Nasib saham BEKS setelah Rights Issue pada Akhir 2019

saham-beks
saham-beks

PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS) bakal melakukan penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau Rights Issue pada akhir 2019. Lalu apakah hal ini mempengaruhi saham BEKS?

Sebelumnya, rencana ini akan berjalan setelah bank milik Pemprov Banten ini mendapat suntikan dana atau modal dari APBD Provinsi sekitar Rp300 miliar.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Pemprov Banten melalui PT Banten Global Development akan melakukan rights issue demi mempertahankan kepemilikannya sebesar 51%. Untuk sisanya, Bank Banten akan mencari mitra sebagai pembeli siaga atau standby buyer.

Sebelumnya, ada dua investor yang dikabarkan berminat untuk menjadi pemegang saham BEKS melalui rights issue pada semester II-2019.

Dua orang eksekutif menyatakan, dua calon investor tersebut telah melakukan penelaahan secara terpisah. Calon investor tersebut adalah bank swasta dan bank BUMN.

Menurut eksekutif lain, salah satu investor telah bertemu dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membicarakan soal investasi suntikan dana ke Bank Banten.

Sampai periode Februari 2019, Bank Banten mencatatkan rugi bersih Rp40,42 miliar, naik 72,93% dibandingkan periode yang sama pada 2018, senilai Rp23,37 miliar.

BEKS juga mencatatkan pendapatan bunga bersih (Net Interest Income/NII) negatif, senilai Rp3,48 miliar. Padahal pada Februari 2018, Bank Banten masih mencatat NII positif senilai Rp18,23 miliar.

Artinya pendapatan bunga dari kredit lebih kecil dibandingkan beban bunga untuk dana pihak ketiga Hingga Februari 2019, Bank Banten pendapatan bunga senilai Rp92,24 miliar, dan beban bunga Rp95,73 miliar.

Jadi, untuk kamu yang mempertimbangkan untuk memberi saham BEKS, ada baiknya dulu mempelajari kasus ini. Pasalnya, semenjak diakuisisi Pemerintah Provinsi Banten dari tahun 2016, BEKS belum pernah meraih keuntungan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait