Banking

Pengertian Bank Sentral, Fungsi Beserta Serba-Serbinya

pengertian bank sentral

Apa sih pengertian bank sentral itu? Untuk mengetahuinya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai fungsi dan pengertian bank sentral.

Kamu bertanya-tanya mengenai pengertian bank sentral? Mungkin bagi sebagian orang masih ada yang belum tahu pengertian bank sentral itu apa. Namun, bagaimana dengan Bank Indonesia (BI)? Kalo yang ini, Ajaib rasa pasti kamu sudah banyak yang tahu tentang Bank Indonesia (BI).

Bank Indonesia (BI) merupakan bank sentral yang beroperasi di negara Indonesia, di mana bank sentral adalah sebuah institusi keuangan yang bertanggung jawab terhadap kebijakan moneter di suatu negara. Jika kamu perhatikan, bahwa bank-bank yang beroperasi di Indonesia berada di bawah naungan bank sentral Indonesia ini.

Dalam arti, seluruh bank tersebut wajib patuh dengan ketetapan aturan atau kebijakan yang dibuat oleh Bank Indonesia (BI) pada aspek makroprudensial sistem perbankan. Hal ini dikarenakan, Bank Indonesia (BI) bertanggung jawab terhadap terciptanya kestabilan ekonomi di Indonesia.

Tentu saja, fungsi dan wewenang bank sentral di suatu negara sangat besar dampaknya bagi seluruh masyarakat di negara tersebut dalam hal aspek ekonomi. Berikut serba-serbi menarik dari bank sentral yang perlu kamu ketahui, salah satunya bank sentral dijadikan sebagai tempat pencetak uang dan penyimpanan uang negara lho:

Sejarah Bank Sentral Indonesia (Bank Indonesia)

Sebelum berganti nama menjadi Bank Indonesia (BI), sebenarnya bank sentral ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Pada tahun 1828, naman bank sentral ini, De Javasche Bank yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda. Kala itu, De Javasche Bank memiliki tugas untuk mencetak dan mengedarkan uang.

Barulah pada tahun 1953, berdasarkan Undang-Undang Pokok Bank Indonesia menetapkan pendirian Bank Indonesia (BI) yang menggantikan fungsi De Javasche Bank sebagai bank sentral. Setelah itu, berbagai undang-undang untuk memperjelas status dan kedudukan Bank Indonesia (BI) dibuat. Hingga saat ini, Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral berdiri sebagai lembaga independen diluar pemerintahan, hal ini bertujuan agar Bank Indonesia (BI) dapat menjalankan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efisien dan efektif.

Jadi, Bank Indonesia (BI) saat ini sudah berumur ratusan tahun dari masih bernama De Javasche Bank menjadi seperti sekarang, ini merupakan bukti sejarah dari perjalanan bank sentral milik negara Indonesia. Bahkan, sejarah berdirinya Bank Indonesia (BI) sudah diabadikan di museum Bank Indonesia Kota. Di mana, kamu bisa melihat fakta-fakta sejarah dan dokumentasi dari berdirinya Bank Indonesia (BI) hingga sekarang seperti kebijakan-kebijakan apa saja yang diambil pada masa lalu.

Jika kamu berstatus pelajar, kamu bisa masuk secara gratis ke museum tersebut sedangkan jika tidak memiliki kartu pelajar, kamu akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu. Ingat ya! Museum Bank Indonesia Kota ini selalu tutup pada hari Senin dan hari libur nasional.

Tugas, Kegiatan dan Wewenang Bank Sentral

Bank sentral memiliki tiga tugas di antaranya:

  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
  • Mengatur dan menjaga kelancara sistem pembayaran
  • Menjaga stabilitas sistem keuangan di Indonesia
  • Ketiga tugas dan wewenang bank sentral di atas harus dilaksanakan untuk mencapai kestabilan nilai Rupiah atau ekonomi.

Peran dan Fungsi Bank Sentral

Selain tugas bank sentral yang sudah Ajaib jelaskan, adapun peran dan fungsi bank sentral di antaranya:

  • Sebagai bank bagi bank, di mana Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral menjadi tempat pinjaman terakhir bagi bank-bank yang sedang mengalami kesulitan likuiditas.
  • Sebagai penentu kebijakan moneter, Bank Indonesia (BI) sering dianggap monopoli karena dianggap sering mengeluarkan kebijakan semaunya seperti mencetak uang dan juga jumlah uang yang beredar sekaligus suku bunganya.
  • Memberikan penilaian terhadap bank, Bank Indonesia (BI) memiliki kewenangan untuk menilai tingkat kesehatan suatu bank
  • Mengefisienkan kegiatan transaksi, seperti pembayaran dengan giro dalam jumlah besar, antar wilayah, tak kecuali antar negara
  • Melakukan riset ekonomi, Bank Indonesia (BI) dapat melakukan riset ekonomi yang berhubungan dengan masalah yang sedang terjadi di sektor moneter.
  • Sebagai agen fiskal, bank sentral yaitu Bank Indonesia (BI) berfungsi sebagai penasihat dan memberikan bantuan untuk mengelola berbagai masalah transaksi keuangan yang terjadi pemerintahan, walaupun bank sentral merupakan lembaga independen diluar pemerintahan.

Itulah peran dan fungsi bank sentral di Indonesia, mengapa adanya bank sentral seperti Bank Indonesia (BI) sangat dibutuhkan untuk membangun perekonomian yang stabil di sebuah negara.

Tahukah Kamu Bank Sentral Terbesar Saat Ini Ada di Negara Mana?

Setelah krisis finansial 2008 yang melanda negara Amerika Serikat, di mana kala itu krisis finansial tersebut dianggap menjadi salah satu krisis finansial terparah dalam sejarah. Namun, krisis finansial 2008 juga memunculkan negara adidaya baru yakni Tiongkok. Saat ini negara Tiongkok menjadi salah satu negara pemberi pinjaman terbesar di dunia dan bersaing dengan Amerika Serikat.

Tiongkok menempatkan bank sentralnya yang bernama People’s Bank of China di urutan teratas di dunia berdasarkan total asetnya yakni sebesar $ 5,196 triliun, sedangkan bank sentral milik Amerika Serikat Federal Reserve System menduduki peringkat ketiga dengan total aset $ 3,857 triliun. Bank Indonesia (BI) menempati peringkat 18 yang memiliki total aset senilai $ 161,999 miliar.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Bank Indonesia (BI) hanya kalah dari Bank of Thailand yang menempati urutan ke-17.

Pasti kamu semua nggak nyangka bukan? Bahwa Bank Indonesia (BI) masuk ke dalam 20 besar bank sentral terbesar di dunia.

Demikianlah informasi yang bisa Ajaib berikan untuk kamu terkait bank sentral seputar pengertian, fungsi, sejarah, tugas dan wewenangnya. Jika informasi di atas masih dirasa belum cukup untuk kamu, kamu bisa jalan-jalan sambil mengetahui sejarah Bank Indonesia yang berstatus bank sentral di Museum Bank Indonesia Kota.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait