Cryptocurrency

Pengertian & Karakteristik Bitcoin yang Perlu Kamu Ketahui!

Pengertian & Karakteristik Bitcoin yang Perlu Kamu Ketahui!

Apakah kamu memiliki rencana untuk investasi Bitcoin atau uang digital? Apabila kamu memang mempunyai rencana tersebut, sebaiknya perlu mengetahui banyak hal mengenai uang digital ini. Usahakan untuk tidak asal-asalan dalam melakukan investasi atau penanaman modal uang digital ini. Hanya karena mendengar bahwa investasi uang digital ini sangat menggiurkan, nilainya senantiasa mengalami kenaikan, dan sebagainya. Maka dari itu, supaya penanaman modal uang digital tersebut dapat berjalan dengan lancar, serta memberi keuntungan. Silahkan simak ulasan tentang bitcoin dan temukan karakteristik bitcoin secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah uang elektronik yang dimanfaatkan sebagai transaksi atau penanaman modal internasional. Uang elektronik tersebut diluncurkan oleh suatu tim dengan nama Satoshi Nakamoto di tahun 2009.

Ia juga dihubungkan dengan peranti lunak atau software yang ia format dengan memanfaatkan jaringan peer to peer yang memiliki administrator tunggal. Pada unit keuangan negara Amerika Serikat, uang elektronik ini adalah mata uang yang terdesentralisasi. 

Maka di negara tersebut, transaksi dengan memanfaatkan uang elektronik ini sudah sering dilakukan. Selain itu juga digunakan sebagai penanaman modal jangka panjang. Uang elektronik ini diciptakan sebagai pengganti serta mengubah buku-buku kas yang seringkali dilakukan pihak bank.  

Apakah kamu tahu, tiap-tiap lembaga keuangan biasanya mempunyai buku keuangannya sendiri. Tentu saja akan membutuhkan waktu yang banyak, biaya, serta energi untuk mengoperasikan transaksi yang sedang berjalan. Maka dari itu, para consumer ditarik tambahan biaya atau charge

Bitcoin Dimanfaatkan Sebagai Sistem Pembayaran yang Sah

Sebagai pembayaran di era saat ini telah jauh mengalami perkembangan jika dibanding era sebelumnya. Apabila zaman dahulu menggunakan konsep barter. Misalnya, telur ditukar dengan buah, serta barter lainnya. 

Kemudian berlanjut dengan konsep pembayaran menggunakan mata uang, di mana seseorang harus memiliki uang untuk mendapatkan yang ia inginkan. Lalu terus mengalami perkembangan hingga saat ini dengan adanya uang dalam bentuk virtual.

Saat ini transaksi pembayaran sudah dapat dilakukan secara online. Kamu dapat berbelanja di marketplace online yang tersedia di Indonesia atau di luar negeri. Seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Wallmart, Amazon, Alibaba, Tmall, JD.ID, dan sebagainya.

Sebagian dari marketplace ini juga sudah mempunyai uang elektroniknya sendiri yang bisa dimanfaatkan untuk transaksi belanja pada marketplace tersebut. Kamu hanya cukup melakukan pengisian saldo dengan mentransfer dari bank. 

Bank sendiri memanfaatkan praktie kas yang memperlihatkan riwayat dari tiap-tiap akun dan memperlihatkan orangnya membeli apa serta berapa jumlah pembeliannya. Dengan demikian, bank tentunya juga memiliki kontrol atas rekening kamu. 

Bank akan memastikan bahwa semua transaksi pembayaran yang kamu lakukan berlangsung secara aman. Seluruh prosedur transfer tersebut merupakan peralihan nominal angka antar bank. 

Kamu tidak perlu merasa cemas. Karena dengan demikian, bank senantiasa mempunyai unit manajemen risiko. Sebagai divisi yang bertugas untuk memastikan semua transaksi pembayaran berlangsung dengan aman. Juga tanpa adanya kecurangan sedikitpun.

Perbedaan tersebut kembali lagi dengan bentuk transaksi melalui uang elektronik. Bitcoin merupakan model mata uang digital atau elektronik melalui sinkronisasi penuh pada internet. Maka dari itu, seluruh pemakai uang elektronik bisa melakukan akses pada akun kas masing-masing dengan realtime. Kapan saja dan di mana saja.

Apabila kamu sedang melakukan perjalanan ke luar negeri kamu dapat mengakses akun kas sendiri. Begitu pula jika kamu sedang travelling ke destinasi domestik. Proses operasi uang digital tidak berbeda dengan melakukan transfer ke bank. Memanfaatkan kartu kredit, dan melangsungkan aktivitas transaksi belanja online

Namun, pola transaksi dengan menggunakan uang digital tersebut jauh lebih baik. Kamu dapat memanfaatkan uang elektronik untuk belanja online di semua marketplace yang ada di dunia. Selain itu juga dapat digunakan untuk menerima gaji, mentransfer dana ke keluarga atau sahabat, serta transaksi lainnya. Jadi, uang elektronik atau digital ini memiliki manfaat sebagai metode transaksi yang legal atau sah.

Memiliki Sifat ‘Open Manner’

Seperti yang sudah kami ulas, uang digital ini ditemukan sekelompok tim dari negara Jepang, yang mengenalkan diri sebagai Satoshi Nakamoto. Metode tersebut dibuat bersifat terbuka yang artinya merupakan kode sistem bisa langsung diamati secara global.

Dengan demikian, dalam metode uang digital ini tidak ada yang tersembunyi. Termasuk dari pembuatnya dan juga tidak ada kepentingan lainnya.

Bitcoin Seperti Halnya Investasi Emas

Pada masa sekarang telah banyak orang yang memiliki sebuah pandangan bahwa investasi emas merupakan investasi yang mempunyai nilai yang tinggi. Nilai emas memang selalu meningkat. Selain itu, karena barang tersebut semakin langka. Emas juga memiliki harga yang cenderung stabil, serta tidak mudah untuk dipalsukan.

Seperti halnya dengan uang elektronik yang memiliki karakteristik layaknya investasi emas. Banyaknya uang elektronik di seluruh dunia ini terbatas. Total cuma ada 21 juta saja. 1 Bitcoin setara dengan 100 juta, tidak berbeda dengan emas per gram. Kamu juga bisa membeli bitcoin kurang dari 1 uang digital.

Uang digital tersebut tidak mengalami degradasi. Kamu dapat mengalihkan uang digital ini di mana saja, terlepas dari jumlahnya. Itulah alasan mengapa uang digital disamakan emas digital. 

Bahkan proses penanaman modalnya tidak berbeda dengan investasi emas secara umum. Perlu kamu ketahui, jika bitcoin atau uang digital ini sering disebut sebagai emas 2.0. Apabila kamu memiliki ketertarikan untuk investasi emas, bisa jadi memiliki ketertarikan yang sama untuk investasi uang digital ini. 

Uang Digital Tidak Bisa Dikontrol

Bitcoin dikenal dengan sebutan desentralisasi, sebab uang digital tersebut sama halnya dengan internet yang tidak memiliki gate keeper. Atau tidak dimiliki siapapun. Sehingga, uang digital menjadikan banyak orang untuk berkembang, serta mempunyai inovasi sebesar-besarnya. Kapan saja dan di mana saja. 

Kamu dapat melakukan inovasi di luar negeri maupun di dalam negeri, serta dapat melakukannya di siang hari atau malam hari. Tidak seperti mendatangi bank yang harus dilakukan pada pagi hingga sore hari. Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir soal waktu dan tempat. 

Strategi Penanaman Modal Bitcoin Secara Optimal

Sebuah investasi tentu saja tidak akan terbebas dari berbagai dampak dan risiko. Apabila ada yang mengatakan jika terdapat investasi yang sama sekali bebas dari risiko, maka perlu diuji kebenarannya. Dampak tersebut juga berpotensi membuat investor merugi. 

Supaya hal itu bisa dihindari, sangat penting bagi kamu memiliki strategi penanaman modal uang digital secara optimal. Hal itu supaya investasi dapat berlangsung secara lancar, sehingga penanaman modal uang digital tetap menghasilkan keuntungan. 

Pengetahuan mengenai strategi tersebut dapat kamu peroleh dari teman atau sahabat yang memiliki pengalaman dalam investasi uang digital. Selain itu juga bisa kamu cari ilmu ini melalui internet. Sebaiknya, kamu mengikuti kelas investasi uang digital yang digelar oleh lembaga atau pihak tertentu. Supaya pengetahuan tentang investasi uang digital terus bertambah.

Bacaan menarik lainnya:

European Central Bank. (2012). Virtual Currency Schemes. Germany: European Central Bank.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait