Pengalaman Investasi Saham yang Patut Jadi Referensi

pengalaman investasi saham
pengalaman investasi saham

Bagi kamu yang ingin tahu, berikut ini adalah pengalaman investasi saham yang patut menjadi referensimu. Untuk itu, simak ulasan redaksi Ajaib ini ya.

Investasi saham memang sangat menguntungkan. Tidak hanya untuk konglomaret atau pengusaha, investasi saham juga bisa dilakukan oleh masyarakat.

Salah satunya adalah tiga orang ini. Mereka memiliki pengalaman investasi saham yang menguntungkan. Untuk berinvestasi, tidak perlu memandang status sosial. Sebab, siapa saja bisa berinvestasi termasuk saham.

Pengalaman investasi saham dari supir taksi dan satpam ini bisa menjadi motivasi kamu. Dilansir dari Money Smart, mereka sering berkumpul di bank dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Lalu, mereka tertarik untuk mencoba berinvestasi di salah satu produk instansi tersebut.

Bagi kamu yang ingin tahu, berikut ini adalah pengalaman investasi saham yang patut menjadi referensimu:

Untara Hadi

Untara Hadi adalah seorang supir taksi yang mencoba berinvestasi saham. Kisahnya terungkap setelah ia mendapatkan penghargaan dari Bursa Efek Indonesia (BEI), yaitu Most Award 2016.

Dalam penghargaan tersebut, ia menjadi Most Loyal Customer. Untara sendiri mulai berinvestasi saham pada 2001 silam. Saat ini, asetnya sudah mencapai sekitar Rp500.000.000. Pada saat ia mulai berinvestasi, ia hanya mengeluarkan dana sebesar Rp50.000.000 saja.

Keuntungan investasi yang ia dapatkan tidak mudah. Saat menjadi supir taksi Gamya sejak 1995 hingga 2001, Untara sudah memiliki tekad untuk menabung. Ia juga menyisihkan pendapatannya melalui deposito. Lalu, ia tertarik untuk mencoba berinvestasi di produk reksa dana.

Pada 2003, ia menarik dana dari deposito dan reksa dana untuk terjun ke dunia investasi saham. Setelah itu, ia mendapatkan keuntungan dari dividen saham.

Tak lupa juga, ia memberikan saran kepada para investor pemula agar menghasilkan keuntungan dari investasi saham. Maka dari itu, dana tersebut tidak digunakan untuk kebutuhan konsumtif atau pribadi. Ia mengatakan, keuntungan yang didapatkan digunakan untuk membeli saham lainnya.

Suherman

Suherman merupakan seorang satpam yang bekerja di Mandiri Sekuritas Bandung. Dalam aktivitasnya, ia memang dekat dengan orang-orang yang bermain investasi saham. Oleh karena itu, Suherman merasa penasaran dan mencoba berinvestasi dengan modal awal Rp8.000.000.

Selain itu, Suherman juga lulusan D3 Jurusan Administrasi Bisnis Bandung tahun 2005. Ia mulai belajar investasi saham pada 2008 melalui buku dan internet. Kemudian, 2011 menjadi tahun ketika ia mulai berinvestasi dengan modal Rp8.000.000 yang sudah disebutkan di atas.

Namun, Suherman juga pernah mengalami kerugian dan keuntungan yang besar. Dalam waktu tiga hari, ia pernah mendapatkan Rp2.000.000 dari hasil pembelian saham ANTAM.

Pada 2018 lalu, Suherman menghasilkan Rp140.000.000. Sebagian keuntungan yang ia peroleh digunakan untuk membantu biaya kuliah adik dan kebutuhan keluarganya.

Ia juga menjelaskan, strategi yang dilakukan agar investasinya menguntungkan adalah menggunakan cara limit. Jika keuntungan yang dihasilkan sudah mencapai 10 persen atau 15 persen, maka ia akan berpindah ke saham yang lebih murah.

Aab Abdullah

Pengalaman investasi saham Aab Abdullah mulai dikenal setelah ia mendapatkan penghargaan sebagai MOST Inspiring Customer 2016 dari Mandiri Sekuritas. Penghargaan tersebut diberikan karena kisahnya yang inspiratif dan pengalamannya dalam mengembangkan investasi di pasar modal.

Awalnya, Aab adalah seorang supir taksi Bluebird sejak 2011 silam dan sering menunggu penumpang di depan Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI).

Alasan mengapa ia tertarik berinvestasi saham adalah berbagai iklan yang sering ia lihat di depan Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Iklan tersebut terpampang dalam bentuk spanduk yang bertuliskan “Yuk Nabung Saham!”.

Selama menjadi supir taksi, ia sering mendapatkan penumpang yang terjun di bidang investasi saham. Salah satu penumpangnya memberikan saran untuk memutar radio yang membahas soal investasi saham.

Mulai Mengikuti Seminar

Kemudian, penumpang lainnya juga mengajak Aab untuk mengikuti seminar yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai cara menabung saham. Akhirnya, ia tertarik terjun ke dunia investasi saham.

Pada awalnya, keuntungan yang didapatkan Aab adalah Rp300.000 selama satu minggu. Namun, ia bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp180.000.000 dengan modal Rp3.000.000 yang ia investasikan melalui trading saham pada pertengahan 2015 lalu.

Saat ini, Aab sudah berhasil membeli mobil dan menjadi supir taksi online. Dengan begitu, ia jadi lebih leluasa untuk bermain investasi saham.

Aab memberikan saran bagi para investor pemula, yaitu menahan diri untuk mengambil keuntungan saat trading. Kemudian, para investor pemula juga harus sering mengikuti seminar atau workshop.

Cara Mencari Harga Saham di IDX Laporan Keuangan

Bagi kamu yang sedang belajar saham dan mencari harganya di IDX Laporan Keuangan, sebaiknya urungkan niatmu.

Sebab, laporan keuangan perusahaan tidak menampilkan harga sahamnya di IDX Laporan Keuangan. Mengapa begitu? Hal itu dikarenakan harga saham bersifat fluktuatif dan dapat berubah kapan saja.

Setiap perusahaan yang terdaftar di BEI, hanya diharuskan untuk menampilkan laporan keuangannya setiap tiga bulan sekali.

Ada cara lain untuk mencari harga saham, yaitu kamu bisa menghitung berapa harga saham yang beredar dan lainnya.

Untuk mengetahui harga saham yang beredar, kamu harus mengunduh laporan keuangannya terlebih dahulu di IDX Laporan Keuangan.

Cara Mendapatkan Data di IDX Laporan Keuangan Melalui Bursa Efek Indonesia

Bagi kamu yang ingin melakukan penelitian dan membutuhkan data laporan keuangan yang berkaitan dengan BEI, berikut ini adalah cara mendapatkan IDX Laporan Keuangan:

  • Mengunjungi situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI)
  • Memilih menu Perusahaan Tercatat, selanjutnya pilih sub menu Laporan Keuangan dan Tahunan. Kemudian, masukkan kode perusahaan dan akan ada menu scroll untuk memastikan nama perusahaan yang ingin dilihat laporan keuangannya.
  • Memilih tahun untuk melihat laporan yang ingin dicari datanya. Kemudian, pada bagian Periode bisa memilih Triwulan 1, Triwulan 2, Triwulan 3, Audit, dan Unaudit.

Pengalaman investasi saham dari ketiga orang di atas bisa menjadi referensi terbaik kamu. Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia investasi saham, sebaiknya mengikuti seminar atau workshop terlebih dahulu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait