Mengenal Kain Sutra Berbenang Emas yang Memesona

Mengenal Kain Sutra Berbenang Emas yang Memesona
Mengenal Kain Sutra Berbenang Emas yang Memesona

Kain sutra merupakan jenis kain istimewa karena memancarkan keindahan dan kemewahan yang khas. Biasanya, jenis kain sutra berwarna dasar putih. Namun tahukah kamu, ada juga kain sutra berbenang emas. Ya, jenis ini dihasilkan dari benang berwarna cokelat keemasan yang sangat eksotik dan unik. Kain sutra berbenang emas dihasilkan dari Cricula Trinfenestrata. Apa itu? Cricula Trinfenestrata merupakan nama ilmiah dari ulat sutra emas. Ulat ini biasa ditemukan di pohon jambu mete.

Cricula Trinfenestrata sudah lama hidup di Indonesia, tapi belum banyak yang tahu tentang potensinya. Malahan, ulat jenis ini sering dianggap sebagai hama penganggu. Namun, setelah diadakan penelitian di Jepang dan Yogyakarta, ulat ini punya pontesi untuk dikembangkan sebagai penghasil sutra berbenang emas.

Jika dulu kita hanya mengenal ulat sutera putih pemakan daun Murbei, nama ulatnya Bombyxmori L,  ternyata masih ada jenis ulat sutera lainnya yang tak kalah potensial. Sebut saja ulat sutera emas (Cricula Tritrenstrata)  dan ulat sutera coklat (Attacus Atlas) merupakan ulat sutera asli Indonesia.

Kedua jenis ulat sutera tersebut menghasilkan serat sutra yang bernilai ekonomi tinggi sebagai bahan baku kain sutra dibandingkan ulat sutra Murbei. Ulat sutera emas dan cokelat menghasilkan serat yang sangat baik, berwarna elegan, sangat porous (menyerap keringat dan air), lebih lembut, dan dingin ketika dikenakan. Hebatnya lagi, dapat mengurangi efek dari terpaan sinar ultra violet, juga anti bakteri dan ngengat sehingga lebih awet.

Perbedaan Ulat Sutra

Ulat sutera putih, emas, dan coklat masing-masing memiliki penampilan yang berbeda. Ulat sutra putih yang biasanya mengonsumsi daun pohon murbei, berwarna putih, dan tidak berbulu, berukuran sebesar kelingking orang dewasa. 

Sedangkan ulat sutra emas memiliki bulu lebat yang bisa menyebabkan gatal, berwarna kuning keemasan serta belang hitam dan putih dan berukuran sebesar kelingking orang dewasa. 

Sementara ulat sutra coklat berukuran lebih besar yakni panjang sekitar delapan hingga sepuluh sentimeter, berbulu dan berwarna putih kecoklatan.

Harga Kain Sutra Berbenang Emas

Kain sutra benang emas ini memiliki nilai yang cukup tinggi, mulai dari harga Rp150.000 hingga Rp200.000 per kilogram. Kain sutra berbenang emas banyak diminati oleh masyarakat Jepang. Bila sudah diolah, harga sebuah scarf dari bahan sutra emas bisa mencapai harga Rp400.000. Hal ini tak lepas karena sedikitnya bahan baku dan proses penngerjaanya masih manual atau handmade.

Sekilas Tentang Sutra

Sutra adalah serat protein alami, bentuk materi yang dapat di tenun menjadi kain. Kain sutra merupakan sebuah kain yang memiliki harga tinggi sejak zaman dahulu kala ini merupakan salah satu komoditas dalam dunia bisnis dan fashion dunia yang paling berharga. 

Ada berbagai hal dari kain ini yang menarik, mulai dari kilau naturalnya, memiliki kecenderungan akan warna yang kaya, daya serap tinggi, ringan tapi kuat setara benang baja, penghantar panas yang buruk sehingga membuat pemakainya tetap merasa dingin di kala panas dan menjaga tetap hangat di kala dingin.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait