Pengertian dan Cara Mendapatkan EFIN Pajak

efin pajak
efin pajak

Apa dan bagaimana cara memanfaatkan EFIN Pajak? Simak ulasan yang telah redaksi Ajaib himpun ini untuk menjawabnya.

Pajak merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara. Pajak juga menjadi sumber pendapatan yang masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Lebih dari 75% pengeluaran negara ditanggung dari pajak. Maka dari itu, Pemerintah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menyadari pentingnya membayar pajak.

Ada berbagai kemudahan yang bisa kamu nikmati saat melakukan pelaporan pajak. Salah satunya adalah sistem e-Filing pajak. Sistem pelaporan pajak (Surat Pemberian Tahunan/SPT) online disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi.

Masyarakat tidak perlu lagi antre untuk melakukan pelaporan pajak. Kamu hanya cukup mendaftar ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mendapatkan Electronic Filling Identification Number atau EFIN pajak. Selanjutnya, kamu bisa melakukannya secara online.

Sistem pelaporan e-Filing masih belum dimengerti oleh banyak orang. Dengan menggunakan layanan e-Filing, kamu bisa melakukannya dari rumah atau kantor.

Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini adalah pengertian EFIN Pajak dan cara mendapatkannya:

Pengertian E-Filling dan EFIN Pajak

E-filing merupakan SPT Tahunan yang bisa dilakukan secara online. Sebelumnya, kamu harus melapor ke KPP setiap tahunnya dan mengisi formulir SPT Tahunan.

Melalui sistem e-Filing, kamu bisa melakukannya secara online tanpa perlu datang ke KPP lagi. Namun, kamu harus memiliki EFIN Pajak untuk melakukan e-Filing.

EFIN Pajak adalah nomor identitas yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak untuk transaksi elektronik atau e-Filing pajak.

EFIN Pajak berfungsi sebagai salah satu alat autentikasi dari setiap transaksi elektronik atau e-Filing SPT Tahunan agar bisa dienkripsi, sehingga kerahasiaannya sangat terjamin.

Ada beberapa manfaat dari EFIN Pajak, yaitu:

  • Wajib pajak bisa mengakses sistem pajak online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa harus antre di KPP.
  • EFIN Pajak juga menjamin kerahasiaan data yang kamu masukkan ke dalam sistem pajak online.
  • Data yang dilaporkan melalui online, nantinya akan terekam di sistem pajak. Untuk laporan pajak di tahun berikutnya, kamu tidak perlu mengulang isiannya dari awal.

Cara Mendapatkan EFIN Pajak

Cara mendapatkan EFIN Pajak pun cukup mudah. Kemudian, bisa langsung digunakan dalam waktu lebih dari satu hari.

EFIN Pajak juga bisa dimanfaatkan oleh wajib pajak pribadi dan badan usaha. Berikut ini adalah beberapa tahapan dari wajib pajak badan usaha.

Mengunjungi laman www.online-pajak.com/efin_login. Kemudian, isi formulirnya untuk mendaftarkan akunnya. Selanjutnya, isilah formulir aktivasi EFIN yang disediakan.

Setelah itu, unduh formulir EFIN kamu. Setelah selesai mendaftar, kamu akan diarahkan ke halaman EFIN dan bisa mengunduh formulir EFIN nya. Lalu, isi dan lengkapi formulirnya serta dicetak.

Setelah dicetak, bawalah formulir EFIN tersebut dan berbagai dokumen yang dibutuhkan ke KPP terdekat di wilayah tempat tinggalmu.

Menunjukkan dokumen asli dan fotokopi di bawah ini:

  • Wajib Pajak Badan Usaha (Kantor Pusat)
  • NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Wajib Pajak Badan.
  • NPWP atau SKT atas nama pengurus.
  • KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA.
  • Surat kuasa dari pengurus yang mewakili Wajib Pajak Badan.
  • Wajib Pajak Kantor Cabang
  • NPWP atau SKT Wajib Pajak Kantor Cabang.
  • NPWP atau SKT atas nama pengurus.
  • KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA.
  • Surat pengangkatan pimpinan dari Kantor Cabang.
  • Surat kuasa dari pengurus yang mewakili dari Wajib Pajak Badan.
  • Setelah mendapatkan EFIN untuk Badan Usaha, usahakan menjaga kerahasiaan agar menghindari penggunaan data yang tidak sah.

Melakukan Registrasi EFIN Pajak Badan di Online Pajak dengan Cara Berikut Ini:

  1. Masuk ke akun resmi Online Pajak.
  2. Pilihlah perusahaan yang akan kamu daftarkan EFIN nya.
  3. Klik “e-Filing” di menu pengaturan dalam navigation bar dan masukkan EFIN kamu.
  4. Memahami e-Filing Pajak Online dan Sistem Pelaporan Pajak Manual

Umumnya, pengisian pajak online secara manual memiliki persamaan. Namun, dengan e-Filing Pajak, kamu bisa menyampaikan SPT atau perpanjangan SPT Tahunan melalui online dan real-time.

Kamu bisa menyampaikannya melalui laman resmi e-Filing Pajak DJP Online atau aplikasi yang disediakan oleh Application Service Provider (ASP) atau Penyedia Jasa Aplikasi.

Itulah penjelasan mengenai EFIN Pajak dan cara mendapatkannya. Dengan mempelajari sistem pajak online tersebut, kamu bisa menikmati berbagai manfaatnya.

Bacaan menarik lainnya:

Rahayu, Siti Kurnia. 2017. Perpajakan (Konsep dan Aspek Formal). Penerbit Reakayasa Sains: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait