Peluang Usaha Baru 2019 Dipengaruhi Tren Tahun Sebelumnya?

peluang usaha baru 2019
peluang usaha baru 2019

Optimisme para entrepreneur di tahun 2018 telah melahirkan tren bisnis yang perlu dipelajari dengan cermat, demi pembelajaran bagi peluang usaha baru 2019. Bagi kamu yang ingin membuka usaha, apapun jenis bisnisnya bisa mengambil hikmah dari apa yang telah menjadi tren di tahun sebelumnya.

Daftar Peluang Usaha Baru 2019

Sebuah artikel online menarik berbunyi: “Daftar Peluang Usaha Yang Menjanjikan di 2019: Bisnis Kovensional”. Lho, tampaknya tahun ini banting stir ya, setelah 2018 semangat dengan tren bisnis online dan kreatif, tahun ini giliran yang klasik jadi tren lagi.

Tidak apa-apa kok ganti-ganti tren, tapi, membangun sebuah bisnis itu bukanlah meluncurkan koleksi fashion yang umurnya semusim. Sebuah ide bisnis bagus perlu waktu panjang untuk menjadikannya berjalan. Setelah berjalan pun, perlu waktu panjang untuk menjadikannya berkembang. Setelah berkembang, perlu waktu panjang untuk membuktikan bahwa bisnis itu bisa berkelanjutan seterusnya.

Deretan Peluang usaha baru 2019 itu diantaranya adalah: Foodstreet (Foodtruck), Kuliner Klasik, Budidaya Tanaman Kayu, Budidaya Hortikultura, Budidaya Tanaman Hidroponik, Franchise Kuliner, Bisnis Penulis Online, Toko Online Afiliasi, dan Toko Online.

Teliti Sebelum Memulai

Semangat entrepreneurship adalah berkah bagi Indonesia, yang jumlah pengusahanya baru 3,1% dari total penduduk, sementara para negara tetangga 5-7%. Tapi itu bukan berarti kaum Milenial harus ber-entrepreneurship hanya untuk mengejar kuota, apalagi sekedar nge-tren.

Sebaiknya semangat entrepreneurship dan ide bisnis brilian dimanfaatkan dengan mempersiapkan perencanaan bisnis yang cermat. Pengamatan yang menyeluruh atas perkembangan bisnis di tahun 2018 bisa menjadi pembelajaran yang berguna, dan membantu para new founder merebut peluang usaha baru 2019.

Yang Bersemi di 2018

Coba amati bisnis apa yang tahun 2018 l nge-hits, lalu cek perkembangannya sekarang. Apa aktivitas terakhirnya, berapa besar pendanaan yang berhasil diraihnya dan dari investor mana.

Tidak perlu malu untuk mengikuti langkah sukses kompetitor, karena akan masih sangat banyak ruang terbuka untuk pembuktian originalitas ide ke depan. Bisnis aplikasi digital yang berkecimpung di bidang logistik seperti transportasi (Go-jek), marketplace (Bukalapak, Tokopedia) dan sevice on demand sudah terbukti keberlanjutannya.

Potensi jasa profesional online juga cukup cerah, terutama karena modalnya bersifat skill (ketrampilan), bukan kapital (dana besar).

Yang Bisa Gugur

Franchise dan dropshipping tampaknya ide yang lebih bijak dari kuliner kreatif yang rentan kejenuhan, nge-hits saat diluncurkan, meredup kemudian. Sementara produk kopi dan kuliner klasik sudah terlalu kompetitif (mature market).

Agribisnis tampak segar karena sifatnya outdoor, treveling, view-nya istragramable, padahal ini adalah bisnis yang paling memerlukan kesabaran,  komitmen, kegigihan, kekuatan fisik, keprihatinan, keikhlasan, biological science, training, ilmu dasar pertanian, kimia, dan marketing kreatif.

Namun tantangannya yang belum terpecahkan hingga sekarang adalah Climate Change, perubahan iklim yang ekstrim kini merubah hampir semua paham ilmu pertanian yang secara universal dipakai sejak dulu.

Toko online pasti seru ya? Jawabannya: tergantung jual apa. Seleksilah ide bisnis berdasarkan riset pasar dan perencanaan bisnis, jangan seru atau tidak serunya. Susah memang, tapi ya itulah entrepreneurship.

Sambut Dengan Semangat Yang Realistis

Salah seorang motivator Youtuber kondang yang kenyang nailk turun roda kehidupan, Arli Kurnia memberikan business advice yang simple dan briliant:

“Berwirausaha saat ini sebaiknya pilih bisnis yang bisa mendatangkan margin besar, agar lebih leluasa mengembangkannya. Bisnis produk komoditi untungnya kurang dari 100%, bisnis produk tren untungnya paling banyak 100%, yang paling bagus adalah bisnis produk kebutuhan khusus yang untungnya bisa lebih besar dari 100%.”

Contoh bisnis produk kebutuhan khusus misalnya suplemen penghemat bahan bakar kendaraan bermotor, yang sudah mendatangkan omzet di atas 1 miliar hanya dalam waktu 3 bulan bagi Arli! Setelah punya kapital cukup, baru boleh diikuti bisnis Tren atau komoditi. Intinya, seperti prinsip Milenial digital startup: “Ide bisnis brilian itu bersifat solutif terhadap problem yang sedang dihadapi banyak orang saat ini!” Ada ide?

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait