Pajak Mini Cooper 2019: Harga Mewah, Pajak Wah

pajak mini cooper
pajak mini cooper

Memiliki mobil mewah adalah impian setiap orang. Di Indonesia, mobil mewah identik dengan pajak tahunan yang cukup tinggi. Salah satunya adalah pajak Mini Cooper. Pajak ini berkisar antara Rp8.000.000 – Rp10.000.000.

MINI merupakan merek perusahaan otomotif asal Inggris yang dimiliki oleh BMW. Salah satu produk legendaris dari MINI adalah Mini Cooper.

Seperti yang kita ketahui, mobil ini tergolong mewah di Indonesia. Sebab, harganya cukup mahal.

Pada 2018 lalu, driver ojek online bernama Dedi Heryadi berhasil membawa pulang MINI Cooper hanya dengan harga Rp12.000 dari program Harbolnas Bukalapak.

Namun, ia kebingungan bagaimana caranya untuk membayar pajak MINI Cooper yang didapatkannya. Bukalapak sendiri tidak menanggung biaya pajak dan pengurusan surat mobil tersebut.

Perhitungan Pajak

Mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) No 29 Tahun 2012 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

MINI Cooper yang diperoleh Dedi adalah varian 3-door yang dijual sebesar Rp720.000.000. Untuk biaya BBNKB tersebut, Dedi harus membayar sekitar Rp72.000.000.

Lalu, pajak MINI Cooper yang harus dibayar setiap tahunnya adalah Rp10.800.000. Artinya, Dedi harus membayar pajak MINI Cooper dengan total Rp82.800.000.

Harga Varian MINI Cooper

Biaya pajak MINI Cooper memang berbeda-beda, tergantung dari jenis atau varian mobil tersebut. Sebagai bahan perhitungan, berikut ini adalah harga untuk varian MINI Cooper 2019:

MINI Cooper termasuk ke dalam kategori mobil mewah atau premium, karena harga jualnya di Indonesia melebihi Rp500.000.000. Meskipun harganya cukup mahal, namun MINI Cooper telah dibekali dengan berbagai kecanggihan teknologi dan mesin bertenaga besar.

Pajak Mobil Mewah

Pajak MINI Cooper atau pajak mobil mewah  bisa mencapai hingga 125%. Selain itu, ada pajak lain yang harus ditanggung saat kamu ingin memiliki mobil mewah.

Pajak lain tersebut adalah bea masuk. Bea masuk sendiri telah dihitung setara untuk setiap jenis mobil mewah yang dibeli, yaitu sebesar 50%. Sebelumnya, bea masuk yang diterapkan antara 10% – 50%, tergantung dengan jenis mobil yang dibeli.

Selain bea masuk, terdapat pajak lain yang harus ditanggung, yaitu PPh 22 Barang Impor. Pajak ini memiliki besaran sekitar 10%. Awalnya, PPh 22 Barang Impor hanya berkisar antara 5,5% – 7,5% tergantung dengan jenis mobil yang dibeli.

Selain pajak pembelian, kamu juga masih harus menanggung Pajak Kendaraan Bermotor yang harus dibayar setiap tahunnya. Seperti yang disampaikan dalam Perda DKI Nomor 2 Tahun 2015, kepemilikan pertama adalah sebesar 2%, kedua sebesar 2,5%, dan seterusnya hingga kepemilikan ketujuh belas sebesar 10%. Kepemilikan selanjutnya akan dikenakan tarif yang sama, yaitu sebesar 10%.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait