Cryptocurrency

Pelajari Investasi Bitcoin & Mulai transaksi bersama Indodax

Pelajari Investasi Bitcoin & Mulai transaksi bersama Indodax

Di penghujung tahun 2017 yang lalu, seluruh dunia dibuat gempar oleh kepopuleran investasi bitcoin. Uang digital atau juga disebut cryptocurrency tersebut mencapai rekor harga tertingginya. Memasuki bulan Desember 2017, bitcoin memiliki nilai setara lebih dari US$10 ribu. Meski begitu, harganya beranjak turun beberapa bulan kemudian. Nilai bitcoin baru-baru ini bisa mencapai Rp140 juta-an per coin.

Sejarah Bitcoin

Bitcoin pertama muncul pada Tahun 2008 dan pertama kali diperkenalkan pada Januari 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Namun perlu diketahui, Satoshi bukanlah nama sebenarnya dan hingga saat ini, penemu bitcoin masih misterius. Di mana, mata uang ini dikendalikan perangkat lunak dengan sistem terbuka, sehingga siapapun dapat melakukan pengembangan terhadap bitcoin tanpa harus meminta izin terlebih dahulu.

Sejak 2009 juga bitcoin mulai digunakan untuk melakukan transaksi, seperti pembelian game dan sebagainya. Penjualan dan pembelian bitcoin terus meningkat, sehingga membuat mata uang ini menjadi lebih populer. Semakin banyaknya orang yang menggilai bitcoin, membuat harga bitcoin terus menjulang tinggi. Namun ada kalanya juga harganya merosot turun. Berdasarkan Coinbase, bitcoin diperdagangkan pada kisaran harga USD 4.008 atau sekitar Rp58,12 juta per koin.

Jika harga bitcoin naik tinggi, nilainya akan sangat tinggi dan menggiurkan dalam semalam. Namun, jika sedang menurun, kamu pun akan mengalami kerugian yang sangat amat besar. Ini adalah salah satu risiko para investor bitcoin. Meski sering anjlok dan menurun, investasi ini masih dianggap sebagai tambang uang.

Apa itu bitcoin? Bagaimana cara menggunakannya?

Bitcoin adalah uang elektronik atau virtual currency yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto. Sampai sekarang tidak ada yang tahu siapa orang di balik nama itu. Untuk mendapat saldo bitcoin atau cryptocurrency lainnya kamu harus melalui proses yang bernama mining.

Sesuai dengan terjemahan literalnya, mining adalah aktivitas menambang mata uang digital. Untuk mendapatkan saldo cryptocurrency komputer harus menyelesaikan persoalan matematika. Soal matematika ini sangat rumit, bukan hanya sekadar hitungan sederhana, sehingga kamu harus memiliki spesifikasi komputer yang sangat canggih.

Kamu bisa memakai uang elektronik ini untuk membeli produk-produk di toko yang bekerja sama. Kamu bisa membeli perangkat komputer hingga menambah saldo di akun Microsoft-mu. Keuntungan lain dari menggunakan bitcoin atau uang digital lainnya adalah kamu tidak direpotkan dengan lembaran kertas atau recehan yang tercecer.

Cara lain untuk menambah saldo uang elektronik seperti bitcoin adalah dengan melakukan transaksi jual beli di wadah (platform) yang tepercaya. Singkatnya, invetasi bitcoin dan uang digital lain bisa dianggap sebagai logam mulia. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa pasar bitcoin yang tepercaya, salah satunya adalah Indodax.

Mengenal Indodax untuk Transaksi Bitcoin

Indodax merupakan rebranding dari bitcoin.co.id. Dalam acara peresmian nama tersebut, sang CEO Oscar Darmawan menyatakan ingin keluar dari bayangan bitcoin dan menampung transaksi mata uang digital lainnya. Selain itu, Oscar bercita-cita menjadikan Indodax marketplace cryptocurrency nomor satu di Indonesia.

Untuk mulai bertransaksi di Indodax sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah registrasi akun di Indodax:

a. Buka situs Indodax.com. Pastikan alamat situsnya sudah benar dan terenkripsi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

b. Pilih ‘Register Akun’ dan isi semua kolom yang ditampilkan.

c. Cek kotak masuk e-mail kamu dan klik tombol verifikasi di badan e-mail.

d. Kamu akan dibawa ke halaman login Indodax. Masukkan kembali e-mail dan password. Selesaikan verifikasi puzzle dan klik login.

e. Jika berhasil login ke Indodax, kamu akan menerima sms kode verifikasi di nomor ponsel yang terdaftar.

f. Agar akun kamu lebih aman, ada baiknya kamu memakai fitur Google Authenticator setiap login ke akun Indodax. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini dari App Store dan Play Store.

Bertransaksi uang digital seperti bitcoin memang terkesan rumit. Namun, munculnya pasar uang digital seperti Indodax sangat membantu pelaku pasar baru yang tidak ingin repot-repot melakukan mining. Dengan perlindungan yang bermutu, Indodax menjamin keamanan uang pembeli dalam bertransaksi.

Katakteristik Bitcoin

#1. Bersifat ‘Open Manner’

Sistem bitcoin memiliki sifat yang terbuka, di mana ada kode program yang dapat langsung dilihat secara global. Hal inilah yang membuat sistem bitcoin tidak ada yang tersembunyi, bahkan dari penciptanya dan juga tidak ada kepentingan lainnya.

#2. Bisa Digunakan Sebagai Metode Pembayaran

Kini metode pembayaran semakin berkembang. Sekarang proses pembayaran bisa dilakukan dengan uang digital. Di mana kamu sebagai penggunanya bisa berbelanja dengan saldo virtual, sehingga tidak perlu lagi membawa uang cash. Contohnya dengan sistem pembayaran kartu kredit dan kartu debit.

Selain itu, kini kamu bisa melakukan jual beli online melalui marketplace online baik dalam negeri maupun luar negeri. Di mana, kebanyakan market place tersebut juga telah memiliki uang virtualnya masing-masing dan dapat digunakan untuk berbelanja di marketplace itu sendiri. Kamu hanya tinggal mengisi saldo dengan mentransfer dari bank.

Berbeda dengan sistem pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. Di mana, bitcoin adalah jenis mata uang digital dengan sinkronisasi di Internet. Sehingga, pengguna Bitcoin dapat mengakses akun kas mereka dengan real time di mana pun dan kapan pun.

Cara kerja bitcoin sama seperti ketika kamu mentransfer ke bank, menggunakan kartu kredit, dan melakukan transaksi belanja online. Namun bedanya hanya pada metode pembayaran bitcoin jauh lebih baik. Kamu bisa menggunakan bitcoin untuk berbelanja di seluruh di dunia, menerima gaji, mengirim uang ke keluarga atau teman, dan transaksi lainnya.

#3. Mirip Investasi Emas

Banyak orang memandang jika investasi emas adalah investasi yang bernilai tinggi dan selalu melonjak, di samping emas juga sudah semakin langka. Emas juga memiliki harga yang stabil dan sulit dipalsukan. Sama dengan bitcoin yang memiliki karakteristik mirip investasi emas, antara lain jumlah yang terbatas, hanya ada 21 Juta, di mana 1 bitcoin sama dengan 100 Juta. Bitcoin juga tidak mengalami degradasi dan bisa dipindahkan di mana pun terlepas dari jumlah Bitcon.

#4. Bitcoin Tidak Dapat di Kontrol

Bitcoin disebut dengan desentralisasi karena layaknya internet yang tidak ada gate keeper yakni tidak dimiliki siapapun. Sehingga, bitcoin memungkinkan banyak orang berkembang dan berinovasi sebebasnya kapan pun dan di mana pun.

Temukan Strategi Investasi Bitcoin dengan Tepat

Setiap instrumen investasi tak luput dari berbagai risiko yang bisa saja membuat investor mengalami kerugian. Agar hal ini dapat dihindari, sangat penting bagi Anda untuk menemukan strategi investasi bitcoin dengan tepat agar investasi bisa berjalan dengan lancar sehingga investasi bitcoin tetap memberikan keuntungan. 

Ilmu strategi tersebut bisa Anda dapatkan melalui teman Anda yang sudah berpengalaman dalam investasi bitcoin atau melalui internet. Tak ada salahnya juga Anda mengikuti kelas investasi bitcoin yang diselenggarakan oleh pihak tertentu agar ilmu


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait