Saham

Nabung Saham 100 Ribu Per Bulan? Ini Dia Caranya

Ilustrasi nabung saham 100 ribu per bulan
Ilustrasi nabung saham 100 ribu per bulan

Ajaib.co.id – Nabung saham 100 ribu per bulan dapat asuransi 500 juta bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Jika belum mengenal investasi saham, hal tersebut memang terlihat mengada-ada. Tak heran, selama ini beli saham selalu dikaitkan dengan investasi besar yang membutuhkan dana jutaan rupiah. Namun, kenyataannya, saham sudah bisa jadi pilihan investasi yang bisa dilakukan siapa saja.

Salah satu kuncinya adalah menabung secara rutin. Jika kamu tertarik dengan konsep nabung saham 100 ribu per bulan dapat asuransi Rp 500 juta, redaksi Ajaib akan menjelaskannya padamu melalui artikel berikut. Namun sebelumnya, pahami dulu cara sederhana berinvestasi saham agar bisa mengaplikasikannya.

Prinsip Investasi Saham

Saham adalah jenis investasi yang membuat kamu memiliki bagian kepemilikan dari perusahaan publik dengan cara menyetorkan sejumlah dana. Dana yang kamu setorkan itu akan dikelola oleh perusahaan untuk memberikan keuntungan yang disebut dengan dividen. Selain dividen, kamu juga bisa mendapatkan capital gain, yaitu selisih harga beli dan harga jual saham di pasar modal sekunder.

Satuan pembelian saham yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia sebagai penyelenggara jual beli efek di Indonesia adalah lot. Nominal pembelian saham minimum yang harus ditentukan adalah 1 lot. Kini, 1 lot sama dengan 100 lembar saham.

Jadi, jika kamu memilih perusahaan dengan harga sahamnya per lembar maksimal Rp 1000 dan melakukan pembelian 1 lot saham, kamu hanya cukup mengeluarkan uang Rp100 ribu saja. Pastinya hitungan ini sangat cocok bagi kamu sebagai investor pemula.

Cara Membeli Saham

Banyak kampanye mengenai investasi misalnya reksa dana hingga saham. Pastinya kamu sering mendengar kampanye yuk nabung saham. Rata-rata banyak orang yang merasa ragu untuk membeli saham. Maka dari itu, kamu perlu memahami cara membeli saham yang tepat.

1. Membuka Rekening Saham

Kamu tidak bisa membeli saham sendiri ke BEI karena proses pembelian saham harus dilakukan melalui perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas akan membantumu membuka rekening efek atau rekening saham.

Nantinya akan dilakukan untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas dan akan disampaikan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Bisa dibilang, rekening saham adalah rekening penyimpanan saham milikmu.

Pembukaan Rekening Saham di Aplikasi

Setelah tahu harus membuka rekening saham, pertanyaan berikutnya adalah di mana kita bisa membuka rekening saham? Pembukaan rekening saham bisa dilakukan dengan menghubungi perusahaan sekuritas atau menggunakan bantuan aplikasi online trading yang bisa diakses melalui ponsel pintar secara online.

Aplikasi online trading ini bisa dikatakan multifungsi. Selain digunakan untuk membeli saham yang diinginkan, kamu juga akan dibantu dengan adanya data pergerakan harga saham dan rekomendasi perusahaan terbaik untuk investasi.

Selain membuka rekening saham, setiap investor juga diwajibkan untuk membuka Rekening Dana Investor (RDI) yang ditempatkan pada bank. Fungsi RDI ini berbeda dengan rekening saham yang digunakan untuk penyimpanan saham. RDI akan digunakan untuk transaksi saham yang kamu lakukan. Jadi, dana yang kamu miliki tidak akan bercampur dengan dana di rekening saham.

Salah satu aplikasi online trading yang bisa kamu pilih untuk memudahkan investasi adalah Ajaib. Kamu bisa membuka rekening sekaligus melakukan transaksi saham dengan biaya yang lebih murah sampai dengan 50%. Sebagai gambaran, ini adalah tabel biaya yang dibebankan padamu jika melakukan investasi melalui Ajaib:

2. Mulai Berinvestasi

Setelah proses pembuatan rekening saham dan RDI selesai, kamu sudah bisa melakukan investasi pertamamu. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa kamu lakukan:

Tentukan tujuan investasi

Semua investasi harus memiliki tujuan. Hal ini nantinya akan menentukan jumlah dana yang harus kamu alokasikan setiap bulannya. Jika kamu ingin melakukan investasi dengan tujuan jangka panjang, kamu harus mengerti bahwa penyetoran dana tiap bulan harus dilakukan agar tujuan investasimu bisa tercapai.

Prinsip investasi saham adalah bisa mendapatkan keuntungan jika investasi yang dilakukan makin besar. Namun, jangan khawatir, seperti kata pepatah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”, nabung saham 100 ribu per bulan bisa jadi awal yang baik untukmu.

Beli saham perusahaan dengan kinerja baik

Setelah menentukan tujuan investasi, kamu bisa mulai membeli saham perusahaan yang kamu inginkan. Usahakan kamu memilih perusahaan di industri yang kamu sukai dan pahami. Hal ini akan sangat membantumu dalam melakukan analisis fundamental maupun teknikal yang akan dilakukan untuk berinvestasi.

Selain itu, pilih juga perusahaan dengan kinerja baik dan tahan dari goncangan resesi ekonomi. Jika perusahaan bekerja dengan baik, dividen pasti akan dibagikan. Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk menabung saham 100 ribu per bulan? Jangan ragu, ayo mulai berinvestasi apapun tujuanmu!

Artikel Terkait