Nama Pahlawan Nasional yang Berjasa dalam Sejarah Indonesia

nama pahlawan nasional
nama pahlawan nasional

Redaksi Ajaib telah menghimpun nama Pahlawan Nasional Indonesia yang berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Tentunya perjuangan mereka memang harus kita jaga. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini.

Dalam mencapai kemerdekaannya pada 1945, Indonesia telah melewati perjuangan yang tidak mudah. Pahlawan kita harus melawan para penjajah yang ingin menguasai Indonesia.

Hal itu disebabkan karena Indonesia memiliki beragam kekayaan dan sumber daya yang melimpah dari Sabang hingga Merauke.

Perjuangan yang dilakukan oleh Indonesia memang tidak terlepas dari jasa para pahlawan yang bertanggung jawab memimpin gerakan perlawanan dari penjajah.

Atas keberanian yang mereka lakukan untuk tercapainya kemerdekaan, Pemerintah RI memberikan gelar Pahlawan Nasional Indonesia kepada mereka yang telah melawan penjajah.

Mereka yang diberikan gelar Pahlawan Nasional berasal dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari pejuang, tokoh politik, perdana menteri, presiden, pemuka agama, tokoh masyarakat, hingga bangsawan.

Untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa mereka, maka kamu harus mengetahui sejarah perjuangannya ketika melawan penjajah.

Berikut ini adalah nama pahlawan nasional Indonesia yang harus kamu ketahui:

Ir. Soekarno

Soekarno merupakan Presiden pertama di Indonesia. Beliau juga mendapat sebutan sebagai bapak proklamator kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Selain menjadi orator terbaik dan cerdas, Soekarno mampu menciptakan semangat nasional Indonesia. Selama masa-masa penting, Soekarno pernah mencetuskan negara Pancasila, sehingga tercipta konsep dasar negara tersebut yang digunakan oleh Indonesia hingga sekarang.

Jenderal Sudirman

Beliau merupakan panglima tentara pertama di Indonesia dengan jabatan Jenderal Besar TNI Anumerta Sudirman yang diperolehnya pada usia 31 tahun.

Pahlawan Nasional Indonesia ini juga sangat berjasa dalam memperjuangkan Indonesia di masa Revolusi Nasional Indonesia.

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta merupakan salah satu pahlawan Indonesia yang dikenal dengan Bung Hatta. Bung Hatta sendiri adalah Wakil Presiden Ir. Soekarno.

Bersama Ir. Soekarno, Bung Hatta mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Proklamator. Selama menjadi Wakil Presiden, ia banyak menulis tentang ilmu koperasi. Sehingga, ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi.

Cut Nyak Dhien

Cut Nyak Dhien merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia yang memiliki perjuangan untuk melawan para penjajah Belanda.

Ia adalah istri dari seorang pahlawan Indonesia bernama Teuku Umar yang gugur di medan perang pada 1899.

Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro merupakan putra pertama dari Raja Mataram, yakni Sultan Hamengkubuwono III. Ia mendapat julukan Pangeran Diponegoro, karena telah memimpin Perang Diponegoro pada 1825 – 1830 untuk melawan Pemerintah Hindia-Belanda.

Ki Hajar Dewantara

Pahlawan yang memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini, merupakan salah satu aktivis pergerakan kemerdekaan, politisi, dan pelopor di bidang pendidikan.

Ki Hajar Dewantara juga dikenal sebagai pendiri lembaga pendidikan untuk pribumi yang bernama Taman Siswa.

Tuanku Imam Bonjol

Ulama yang berasal dari Sumatera Barat ini dikenal dengan beberapa gelarnya, seperti Peto Syarif dan Malin Basa. Beliau merupakan pemimpin perang Padri pada 1803-1838.

Selama perjuangannya, ia pernah diasingkan hingga wafat dan dimakamkan di Minahasa pada 6 November 1864.

Pattimura

Pattimura atau Kapitan Pattimura memiliki nama asli Thomas Matulessy. Ia dikenal sebagai pemimpin pasukan pada peperangan besar, salah satunya perang pada 1817 silam.

Selain itu, ia juga mampu menyatukan semangat dari Kerajaan Ternate dan Tidore. Perang tersebut merupakan peperangan Pattimura yang paling ganas.

Itulah nama Pahlawan Nasional Indonesia yang perjuangannya begitu berpengaruh terhadap sejarah Indonesia. Mana favoritmu?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait