Peluang Bisnis Rumahan Hasilkan Untung Berlimpah

peluang-bisnis-rumahan

Seperti namanya, peluang bisnis rumahan berawal dari rumah. Menghasilkan pundi-pundi rupiah yang melimpah pun dari rumah. Nurhayati Subakat mengalami hal tersebut.

Dalam dunia kecantikan, nama Nurhayati Subakat terkenal ulet dan kerja keras. Sehingga tidak mengherankan kalau perusahaan yang ia pimpin, Wardah, menjadi besar. Keuntungan perusahaan pun berlipat-lipat. Hal itu berkat kejeliannya melihat peluang bisnis rumahan.

Pada 1985, Nurhayati membuat produk kecantikan di rumahnya. Kala itu, nama brand-nya masih Putri. Ia menjual produknya ke salon-salon di sekitar Tangerang. 10 tahun kemudian, ia mengganti nama brand dengan Wardah. Tetapi bisnis milik perempuan kelahiran Padang Panjang ini tak berjalan mulus. Hingga pada 2009, Wardah mengubah wajah brand. Sejak saat itu hingga sekarang, nasib brand ini kian moncer dengan keuntungan melimpah. Kini omzet penjualan brand ini lebih dari 10 digit per bulan.

Untuk bisa mengantongi laba miliaran rupiah, kamu tidak harus berbisnis kecantikan. Kecuali kamu memang fokus pada bidang kecantikan. Yang pasti kamu bisa mencontek cara Nurhayati. Salah satu cara paling gampang menciptakan peluang adalah memulai usaha yang sedang nge-hits. Karena tak sedikit bisnis yang nge-hits menawarkan waralaba ke entrepreneur lainnya. Kamu bisa membelinya, meskipun sistem seperti itu terkadang tidak bisa dibuka di rumah.

Kalau tidak cocok dengan yang sedang nge-hits, ada industri lain yang bisa menjadi peluang bisnis rumahan. Peluang itu ada di sekitar kamu, berikut ini bisnis yang bisa dilakukan di rumah.

Kuliner

Industri kuliner adalah peluang bisnis rumahan yang paling memungkinkan buat dilakukan. Bahkan buat kamu yang sedang mengerjakan skripsi atau yang sudah bekerja sekalipun. Banyak pengusaha kuliner tersohor yang memulai usaha kuliner dari rumah. Sebut saja pemilik Kartika Sari dan sambal Bu Rudy. Bahkan Rianti Cartwright juga membuka bisnis kue, Ladies Who Bake, dan Dewi Kusuma dengan Naked Press Juice yang juga berawal dari rumah.

Konveksi

Melihat explore Instagram, ada beragam akun toko daring yang menjual busana. Mulai busana anak-anak hingga dewasa. Dari baju tidur, baju couple, sampai baju tradisional seperti batik dan tenun.

Kehadiran bisnis busana tidak lepas dari konveksi. Konveksi adalah tempat produksi pakaian dengan jumlah tertentu. Biasanya rumah konveksi menerima pesanan baju minimal satu lusin. Tak sedikit entrepreneur yang berbisnis busana mempercayakan produksinya ke tangan konveksi. Desain baju tetap dibuat oleh sang entrepreneur. Untuk meraih untung melimpah, kamu bisa menjadi pemilik brand busana, pengusaha konveksi, atau keduanya. Sedangkan dalam menjalankan bisnis, kamu bisa mempekerjakan orang lain, seperti karyawan administrasi atau penjahit.

Kecantikan

Produk make up, skincare, dan personal care berkonsep natural makin menjamur di Indonesia. Brand kecantikan tersebut memberikan alternatif produk ramah lingkungan, minim bahan kimia, dan produksi rumahan.

Kalau tertarik dengan produk natural, kenapa tidak terjun langsung di dalamnya? Kamu bisa menciptakan peluang bisnis rumahan untuk membuat oil blend sebagai lotion tubuh, sabun mandi homemade, lip balm butter dengan pewarna alami, atau pelembab tanpa paraben dan silikon.

Tanaman

Seperti bisnis kecantikan homemade, bisnis tanaman juga sedang marak dilakoni oleh milenial. Mereka memanfaatkan lahan rumah dengan menanam buah atau sayuran. Bahkan lahan tak terbatas tidak menjadi kendala, karena penanaman bisa dilakukan dengan cara tabulampot, hidroponik, atau aeroponik.

Hasil bercocok tanaman tersebut dapat kamu gunakan sendiri plus memetik untung melimpah. Peluang usaha rumahan bisa datang dari buah dan sayur, loh. Kamu bisa menjualnya melalui marketplace atau ke produsen cold pressed juice. Sedangkan sampah tanamannya bisa dibuat pupuk hijau. Dengan cara seperti itu, kamu membuat lingkungan sehat dan sustainable.

Pet shop

Bagi pencinta binatang, kamu bisa juga membuka pet shop. Karena kamu tahu apa saja kebutuhan hewan. Seperti makanan dan barang pendukung lainnya (obat, tali, sampo, dll). Kamu bisa menjalankan bisnis ini dari rumah sembari menjual produknya secara daring. Tetapi jangan jual-beli binatang, loh ya!

Selain bisnis di atas, masih banyak peluang bisnis rumahan yang bisa kamu ciptakan. Apapun bisnis yang kamu jalankan, yang penting harus kerja keras. Termasuk menikmati prosesnya, fokus pada tujuan, dan berinovasi untuk kelangsungan bisnis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait