Meningkatkan Penghasilan Anda Melalui Freelancing

test alt text
Anda menawarkan layanan sebagai karyawan penuh waktu atau paruh waktu untuk bisnis atau individu lain, biasanya Anda akan dibayar berdasarkan hitungan jam atau per proyek, secara dari jarak jauh atau bahkan dari rumah.
Freelancing tidak lain adalah cara untuk menghasilkan uang dengan memberikan layanan yang Anda kuasai, kepada orang lain yang membutuhkannya. Anda dibayar untuk waktu yang Anda habiskan untuk melakukan pekerjaan. Bagaimanakah caranya memulai untuk menjadi freelancing?
# Pilih Bidang Keahlian
Anda pastinya ingin dikenal sebagai ahli dalam suatu bidang, baik itu membuat situs web, menulis artikel, mendesain logo, atau membuat kampanye SEO yang sukses. Oleh karena itu, Anda perlu tahu di mana letak kekuatan Anda. Sedikit tips untuk Anda: Pilih bidang yang Anda minati, miliki keterampilan yang dapat dipasarkan, dan rela dibayar berapa saja asalkan sesuai oleh klien ketika pertama kali memulai.
# Mendaftar Di Beberapa Situs Freelancing
Ketika Anda ingin memulai menjadi freelancer, akan sulit untuk mendapatkan proyek yang sesuai. Mendaftar di beberapa situs web freelance dan menawar proyek yang dapat Anda tangani merupakan salah satu langkah yang tepat. Beberapa situs yang paling populer adalah Freelancer, Kerja keras, Elance, Peopleperhour, Fiverr.
Sama seperti berinvestasi, terlalu banyak situs web lepas juga dapat mengganggu fokus Anda. Pilihlah situs web 3 atau 4 teratas dan fokuslah untuk mendapatkan pekerjaan dari sana. Pindahlah hanya jika Anda tidak mendapatkan proyek apapun dari situs web tersebut untuk jangka waktu yang lama.
# Mulai dengan Menawarkan Harga yang Lebih Murah
Mulailah menawar dengan harga sangat rendah untuk memulai di situs web freelance. Setelah Anda berhasil menyelesaikan beberapa proyek dan telah mengumpulkan beberapa ulasan positif, Anda dapat mulai mengenakan tarif yang wajar.
Ingat untuk selalu mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Fokuslah pada beberapa proyek khusus sebelum mengambil proyek yang jauh lebih besar. Untuk memenangkan proyek yang lebih besar, Anda harus memiliki reputasi yang kuat di situs web freelance tersebut. Ini biasanya membutuhkan usaha berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk membangunnya.
Anda dapat menjadi freelance di hampir semua jenis Pekerjaan, baik dari proyek pembelajaran mesin pencari hingga pekerjaan seperti entri data sederhana. Berikut adalah beberapa yang paling populer di mana orang-orang dari Indonesia menghasilkan banyak uang: Les online, Desain web dan Desain Grafis, dan Penulis Konten.
Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang ketika mereka mulai dengan pekerjaan freelancer:
# 1: Tidak memastikan kelayakan Anda untuk melakukan pekerjaan freelancer
Pekerjaan freelancer dapat menjadi ilegal jika Anda bekerja penuh waktu dan kontrak kerja Anda mencegah Anda bekerja untuk orang lain. Sebelum Anda mulai menerima proyek freelance, pastikan Anda diizinkan secara hukum untuk menerima proyek paruh waktu. Periksa kontrak yang ada yang mungkin berlaku dalam kasus Anda.
# 2: Mencoba memainkan perang harga
Ketika Anda mulai, Anda pasti akan mencoba untuk memotong harga tawaran orang lain untuk memenangkan proyek. Tapi itu bukan strategi jangka panjang yang berkelanjutan. Mulailah untuk menagih tarif nominal begitu Anda telah memiliki reputasi yang bagus di situs web lepas.
# 3: Tidak menindaklanjuti setelah penawaran untuk suatu proyek
Selalu tindak lanjuti setelah penawaran untuk suatu proyek. Ini menunjukkan kepada client bahwa Anda serius tentang pekerjaan itu. Ini juga membantu Anda menonjol dari ribuan pelamar lain yang mencoba memenangkan proyek. 99% dari mereka tidak menindaklanjuti penawaran yang sudah ditawarkan.
Selain itu, terdapat juga beberapa tips bagi Anda yang giat untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan jumlah jam kerja yang sama:
# 1: Bangun merek pribadi
Situs freelance adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan proyek awal. Namun, Anda perlu membuat merek di luar situs web freelance. Biarkan klien menemukan Anda alih-alih Anda mengejar klien yang ingin membuat Mercedes Benz dengan harga Toyota Avanza.
Dalam pengalaman pribadi saya, ketika klien menemukan Anda melalui referensi pribadi atau situs web Anda, mereka lebih bersedia untuk menyetujui harga Anda tanpa mencoba untuk menawar. Kesepakatan juga lebih lancar karena orang-orang yang datang kepada Anda memiliki masalah nyata yang perlu diselesaikan dengan cepat.
# 2: Fokus pada pelanggan tetap
Lebih mudah menjual ke pelanggan yang sudah ada daripada yang baru. Setelah Anda membangun hubungan dengan majikan, pertahankan. Kebanyakan orang lebih suka bekerja dengan seseorang yang mereka sukai bahkan jika biaya Anda lebih tinggi.
# 3: Bekerjasama dengan freelancer lain untuk memberikan solusi yang lengkap
Mungkin Anda yang terbaik dalam hal pengkodean aplikasi web yang efisien. Namun, ketika datang ke keterampilan desain Anda, ada banyak yang harus ditingkatkan. Jika Anda terikat dengan desainer kreatif yang baik, sekarang Anda dapat menyediakan layanan desain web yang lengkap.
Proyek yang lebih besar biasanya datang dengan persyaratan yang lebih kompleks. Jika Anda memiliki sumber daya yang dapat Anda manfaatkan, yang terbaik adalah mengambil proyek dan mengalihdayakan bidang-bidang yang tidak termasuk dalam keahlian Anda.
Jika Anda tidak yakin dengan freelance penuh waktu, mulailah dengan paruh waktu. Setelah Anda merasa lebih nyaman dengan pendekatan kerja-dari-rumah (work from home) dan Anda mulai mendapatkan upah yang setara dengan gaji penuh waktu Anda secara konsisten, Anda dapat bekerja penuh waktu.
Risiko berlaku untuk pekerja freelance dan juga si pemberi kerja. Sebagai seorang freelancer, sebelum Anda berkomitmen pada suatu proyek, lihatlah peringkat dan riwayat perekrutan orang yang telah memposting pekerjaan. Terkadang, Anda akan memiliki lebih banyak proyek daripada yang dapat Anda tangani. Terkadang, Anda mungkin tidak memiliki proyek sama sekali. Oleh karena itu, sangat penting juga bagi seorang freelancer memiliki dana darurat.
Share to :
Artikel Terkait