Pantas Dilirik, Ini 20 Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia

saham blue-chip
Saham blue chip

Saham blue chip menjadi solusi dari investor yang berniat memain aman dan minim risiko. Saham blue chip sangat cocok untuk investor pemula yang ingin meraup banyak untung.

Untuk kamu ketahui, saham blue chip merupakan saham dari perusahaan yang terkenal, mapan, dan bermodal besar. Perusahaan yang terkenal seperti itu biasanya merupakan perusahaan yang terkemuka di Indonesia.

Secara umum, perusahaan blue chip dinilai relatif tahan banting terhadap penurunan kondisi ekonomi. Karenanya, bisnisnya biasanya menghasilkan pendapatan yang konsisten dan pertumbuhan yang stabil dari waktu ke waktu.

Perjalanan Panjang Perusahaan

Apa yang dicapai dari perusahaan seperti yang disebut di atas selalu bukan karena pencapaian setahun-dua tahun saja. Tapi, bisa dipastikan memiliki catatan panjang pertumbuhan yang stabil dan sejumlah prestasi yang tidak dimiliki dari saham second liner dan lainnya.

Dari pemaparan di atas, maka dapat dirinci beberapa cirinya, yakni terkenal, mapan, memiliki modal besar, leader di sektornya, produk berkualitas tinggi, hingga diakui secara nasional.

Saham blue chip sendiri sudah banyak tersebar dari ratusan yang tercantum di Bursa Efek Indonesia. Berikut 20 saham blue chip terbaik di Indonesia:

  1. ASII
  2. PGAS
  3. JSMR
  4. WSKT
  5. PTBA
  6. UNTR
  7. TLKM
  8. AALI
  9. CPIN
  10. UNVR
  11. KLBF
  12. SMGR
  13. MYOR
  14. INDF
  15. BBCA
  16. BBRI
  17. BMRI
  18. LSIP
  19. ITMG
  20. MNCN

Cara Cepat Temukan Saham Blue Chip

Sebenarnya ada caranya kalau mau langsung menemukan list saham blue chip dan bisa update setiap beberapa bulan sekali. Cara yang dimaksud adalah dengan langsung melihat indeksnya.

Di situs Bursa Efek Indonesia sendiri, dari 600 lebih saham yang ada, sebenarnya sudah ada beberapa indeks saham yang sudah dibuat IDX. Ini tentunya lebih memudahkan kamu menemukan saham yang layak untuk diinvestasikan.

Jadi begini, indeks untuk semua saham di Bursa Efek Indonesia namanya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Nah, dari IHSG ini kemudian dipilih beberapa saham yang likuiditasnya paling baik dan juga kinerja dan kapitalisasi pasarnya terbaik. Namanya adalah LQ45.

Ya, saham LQ45 adalah daftar saham pilihan yang kriterianya hampir sama dengan saham terbaik yang kita sebutkan ciri-cirinya di atas.

Itu yang pertama, sekarang yang kedua adalah dari daftar saham syariah terbaik. Kalau di IDX ada namanya saham ISSI, kepanjangan dari Indeks Saham Syariah Indonesia. Tapi ini indeks dari semua saham syariah. Nah, ada lagi listnya yang lebih spesifik yang paling likuid dan juga hampir sama dengan LQ45. Hanya saja ini bukan konvensional, tapi syariah.

Indeks saham yang dimaksud adalah saham JII atau Jakarta Islamic Index. Kalau ISSI bisa terdiri lebih dari 200 saham syariah. Sedangkan JII sendiri hanya teridiri dari 30 saham pilihan yang paling likuid di bursa efek Indonesia. Jadi kesimpulannya, kalau mau mencari saham blue chip yang mudah dan selalu up to date, maka jawabannya ada pada indeks LQ45 dan JII.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait