutuhkan dana tambahan.

Serupa, perusahaan sering meminjam uang untuk mengembangkan perusahaan mereka, membei properti dan perlengkapan, hingga menambah tenaga kerja baru. Masalah yang kerap muncul untuk organisasi besar adalah terkadang mereka membutuhkan uang yang lebih besar daripada yang biasa disediakan oleh bank. Sehingga obligasi kerap menjadi solusi.

Bagaimana Obligasi Bekerja

Obligasi dianggap sebagai sekuritas pendapatan tetap dan adalah salah satu dari 3 bentuk investasi yang familiar. Tentunya bersama dengan saham dan dana tunai.

Banyak obligasi perusahaan dan perusahaan diperjualbelikan secara publik: sementara ada juga yang dijual secara privat antara pemilik dan pembeli.

Ketika perusahaan atau entitas lain perlu mendapatkan uang untuk menyuntik dana kepada proyek baru, menjaga operasi yang telah berjalan atau membayar utang, mereka akan menjual obligasi langsung kepada para investor.

Pemilik biasanya akan melepas obligasi dengan perjanjian, bunga pembayaran yang harus dibayarkan dan periode pembayaran penuh. Bunga pembayaran adalah keuntungan yang diberikan kepada pembeli obligasi. Besarnya bunga biasanya disebut sebagai rate coupon.

Pemahaman mendasar ini mungkin akan terkesan biasa bagi kamu yang sudah lama berkecimpung di investasi obligasi. Namun, bagi para pemula, memahami konsep dasar dari obligasi bisa menentukan kinerja kamu di dunia investasi obligasi secara keseluruhan, juga melatih kepekaan obligasi yang potensial.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait