Pengertian Keluarga Milenial dan 5 Tipe dalam Mengasuh Anak

pengertian keluarga milenial
pengertian keluarga milenial

Berbicara mengenai keluarga milenial, mungkin beberapa dari kamu masih bingung apa itu pengertian keluarga milenial. Sebelum jauh membahas mengenai pengertian keluarga milenial, ada baiknya jika kamu mengetahui sistem pengelompokan generasi dimana generasi tertua yang lahir sebelum tahun 1660 disebut dengan Baby Boomers.

Selanjutnya ada generasi X yang lahir antara tahun 1961 hingga 1980. Selanjutnya generasi Y yang lahir pada tahun 1981 – 1994 atau disebut juga dengan milenial. Selajutnya generasi Z yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010 dan generasi Alpha yang lahir antara tahun 2011 hingga saat ini.

Siapa Itu Keluarga Milenial

Pengertian keluarga milenial adalah sebuah keluarga yang pemimpin keluarganya baik ibu dan ayah adalah orang yang lahir antara tahun 1981 hingga 1994. Dalam sistem pemikiran, jelas generasi Y atau milenial berbeda dari Baby Boomers dan generasi X.

Selain hidup di era pembauran teknologi, generasi Y ditawarkan sebuah fasilitas yang membuat semua informasi menjadi lebih cepat tanpa mengenal batasan waktu.

Sedangkan untuk pola pikir dan karakter generasi Y dapat dikatakan lebih visioner dan inovatif melakukan terobosan-terobosan dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Perbedaan antara generasi Y dengan generasi X dan Baby Boomers adalah generasi Y cenderung terbuka dalam menyikapi bentuk kritik untuk kemajuan. Sedangkan generasi X dan Baby Boomers cenderung terjebak dalam konsep jadul.

Selanjutnya keseimbangan dalam hidup menjadi prioritas generasi Y. Oleh sebab itu, generasi Y umumnya mencari pekerjaan yang mampu menunjang gaya hidup seimbang mereka. Dalam urusan pengasuhan Annak keluarga milenial juga memili cara tersendiri, yakni :

Menentang Norma Sosial Tradisional

Dalam mendidik anak, orangtua milenial cenderung lebih berpikiran terbuka daripada generasi x dan baby boomers yang lebih konvensional. Keluarga milenial umumnya berusaha dalam membentuk sebuah keluarga modern.

Selain itu keluarga milenial juga mengutamakan sebuah bentuk kerja tim yang dilakukan dengan efisien. Keluarga milenial juga lebih menjunjung tinggi kesetaraan gender dalam menjalankan pekerjaan.

Kuat dalam Penggunaan Media Sosial

Generasi Y atau milenial umumnya lebih memiliki ketergantungan terhadap media sosial. Untuk perkembangan buah hati, keluarga milenial umumnya berkiblat pada media sosial dan kecanggihan internet.

Orang tua milenial juga umumnya banyak belajar pola asuh anak melalui internet dengan cara sharing di forum atau berbagi cerita. Namun demikian para orang tua milenial paham betul dampak negative teknologi dan informasi melalui sosial media, sehingga banyak yang memberi pengaturan privasi dalam profil mereka.

Reflektif

Berbeda dari generasi sebelumnya, milenial jugtru bukan tipe orang tua yang terlalu mengekang anak. Orang tua milenial mengutamakan pendekatan yang membangun sikap responsif anak tanpa intimidasi.

Umumnya orang tua milenial sangat menghargai waktu bermain bersama anak dengan penjadwalan yang terstruktur. Milenial bahkan memberikan ruang untuk anak berkembang dan menjadi apapun yang mereka inginkan.

Pola pendekatan yang lebih demokratis dan mengikutsertakan anggota keluarga dalam proses pengambilan keputusan adalah ciri keluarga milenial.

Menumbuhkan Identitas Diri Anak

Orangtua milenial memiliki peran dalam setiap aspek kehidupan anaknya. Dengan pemanfaatan teknologi yang terus berevolusi anak dari generasi milenial umumnya dipersiap sesempurna mungkin untuk menjalani masa depannya.

Bahkan orang tua milenial mempersiapkan banyak hal sebelum merencanakan memiliki Anak. Shingga anak yang lahir dari orang tua milenial lebih terorganisir dan terencana masa depannya.

Bacaan menarik lainnya:

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait