Investasi

Mengenal Social Trading, Platform Belajar untuk Trader Pemula

Ajaib.co.id – Internet menawarkan kemudahan bagi siapapun yang ingin menginvestasikan uangnya di berbagai instrumen investasi apapun, salah satunya trading. Internet menyediakan platform bagi trader yang ingin mengembangkan kemampuan trading-nya, biasanya para trader akan berkumpul dalam satu grup untuk memberikan tips & trik menjadi trader yang sukses. Istilah ini dinamakan Social Trading.

Semua berawal di forum online dari tahun 2000an. Pengguna internet mulai memanfaatkan internet untuk berinteraksi dan berbagai dan berbagi informasi terkait apapun, termasuk trading. Kini seiring tingginya minat individu yang ingin menjadi trader, social trading platforms terus bertambah yang bertujuan memudahkan para trader untuk berbagi dan mengikuti jejak trader sukses melalui forex copy hingga akhirnya menemukan trading strategy-nya sendiri.

Di awal populernya internet, mencari tahu tentang trading seperti menjadi orang biasa yang memasuki dunia penyihir, penuh dengan kebingungan. Mempelajari trading artinya membaca buku tebal yang ditulis oleh investor kelas atas untuk mempelajari trading dari A hingga Z dan kemudian harap-harap cemas uang mereka tidak hilang. Namun bagi mereka yang memiliki uang lebih, solusi teraman adalah menyewa manajer keuangan pribadi.

Seperti halnya investasi, trading juga membutuhkan analisis dan penelitian yang komprehensif sebelum menerapkan metode yang digunakan oleh trader yang sudah memiliki pengalaman puluhan tahun. Karena metode yang digunakan belum tentu bekerja 100% sesuai dengan yang kamu harapkan.

Bagaimana Cara Kerja Social Trading?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Social trading adalah platform dalam bentuk grup diskusi yang mempertemukan sesama trader untuk berbagi tips & trik trading. Sama halnya dengan forum-forum makanan yang membagikan rekomendasi restoran, resep makanan, dan foto makanan ke pengguna lain.

Ketika berbicara tentang social trading, trader yang memiliki kemampuan dan sedikit pengalaman tentu akan mendapatkan berbagai manfaat dari para trader berpengalaman, seperti halnya individu yang menggunakan referensi cara berpakaian selebgram/influencers dari Instagram. Forum diskusi trader ini memberikan kisi-kisi atau perspektif sukses dari strategi trader berpengalaman.

Terdapat beberapa platform untuk para trader berbagi tips & trik trading. Tujuan dari platform ini adalah membangun lingkungan trading yang sehat melalui pertukaran informasi yang bermanfaat.

InvestingNote

InvestingNote memiliki manfaat untuk pengguna yang ingin mengetahui mesin pencarian saham untuk mendapatkan informasi tentang data saham. Platform ini memiliki sejumlah fitur berguna, salah satunya mesin pencarian saham yang memungkinkan investor mengecek data saham apapun di pasar saham.

Mereka juga memiliki software charting real-time yang memungkinkan investor menyimpan chart di server dan bisa diakses setiap saat. Namun, salah satu fitur utama yang menjadi daya tarik InvesingNote adalah pengguna yang aktif tidak hanya berbagi informasi, tetapi juga membangun reputasi yang nantinya berpeluang mendapatkan hadiah berupa voucher atau fasilitas lainnya.

Sistem penghargaan seperti ini akan memotivasi anggota berkontribusi dalam membuat konten berkualitas, seperti analisis hingga prospek pasar. Beberapa pengguna bahkan mengunggah hasil trading untuk insight bagi para trader lain. Untuk saat ini, InvestingNote merupakan salah satu platform trading yang populer, pertimbangkan untuk bergabung dan mendapatkan manfaat langsung dari penggunanya.

eToro

eToro berfokus pada investor atau trader yang melakukan trading sekaligus mendapatkan rekomendasi yang bermanfaat. Platform asal Eropa memiliki fokus pada CFD Cryptocurrency, saham, valuta asing, dan komoditas, yang berarti dapat melakukan dengan akun yang kamu miliki. 

Tidak hanya menyediakan wadah untuk berbagi informasi dan rekomendasi, tetapi kamu juga bisa menyalin program trading dari para trader yang sudah sukses. Jika kamu salah satu trader yang sukses, pengguna lain dapat menggunakan salinan trading tersebut dengan bayaran yang layak. Jika kamu trader pemula, eToro memungkinkan untuk menelusuri portofolio dan berkomunikasi secara langsung dengan trader lain.

ShareInvestor

ShareInvestor merupakan platform social trading yang berfokus pada perbandingan saham dan informasi analisis saham. Mereka juga memiliki fitur berlangganan WebPro yang menawarkan data yang lebih lengkap, menjadikan ShareInvestor sebagai destinasi bagi trader yang menggunakan analisa teknikal menyeluruh dalam melakukan trading.

Mereka juga memiliki forum diskusi yang aktif yang penggunanya berbagi informasi, mengajukan pertanyaan dan diskusi trading. Namun, beberapa penggunanya merasa platform ini tidak seperti dulu lagi. Salah satu kekurangan ShareInvestor adalah desain situsnya yang terlihat sangat kuno.

Stocks Cafe

Platform yang berbasis di Singapura berfokus pada trading saham. Mereka memiliki fitur pelacakan & pengelolaan portofolio dan alat screener untuk membantu pengguna mengelola investasi mereka lebih mudah. Stocks Cafe memiliki berapa tingkatan keanggotaan, salah satunya keanggotaan gratis yang memungkinkan kamu mendapatkan profil portofolio secara terbatas dan melakukan hingga 30 transaksi dalam sebulan. 

Sama seperti platform lainnya, anggota di Stocks Cafe cukup aktif dalam berbagi informasi trading dan portofolio ke trader pemula. Mereka juga saling berbagi tips & trik trading ke sesama trader, membuat Stocks Cafe sebagai salah satu platform yang bermanfaat.

Dengan memanfaatkan fitur pelacakan portofolio, anggota bisa melakukan penyaringan portofolio yang memungkinkan untuk menemukan sesuai dengan preferensi masing-masing. Kamu juga bisa melakukan skrining berdasarkan parameter yang diinginkan, seperti hasil dividen yang dibagikan perusahaan ke pemilik saham. 

Meskipun komunitas Stocks Cafe tidak sebanyak pengguna eToro, Stocks Cafe memiliki kelebihan dalam menciptakan suasana diskusi yang sehat dan kondusif, sehingga pengguna merasa lebih nyaman dalam mengemukakan opininya seputar dunia trading. Anggota Stocks Cafe yang sudah sukses juga tidak sungkan memberikan tips penting bagi trader pemula secara gratis.

Sumber: Social Trading Platforms & Investment Blogs: InvestingNote, eToro, ShareInvestor and Others, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait