Cryptocurrency

Moon Bitcoin Cash & Istilah Lain dalam Investasi Bitcoin

Moon Bitcoin Cash & Istilah Lain dalam Investasi Bitcoin

Ajaib.co.id – Moon Bitcoin Cash belakangan menjadi nama yang diperbincangkan, terutama bagi orang-orang yang investasi bitcoin. Mata uang virtual yang sudah ada semenjak tahun lalu ini memang perlahan mulai menjadi alternatif bagi generasi millenial dan generasi setelahnya untuk berinvestasi. Popularitas investasi bitcoin tentunya juga dibantu oleh Moon Bitcoin Cash itu sendiri.

Meskipun keberadaaan investasi lain seperti investasi saham dan investasi emas masih lebih populer, namun bukan tidak mungkin dengan perkembangan teknologi, kemudahan akses dan keuntungan yang akan terus berlipat ganda, investasi bitcoin akan mulai merajalela dalam beberapa tahun ke depan.

Berikut beberapa istilah selain Moon Bitcoin Cash yang populer digunakan, baik oleh masyarakat Indonesia atau para investor bitcoin yang ada di seluruh penjuru dunia.

Anonimitas

Salah satu perbedaan antara penggunan bitcoin dengan uang biasa secara online adalah bitcoin bisa digunakan tanpa koneksi internet yang akan mengekspos identitas sebenarnya dari pengguna. Kecuali jika seseorang memilih menghubungkan nama aslinya dengan alamat bitcoin, sangat suli untuk mengetahui siapa nama pemilik asli dari alamat tersebut.

Bitcoin tidak melacak pengguna, namun justru melacak alamat di mana uang mereka berada. Setiap alamat yang ada memiliki 2 informasi kriptografi penting, atau bisa juga disbut kunci: satu yang publik dan satu yang privat. Seperti namanya, alamat publik oleh semua investor bitcoin, sementara alamat privat yang dilengkapi dengan kata sandi hanya bisa diakses oleh pemiliknya.

The Blockchain

Jika Moon Bitcoin Cash digunakan untuk mendapatkan bitcoin, maka tentunya kamu perlu membelanjakannya, di sinilah istilah The Blockchain akan muncul.

The Blockchain adalah situs global tempat berkumpulnya pengguna dari bitcoin, baik itu penjual atau pembeli. The Blockchain merekam setiap transaksi yang terjadi di jaringan bitcoin. Selain itu, The Blockchain juga melacak bitcoin baru yang dihasilkan. Dengan dua fakta ini, The Blockchain memastikan berapa banyak uang atau bitcoin yang dihasilkan sepanjang waktu.

Mining

Untuk mendapatkan bitcoin, seorang penambang perlu memecahkan soal matematika, seperi yang ada di Moon Bitcoin Cash. Namun, kesulitan soal matematika sangat bergantung kepada berapa banyak orang yang menambang bitcoin pada saat itu. Karena soal matematika yang sulit, biasanya para penambang harus menghitung dengan processor yang sangat kuat. Biasanya, processor ini tersedia pada CPU, kartu grafis, hingga di sebuah mesin spesial bernama ASICs.

Dompet atau Wallets

Dompet memudahkan kamu untuk melacak semua alamat publik dan privat yang pernah bertransaksi dengan kamu. Sekali lagi, karena alamat bitcoin biasanya anonim, maka setiap orang bisa memiliki alamat sebanyak apapun yang mereka mau. Ini tentunya akan memudahkan kamu untuk mengontrol kesepakatan dengan pengguna lain.

Bonus Bitcoin

Bonus Bitcoin adalah faucet crypto di mana kamu sebagai pengguna bisa mendapatkan Bitcoin secara gratis hingga 5.000 setiap 15 menit. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bonus secara otomatis sebesar 5% setiap hari pada tengah malam. Di mana, pembayaran dari Bonus Bitcoin Faucet ini dilakukan secara instan dan langsung ke akun CoinPot Anda.

Moon Dash Faucet

Kamu sebagai pemilik crypto bisa mendapatkan DASH gratis dan mengklaimnya atau claim amount setiap 5 menit. Faucet DASH akan secara bertahap terisi hingga kamu mengajukan klaim. Di mana, kamu bisa mengajukan klaim dengan jumlah yang lebih kecil atau mengklaim sekali sehari. Namun, kamu tetap harus menjaga halaman Moon Dash dan jangan gunakan Adblocker.

Dengan berbagai istilah di atas dan akses ke Moon Cash, maka investasi bitcoin kamu seharusnya berjalan dengan lancar. Jika kamu tertarik kepada investasi lain, seperti investasi reksa dana, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Ajaib di ponsel pintar kamu.

Reksa Dana, Instrumen Investasi Lebih Aman & Stabil

Dengan investasi reksa dana, kamu bisa memulainya kapan dan di mana saja. Selain itu, kamu juga tidak perlu melakukan analisa seperti bermain saham ataupun bitcoin. Kamu hanya perlu menentukan tujuan investasi, pilih jangka waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya ketika kamu ingin berinvestasi untuk dana pendidikan anak sekolah di Universitas. Sedangkan saat ini anak kamu masih ada di usia 5 tahun, maka kamu bisa memilih investasi jangka panjang dan dengan risiko yang lebih stabil.

Dengan mengetahui tujuan dan jangka waktu investasi, kamu jadi lebih mudah menentukan jenis investasi yang akan kamu pilih nantinya. Di mana, reksa dana bukan hanya satu jenis, tapi memiliki beberapa jenis mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Di mana, masing-masing jenis investasi memiliki return dan risiko yang berbeda. Return yang besar maka risikonya juga besar, sedangkan risiko rendah maka returnnya juga lebih rendah.

Nah, setelah mengetahui jenis investasi yang kamu pilih, kamu bisa memilih manajer investasi. Pastikan kamu memilih manajer investasi dengan portfolio sesuai dengan tujuan investasimu. Cek dengan baik kemana dana yang akan dikelola oleh manajer investasi, apakah ke jenis reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, ataupun ke reksa dana saham. Itu semua penting kamu perhatikan karena akan memengaruhi risiko maupun profit yang akan kamu dapatkan.

Bagi kamu investor pemula yang masih bingung memilih jenis investasi reksa dana yang sesuai, kamu bisa memanfaatkan platform reksa dana Ajaib. Di mana, dengan Ajaib kamu bisa melakukan konsultasi secara langsung dengan ahli investasi dan menentukan jenis investasi yang paling sesuai dengan tujuan kamu!

Selain itu, dengan Ajaib kamu bisa mendapatkan return yang lebih stabil, juga risiko yang lebih rendah. Sehingga, cocok bagi kamu para pemula yang baru mulai belajar investasi. Bukan hanya itu, dengan Ajaib kamu tidak akan menemukan beberapa istilah reksa dana yang rumit. Di sini, kamu akan mendapatkan istilah yang mudah dipahami, hal inilah yang membuat Ajaib cocok buat kamu memulai investasi pertamamu. Yuk mulai investasi reksa dana sekarang di Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Abdul Halim Barkatullah dan Teguh Prasetyo. (2006). Bisnis E-Commerce: Studi Sistem Keamanan dan Hukum di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait