Pengertian Marketing, dan 4 Faktor Penting di Dunia Marketing

Pengertian Marketing
Pengertian Marketing

Marketing mempunyai peranan penting dalam memperkenalkan produk ke masyarakat. Perannya sangat penting dalam meningkatkan pendapatan sebuah perusahaan. Jika marketing tersebut sukses dalam memasarkan produk hingga banyak kalangan masyarakat menggunakannya, maka akan otomatis perusahan itu akan menambah pundi-pundi keuntungan.

Pada dasarnya, ini adalah proses manajemen di mana produk dan layanan bergerak menuju ke pelanggan. Ini mencakup identifikasi suatu produk, menentukan permintaan, menentukan harganya, dan memilih saluran distribusi. Marketing juga termasuk mengembangkan dan menerapkan strategi promosi. Berikut pengertian marketing dan hal yang berkaitan dengan dunia marketing.

Apa Itu Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Marketing adalah proses untuk mendapatkan klien atau pelanggan potensial yang tertarik dengan produk dan layanan Anda. Kata kunci dalam pengertian marketing di sini adalah “proses”; setiap marketing terlibat dalam  penelitian, promosi, penjualan, dan distribusi produk atau layanan Anda.

Maketing harus dapat memahami tentang perilaku pasar dan konsumen dan menganalisis manajemen komersial perusahaan agar dapat menarik, memperoleh, dan mempertahankan pelanggan (mudah-mudahan mendapatkan loyalitas mereka) dengan memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.

4 Faktor Penting yang Menjadi Landasan Dunia Marketing

Di dalam duni marketing ada empat faktor penting yang menjadi landasan:

1. Produk

Memiliki produk adalah kunci dan faktor utama dalam dunia marketing. Suatu produk akan menjadi apa saja yang dapat ditawarkan perusahaan kepada konsumen yang mungkin membutuhkannya. Marketing harus bisa memotivasi konsumen agar merasa perlu untuk memiliki produk tersebut.

2. Tempat

Lokasi untuk mendapatkan sebuah produk tersebut seharusnya yang strategis, ini dapat berupa apa saja dari toko online (e-commerce) hingga toko fisik di berbagai kota dan negara. Tujuan dari strategi ini adalah untuk memungkinkan klien potensial memiliki akses mudah ke produk/layanan yang Anda tawarkan.

3. Harga

Bagaimana Anda dalam menetukan harga pada produk dan layanan adalah keputusan yang sangat penting dalam strategi pemasaran; faktor ini mempengaruhi faktor lain seperti:

  • Margin yang ingin Anda akan dapatkan.
  • Target pasar apa yang ingin Anda capai? Daya beli apa yang dimiliki konsumen Anda? Apakah Anda ingin masuk ke pasar mewah atau di pasar yang menengah ke bawah?
  • Tujuan keuangan perusahaan.
  • Bagaimana kompetisi memberi harga produk mereka dan apa saja pengganti produk yang mungkin ada?
  • Tren dan mode.
  • Peningkatan harga agar memberikan persepsi kualitas yang lebih baik.

4. Promosi

Ini mengacu pada semua tindakan pemasaran dan komunikasi yang Anda lakukan untuk meredakan manfaat dan karakteristik produk atau layanan Anda di pasar. Inilah cara Anda dalm meningkatkan penjualan.

Macam-Macam Jenis Marketing

Ada berbagai jenis marketing yang dapat Anda jumpai saat ini. Pada umumnya jenis marketing terbagi menjadi tiga, yaitu :

1. Berdasarkan Target Pasar

  • Business to Business (B2B) Marketing, yakni teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang menargetkan perusahaan lain, biasanya dengan produk yang memajukan bisnis.
  • Business to Consumer (B2C) Marketing, yakni teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang menargetkan konsumen pada umumnya.
  • Consumer to Consumer (C2C) Marketing, yakni teknik pemasaran yang dilakukan oleh sesama konsumen kepada konsumen lainnya.
  • Business to Government (B2G) Marketing, yakni teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada instansi pemerintah, biasanya dilakukan dengan lebih eksklusif.

2. Berdasarkan Teknik Pemasaran

  • Word of Mouth (WOM), yakni teknik pemasaran dengan menggunakan komunikasi lisan dan informasi yang lewat dari orang ke orang.
  • Guerrilla Marketing, yakni teknik pemasaran gerilya yang tidak konvensional, berpotensi interaktif dan ditempatkan di tempat-tempat yang tidak terduga.
  • Affiliate Marketing, yakni teknik pemasaran di mana bisnis memberikan imbalan kepada satu atau lebih afiliasi, ketika mereka berhasil membawa pelanggan ke bisnis tersebut.
  • Database Marketing, yakni teknik pemasaran langsung menggunakan database pelanggan atau pelanggan potensial, untuk menghasilkan komunikasi pribadi untuk mempromosikan produk atau jasa.

3. Berdasarkan Alat yang Digunakan

  • Telemarketing, yakni metode pemasaran langsung, dimana seorang penjual mengumpulkan sejumlah calon konsumen untuk membeli produk atau jasa, dengan menggunakan telepon.
  • Digital Marketing, yakni teknik pemasaran yang menggunakan segala bentuk saluran periklanan digital untuk menjangkau konsumen, baik televisi, internet, media sosial maupun website.
  • Direct Mail Marketing, yaitu pemasaran langsung dalam bentuk iklan brosur, distribusi katalog, surat promosi dan iklan jalanan.

Itulah pengertian marketing, beserta faktor penting dan jenis-jenis marketing. Semoga akan menambah ilmu Anda, menjadi tahu langkah strategi marketing apa yang akan diambil agar produk atau jasa Anda lebih dikenal masyarakat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait