Pengertian Merger beserta Tujuan, Jenis, dan Contohnya

pengertian merger
pengertian merger

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang masih bingung dengan pengertian merger, tidak perlu risau. Karena, redaksi Ajaib akan membagikan apa itu pengertian merger beserta contoh-contohnya. Untuk itu, simak ulasan berikut ini.

Mungkin kamu sering mendengar istilah merger, namun kurang paham dengan pengertian merger itu sendiri. Pendeknya, pengertian merger adalah suatu proses penggabungan dua perseroan dimana salah satu perseroan tetap berdiri dan menggunakan nama perseroannya. Sementara itu perseroan yang lain lenyap dimana semua kekayaannya dimasukkan ke dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut.

Ada juga yang menyebutkan bahwa pengertian merger adalah penggabungan dari dua bentuk perusahaan menjadi satu, dimana perusahaan yang melakukan merger, nantinya akan mengambil alih semua aset dan kewajiban perusahaan yang akan menerima merger.

Merger adalah salah satu cara dalam melakukan ekspansi eksternal perusahaan yang dilakukan dengan cara menggabungkan dua perusahaan atau lebih. Disisi lain, hanya ada satu nama perusahaan yang tetap berdiri sedangkan perusahaan lainnya bubar atas dasar hukum tanpa likuidasi terlebih dahulu.

Adapun beberapa pengertian merger menurut para ahli, supaya bisa memahami pengertian merger, antara lain :

Abdul Moin

Analis ekonom senior Abdul Moin (2003) mengatakan pengertian daripada merger adalah penggabungan sebanyak dua perusahaan atau lebih yang kemudian nantinya hanya ada satu perusahaan yang berkedududukan tetap sebagai badan hukum, sementara yang lainnya menghentikan aktivitasnya.

Perusahaan yang nantinya akan dibubarkan ini akan mengalihkan aktiva dan kewajibannya ke perusahaan yang mengambil alih perusahaan sehingga perusahaan yang kemudian mengambil alih akan mengalami peningkatan aktiva.

M.E. Hitt

Menurut ahli M.E. Hitt, merger adalah suatu bentuk strategi bisnis yang diterapkan dengan menggabungkan antara dua atau lebih perusahaan yang mana perusahaan ini menyetujui untuk menyatukan kegiatan operasionalnnya dengan basis yang relatif seimbang. Ini dlakukan perusahaan karena sumber daya dan kapabilitas yang secara bersama-sama dapat menciptakan keunggulan yang kompetitif yang lebih kuat.

Zaki Baridwan

Menurut ekonom dan pengamat Zaki Baridwan (Hamid 1998), sebuah merger adalah proses pengambilalihan sebuah bentuk saham yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada perusahaan lain dimana perusahaan yang sahamnya diambil alih tersebut tidak lagi menjadi perusahaan yang berdiri sendiri, namun sudah berbaur dalam bagian dari perusahaan yang telah mengambil alih.

Floyd A. Beams dan Amir Abadi Yusuf

Menurut ahli Floyd A. Beams dan Amir Abadi Yusuf (2000), arti dari merger adalah proses pengambilalihan yang dilakukan oleh suatu perusahaan terhadap seluruh operasi dari entitas usaha lain dimana entitas yang telah diambilalih tersebut kemudian akan dibubarkan.

Adapun beberapa jenis merger yang secara umum bisa dilihat seperti proses merger yang dapat dikelompokkan ke dalam empat jenis, antara lain sebagai berikut:

Merger Horizontal

merger horizontal adalah proses merger yang mana nantinya akan menggabungkan dua perusahaan atau lebih dengan bentuk atau jenis usahanya masih sama. Misalkan saja, merger perusahaan antara perusahaan tekstil, merger antara perusahaan makanan dan banyak lagi.

Merger Vertikal

merger vertikal adalah sebuah proses merger yang meleburkan beberapa perusahaan yang saling berhubungan. Miisalkan saja dalam alur produksi yang berurutan, contohnya perusahaan baja merger dengan perusahaan transportasi.

Konglomerat

Konglomerat adalah merger yang menggabungkan beberapa perusahaan dan menghasilkan produk yang sudah tidak ada kaitanya satu sama lainnya. Misalnya perusahaan perusahaan makanan yang melakukan merger dengan perusahaan transportasi. Adapun tujuan dari konglomerat ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan sebuah badan usaha dengan cara saling bertukar saham antara perusahaan yang selanjutnya akan dileburkan..

Merger Kon Generik

merger Kon Generik adalah proses merger yang mana nantinya akan menggabungkan dua perusahaan atau lebih dalam bentuk usahanya yang masih erat kaitannya, namun berbeda produk. Misalkan saja, merger antara Bank dengan perusahaan permodalan..

Nah, lalu apa tujuan dari merger perusahaan ? Merger dilakukan dengan banyak alasan tertentu. Namun secara pasti merger bertujuan membuat perusahaan semakin kuat dan dan kokoh dalam menapaki bisnisnya kedepan.

Pertumbuhan atau Diversifikasi

Sebuah perusahaan bisa melakukan merger ataupun akuisisi jika perusahaan ingin bertumbuh secara lebih cepat, baik dari segi ukuran, pasar saham, maupun dalam diversifikasi usaha.

Meningkatkan Dana

Apabila perusahaan berkeinginan melakukan ekspansi secara internal pasti akan membutuhkan dana, oleh dari sebab itu, maka kebutuhan dana tentunya dapat diperoleh dengan melakukan ekspansi eksternal, yakni dengan menggabungkan diri pada perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi.

Menciptakan Sinergi

Adapun salah satu tujuan dalam melakukan merger adalah guna mencapai suatu sinergi yang menghasilkan tingkat skala ekonomi. Sinergi akan terlihat jelas saat perusahaan melakukan peleburan dengan bisnis yang berbentuk usaha yang sama karena dapat melakukan efisiensi dalam hal tenaga kerja dan fungsinya.

Pertimbangan Pajak

Dalam pengeluaran untuk biaya pajak bisa saja kamu mengakibatkan sebuah kerugian bagi suatu perusahaan. Pada perusahaan yang mengalami kerugian pajak dapat meleburkan diri dengan perusahaan yang menghasilkan laba dalam memanfaatkan kerugian pajak. Untuk hal ini perusahaan yang melakukan akuisisi akan menaikkan kombinasi pendapatan sesudah pajak dengan melakukang pengurangan pendapatan sebelum pajak dari perusahaan yang telah diakuisisi.

Meningkatkan Keterampilan Perusahaan

Suatu perusahaan mampu mengalami kesulitan dalam melakukan pengembangan karena kurangnya keterampilan dalam hal manajemen dan teknologi. Agar dapat mengatasi masalah, maka suatu perusahaan dapat bergabung dengan perusahaan lainnya yang memiliki manajemen dan teknologi yang mencukupi.

Itulah penjelasan mengenai merger, untuk lebih jelas dalam mengetahui beragam informasi ekonomi kamu bisa mengakses halaman Ajaib. Selamat mencoba!

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait