Ajaib, Investasi

Pengertian Investasi dan Kenapa Perlu Memahaminya?

pengertian-investasi

Pengertian invetasi kerap disalahartikan sebagai upaya penanaman modal belaka. Padahal ada banyak cara untuk berinvestasi baik itu berupa investasi properti, investasi saham, menyimpan mata uang asing, reksa dana atau investasi emas.

Banyak yang pula yang salah arah dengan menggap menabung salah satu bentuk investasi. Padahal tujuan investasi ialah menjaga dan meningkatkan nilai aset yang dimiliki dengan mendapatkan keuntungan.

Menabung di rekening regular bukan salah satu jenis investasi karena memang suku bunga yang didapatkan sangat rendah. Berbeda jika mengambil tabungan berjangka atau deposito yang nilai investasinya cukup bersaing.

Secara umum, orang pada waktu yang lalu biasanya berinvestasi dalam bentuk emas, properti atau menanamkan modal pada usaha yang dinilai menjanjikan. Cara untuk investasi ini memang tidak buruk namun hasilnya tidak sebanding dengan pesatnya perkembangan inflasi saat ini.

Saat ini orang semakin sadar pentingnya berinvestasi pada instrumen pasar keuangan. Pengertian investasi modern ini yang kemudian memberikan peluang keuntungan yang lebih baik. Hasilnya bukan hanya sekedar mempertahankan nilai aset saja namun bahkan sanggup meningkatkan nilainya dan melampaui tingkat inflasi jika dilakukan dengan benar.

Pengertian Investasi, Bagaimana Kamu Bisa Kaya Karenanya

Pengertian investasi dalam bahasa yang sangat sederhana mungkin adalah tabungan jangka panjang. Kamu berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan yang pasti akan dikeluarkan dalam kurun waktu yang panjang. Misalnya saja pendidikan anak, keinginan jalan-jalan ke luar negeri, KPR rumah atau bahkan dana pensiun.

Semua kebutuhan tersebut akan sangat sulit dipenuhi jika kamu tidak bisa mengatur keuangan dengan baik termasuk dengan berinvestasi. Mungin kamu bekerja keras sepanjang waktu namun hasilnya belum tentu sepadan jika tidak mengembangkan uangmu dengan cerdas.

Walaupun tidak sepenuhnya salah, tapi menjawab pertanyaan tentang apa itu investasi tentunya butuh penjelasan yang lebih panjang. Investasi telah menjadi bagian hidup manusia dari berbagai lapisan ekonomi hingga umur. Orang tua kita dulu, mengenal investasi emas dengan cara membeli dan menjual di toko emas.

Biasanya, proses kurasi mereka dalam menjual akan berhenti ketika menemukan toko yang ingin membeli emas dengan harga tinggi. Bisa pula ketika mendapati harga jual emas sedang tinggi dan dananya dialihkan ke hal lain misalnya pembangunan properti.

Sedangkan generasi milenial mungkin memandang investasi dengan cara memiliki deposito, tabungan berjangka, reksa dana atau memiliki apartemen. Tiga jenis investasi pertama menghasilkan dari suku bunga maupun imbal hasil yang ditawarkan. Sedangkan memiliki apartemen bisa disewakan dan dengan harapan nilainya akan naik seiring waktu.

Dari kedua contoh di atas, maka pengertian apa itu investasi tentunya berbeda di antara dua generasi. Tapi tentunya bagi investor pemula, memahami apa itu investasi secara mendasar adalah modal untuk menambah kepercayaan diri ketika ingin berinvestasi.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut jawaban dari apa itu investasi dan pengertian investasi secara mendalam.

#Apa itu investasi?

Investasi adalah aset atau barang yang ditujukan untuk mendapatkan pemasukan atau apresiasi. Dalam dunia ekonomi, investasi adalah pembelian produk yang tidak dikonsumsi hari ini tapi digunakan di masa depan untuk menciptakan kekayaan.

Dalam dunia finansial, investasi adalah aset moneter atau berhubungan dengan uang yang dibeli dengan tujuan bahwa aset tersebut akan memberikan pendapatan di masa depan atau nantinya dijual dengan harga yang lebih tinggi untuk keuntungan. Apa itu investasi terjawab dalam paragraf ini.

#Memahami Investasi dan Keuntungan yang Bisa Diberikan

Investasi adalah upaya untuk membuat uang bekerja untuk memulai atau mengembangkan proyek, atau bisa juga untuk membeli aset dan menghasilkan bunga. Lalu uang tersebut nantinya ditujukan untuk memberikan pemasukan dan memiliki nilai yang meningkat seiring berjalannya waktu.

Istilah investasi bisa mengacu kepada mekanisme apapun yang digunakan untuk mendapatkan pendapatan di masa depan. Dalam dunia finansial, ini termasuk pembelian obligasi, saham, properti, dll. Sebagai tambahan, bangunan yang baru dibangun atau fasilitas uang digunakan untuk menghasilkan produk juga bisa dianggap sebagai investasi.

Produksi yang menghasilkan produk untuk digunakan menghasilkan produk lainnya juga bisa dianggap sebagai investasi. Mengambil langkah tertentu dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan di masa depan juga bisa masuk klasifikasi apa itu investasi.

Contohnya, ketika memilih mengejar tambahan edukasi, tujuan yang ada biasanya untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah keterampilan dengan harapan pada akhirnya bisa mendapatkan pendapatan lebih.

Karena investasi berorientasi kepada pertumbuhan atau pemasukan di masa mendatang, ada risiko bahwa investasi bisa tidak berjalan dengan lancar. Contohnya adalah berinvestasi pada perusahaan yang pada akhirnya bangkrut.

 #Jenis-Jenis Investasi yang Harus Diketahui Pemula

Setelah mengetahui apa itu pengertian investasi, berikutnya kamu perlu tahu jenis investasi yang ada di sekitar kita. Investasi-investasi di bawah ini merupakan investasi yang sering dilakukan antara lain:

a. Investasi Saham

Investasi saham merupakan investasi yang paling populer saat ini. Pengertian investasi saham adalah membeli saham sebuah perusahaan yang pada akhirnya ketika perusahaan itu meraih keuntungan, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan itu.

Investasi saham bisa dikatakan sebagai investasi yang paling membawa keuntungan tinggi, tapi kerugiannya pun tinggi juga karena harga saham ini paling tidak menentu. High risk, high return.

b. Investasi Properti

Pengertian investasi properti adalah kamu melakukan penanaman modal pada sebuah bangunan atau bisa juga mendirikan sebuah bangunan yang nantinya bisa mendatangkan pemasukan. Yang paling umum yang bisa kamu lakukan adalah mendirikan indekos.

Investasi properti ini adalah investasi jangka waktu yang lebih panjang karena bisa dilakukan selama bangunan tersebut menjadi milikmu. Namun, tetap ada biaya yang kamu keluarkan dalam waktu tertentu untuk melakukan perawatan bangunan agar properti tetap menarik pembeli ataupun penyewa.

c. Investasi Emas

Salah satu investasi yang digandrungi banyak orang adalah investasi emas. Bisa berupa emas batangan, koin emas, maupun perhiasan emas. Pengertian investasi emas adalah melakukan pembelian emas dan nantinya bisa dijual kembali. Penjualan tersebut sangat tepat dilakukan ketika harga emas sedang mengalami kenaikan.

Kamu harus menyimpan emasmu di tempat yang aman. Kalau bisa hanya kamu yang tahu di mana tempat penyimpanan itu karena riskan untuk kecurian. Paling aman jika kamu menyimpannya di bank yang menyediakan tabungan khusus emas.

d. Investasi Mata Uang Asing

Membeli mata uang asing adalah jenis investasi yang bisa jadi rekomendasi buat kamu. Di Indonesia, membeli mata uang asing sebagai alternatif untuk investasi sangat cocok bagi pemula. Biasanya kebantakan dari mereka akan membeli mata uang dollar Amerika (USD). Karena mata uang inilah yang dijadikan acuan oleh berbagai negara.

Namun perlu diperhatikan bahwa USD bisa dijual dengan harga tinggi, namun juga tergolong sering mengalami penurunan nilai. Di mana, dengan investasi ini, keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari selisih konversi mata uang. Jadi, ketika kamu ingin memulai investasi ini cobalah melakukan monitor terhadap kurs mata uang sebagai nilai investasi kamu.

e. Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah salah satu produk bank berupa simpanan dengan jangka waktu tertentu dengan bunga yang lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasa. Tabungan ini menjadi salah satu investasi populer, khususnya bagi investor pemula.

Untuk memulai investasi ini, biasanya kamu diharuskan menyetorkan dana sebagai setoran awal, kemudian kamu bisa memilih jangka waktu simpanan, biasanya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan, ini tergantung dari bank yang kamu pilih.

Jika kamu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan, kamu akan mendapatkan penalti. Namun, ketika sudah jatuh tempo, kamu bisa mencairkan dana tanpa harus denda yang harus dibayarkan.

f. Investasi Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu tempat untuk berinvestasi dan menghimpun dana dari investor. Di mana, dana yang terkumpul akan diolah dan diatur oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi lainnya seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksa dana merupakan jenis investasi aman, di mana manajer investasi yang mengelola dan aplikasi yang digunakan untuk membeli reksa dana telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir sumber dana yang tersimpan didalamnya akan hilang.

Sebelum memulainya, kamu harus mengetahui apa tujuan investasi yang bisa memotivasi kamu dalam menjalankan investasi. Biasanya, setiap tujuan investasi memiliki jangka waktu dan profil risiko yang berbeda. Kamu bisa melakukan investasi reksa dana bersama Ajaib karena aman dan sangat mendukung bagi investor pemula.

Pemahaman mendalam tentang apa itu investasi tentunya bisa menjadi titik awal untuk mengubah pola pikirmu, terutama investor pemula. Perkaya wawasanmu tentang investasi dengan mengunduh aplikasi Ajaib. Kamu bukan hanya mendapatkan pemahaman akan pengertian investasi namun juga merasakan hasil manisnya berinvestasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Artikel Terkait