Saham

Panduan Trading Saham Online Gratis via Fitur Simulasi

trading saham online gratis

Ajaib.co.idTrading saham online gratis memfasilitasi trader pemula dalam mengasah kecerdasan untuk menganalisa saham, memantau market, dan mengambil keputusan trading, tanpa risiko rugi sepeser pun.

Apakah kamu trader saham pemula yang bermimpi punya gaya hidup di masa depan bagaikan Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio) di Wolf of Wall Street, tapi takut gagal? Ingin jadi trader saham sukses, tapi takut bangkrut? Tenang, itu tidak menandakan kamu kekurangan nyali, melainkan rasional.

Mayoritas investor ataupun trader saham sukses berkarakter rasional, sabar, namun ganas di peluang emas! Maka, kini banyak perusahaan Sekuritas dan penggiat aplikasi keuangan yang mempersiapkan sarana bagi trader saham pemula seperti kamu untuk ngedrill insting serigalamu di lantai bursa, tanpa ada risiko kerugian yang harus ditanggung, melalui trading saham online gratis!

Trading Saham Online Gratis = Virtual Trading

Kamu bisa latihan trading saham dengan trading saham online gratis, yang lebih sering dikenal dengan virtual trading. Dalam pengertian sederhana, virtual trading adalah simulasi trading. Kamu dapat melakukan analisa saham, memantau market, dan mengambil keputusan trading pada saat melakukan aktivitas virtual trading, seperti sedang trading beneran.

Hanya bedanya, kamu tidak menggunakan uang beneran, dan tidak membeli ataupun menjual saham secara nyata. Namanya juga virtual!

Perlunya Trading Saham Online Gratis

Untuk bisa melakukan simulasi virtual trading sebetulnya nggak perlu software khusus lho, walaupun kini memang banyak platform yang menyediakannya. Tanpa uang beneran, kamu bisa melakukan analisa saham, memantau market dan mengambil keputusan trading dengan menggunakan uang virtual, jadi nggak bakal rugi.

Demi menarik minat calon nasabah, saat ini setiap perusahaan Sekuritas tempat kamu membuka rekening saham pasti akan memberikan software trading, dan di dalamnya akan ada fitur untuk melakukan simulasi virtual trading.

Virtual trading sangat besar manfaatnya karena akan membantu para trader baru mempelajari dan menguasai medan pasar modal dan analisa saham, fluktuasi harga, tanpa harus menanggung risiko di depan. Kalau bisa belajar gratis, kenapa harus berbiaya, kan?

Melakukan virtual trading ini disarankan untuk tidak berlama-lama, karena pada dasarnya tak ada patokan yang pasti dalam trading saham. Cukup sampai dengan mampu mengenali beberapa pola dan merasakan beberapa gejala, maka insting trading kamu sebenarnya sudah mulai terasah, dan akan semakin tajam seiring perjalanan waktu.

Ini adalah aktivitas yang sifatnya bisa karena biasa, persis seperti insting berburu bagi serigala: semakin sukses, semakin buas!

4 Aplikasi Trading Saham Online Gratis Terpercaya

Para penggiat aplikasi digital pasti sudah melihat jelas peluang bisnis simulasi trading saham bagi pemula dari jauh hari. Maka mereka pun berlomba-lomba meluncurkan aplikasi trading saham online gratis. Di antara sekian banyak, berikut ini adalah pilihan terbaiknya:

1. Stockbit

Via aplikasi ini, tak hanya trading secara real, para pengguna juga dapat melakukan virtual trading, dengan dana virtual, sehingga kamu dijamin tidak akan mengalami kerugian sepeserpun, namun pasti akan memperoleh pembelajaran, pengetahuan dan insight dunia trading yang sangat bermanfaat.

Demo simulasi yang disediakan untuk virtual trading di Stockbit disesuaikan dengan pergerakan data sesungguhnya di BEI. Deretan fitur yang melengkapinya antara lain adalah: order book, buy, sell, order list, trade list, holdings (portfolio), account, dan notifikasi.

2. RTI Business

RTI Business memiliki fitur simulasi trading saham terbaik bernama IDX Virtual Online Trading. Fitur simulasi ini akan sangat membantu para pemula dalam berlatih investasi atau trading saham karena memiliki transaksi yang mirip sekali dengan aplikasi pada perusahaan Sekuritas, sehingga pengalamannya terasa bagaikan transaksi sungguhan.

Kesempurnaan IDX Virtual Online Trading ditambah dengan fasilitas dana virtual senilai Rp100.000.000 untuk modal awal bertransaksi, WOW! Pasti seru rasanya punya dana investasi sebesar itu ya! Namun syaratnya, fitur ini baru bisa digunakan setelah kamu melakukan registrasi sebagai member.

3. StockMarketSim

StockMarketSim adalah alternatif aplikasi lain yang nggak kalah keren, yang bisa digunakan untuk simulasi trading saham ataupun investasi. StockMarketSim merupakan game pasar saham virtual yang dikeluarkan oleh LineCentury, Inc.

Tak kalah serunya, setiap pengguna dapat melakukan simulasi trading dengan dana virtual mulai dari USD10.000 yang setara dengan Rp150.000.000 jika dipehitungkan dengan kurs Rupiah per 1 USD = Rp15.000, dan dapat melakukan perdagangan tanpa batas kapan saja.

4. Nabung Saham GO

Pengguna dapat belajar investasi saham dengan cara yang unik dan menyenangkan layaknya bermain game melalui Nabung Saham GO, tapi wajib membuat user name dan avatar terlebih dahulu saat pertama kali bermain.

Begitu pengguna masuk ke permainan, ia akan didemonstrasikan bagaimana caranya memulai karir sebagai salaryman dengan penghasilan Rp2.000/10 detik dan akan diberi cash game senilai Rp100.000.000, yang dapat ditingkatkan dengan cara transaksi saham, upgrade skill, dan menjawab kuis yang ada.

Akan ada 10 saham yang bisa ditransaksikan dalam game ini. Dalam setiap 1 menit akan terjadi perubahan harga otomatis, dengan batas kenaikan 20% dan batas penurunan 10%. Namun sayangnya kekurangan Nabung Saham GO adalah harga saham tidak mengikuti real market.

Selanjutnya juga akan terdapat portofolio yang akan menampilkan laporan investasi saham yang sudah dimiliki, dan disajikan lengkap dengan perhitungan profit/loss berdasarkan harga saham terakhir.

Aplikasi Nabung Saham GO ini merupakan hasil kreasi Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan, bersama PT Winratama Perkasa melalui WinGamers.

Contoh Cara Trading Saham Online Gratis

Sulit nggak sih mengoperasikan aplikasi simulasi trading saham online gratis? Nggak kok, para pencipta aplikasinya pasti telah merancangnya menjadi sesimple mungkin, agar semakin banyak peminat yang bisa aktif menggunakannya. Yuk, ikuti contoh salah satunya berikut ini:

Cara menjual saham yang sudah kamu miliki di fitur virtual trading pada mobile app Stockbit: 

  1. Klik Portfolio pada mobile app Stockbit
  2. Geser (swipe) ke kiri kolom sahamnya pada kolom saham yang ingin kamu jual, kemudian akan keluar tombol Sell pada sisi kiri.
  3. Untuk menjual saham, kamu juga bisa mengklik kolom perusahaan yang ingin kamu jual, lalu pada tampilan yang muncul kemudian, klik Sell.
  4. Langkah selanjutnya kamu bisa memilih jumlah Lot (satuan gabungan lembar) yang ingin kamu jual. Cara lainnya bisa juga dilakukan dengan menulis jumlahnya pada kotak Lot, atau dengan menggunakan Slider. Lalu kamu bisa pilih harga jual yang diinginkan.
  5. Segera setelah kamu mengklik tombol Sell, akan keluar Preview Order. Jika kamu yakin ingin menjual, klik Confirm. Dan jika kamu ingin membatalkan, klik Cancel.
  6. Kamu akan bisa melihat status penjualan saham pada halaman Order jika proses penjualan berhasil. Pada kolom status akan ditampilkan OPEN jika order Sell kamu belum terisi. Apabila ditolak maka akan ditampilkan REJECTED, dan apabila sudah terisi akan ditampilkan MATCH.

Gimana, nggak rumit kan? Coba deh manfaatkan aplikasi-aplikasi keren ini demi mengasah ketajaman insting trading saham kamu. Dapatkan di perusahaan Sekuritas pilihanmu, ataupun di situs-situs terkait. Dijamin nggak nyesel, hitung-hitung training praktek gratis kan?

Sambil mengejar passion trading saham, jangan lupa kembangkan terus portfolio investasimu dan minimalkan risikonya dengan investasi yang berintegritas, fleksibel dan menguntungkan seperti reksa dana di Ajaib.

Aplikasi Ajaib ini mudah, menu pilihan paket investasi variatif, minimum modal hanya Rp10.000, menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta diawasi penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, Ajaib tetap jadi pilihan cerdas untuk kaum milenial.

Artikel Terkait