Cryptocurrency

Mengenal Faucet Crypto dan Sejumlah Token yang Menawarkan

faucet-crypto

Ajaib.co.id – Perkembangan mata uang digital atau cryptocurrency saat ini semakin meningkat tajam. Pergerakan harga yang terbilang cepat membuat banyak orang mulai memercayakan crypto sebagai aset untuk berinvestasi dalam menghasilkan profit besar. Tidak heran, jika banyak orang ingin memiliki aset mata uang digital dengan melakukan sejumlah cara selain membelinya.

Membeli, memperdagangkan, melakukan staking, dan mining mungkin menjadi sejumlah cara yang dilakukan untuk mendapatkan mata uang digital.

Namun, ada satu istilah yang dikenal dengan nama faucet crypto untuk membuat siapa pun bisa mendapatkan koin crypto secara gratis. Gratis dalam hal ini adalah kamu tidak perlu melakukan pembelian atau mengeluarkan uang untuk mendapatkan koin.

Melainkan, kamu harus melakukan sejumlah usaha yang dihadirkan sehingga bisa mendapatkan koin crypto tertentu melalui faucet crypto. Biar tidak semakin penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya mengenai faucet crypto berikut ini.

Apa Itu Faucet Crypto?

Pada dasarnya, faucet crypto sendiri merupakan aplikasi maupun situs yang mendistribusikan sejumlah kecil dari mata uang crypto untuk hadiah bagi pengguna karena berhasil menyelesaikan tugas-tugas mudah. Faucet sendiri berarti keran dengan tetesan air, karena imbalan dari usaha faucet crypto ini memang kecil yang dikirimkan ke dompet setiap pengguna.

Di mana, tugas-tugas sederhana yang dimaksud tersebut meliputi menonton iklan, menonton video produk, mengerjakan kuis, mengklik tautan, hingga menyelesaikan captcha.

Walaupun pengguna bisa mendapatkan crypto secara cuma-cuma, namun bukan berarti faucet crypto menggunakan skema untuk cepat kaya. Melainkan, hanya mendapat sedikit koin berdasarkan tugas yang diberikan.

Nantinya, koin yang didapat akan dikirimkan ke dompet digital miliki pengguna sehingga saat batas minimum pengambilan koin sudah tercapai, pengguna bisa langsung mengambilnya. Tujuan dibuatnya faucet crypto sendiri adalah untuk memberikan cryptocurrency secara gratis bagi setiap orang yang berhasil meluangkan waktu untuk mengerjakan sejumlah tugas karena memang sebelumnya popularitas crypto belum sehebat sekarang.

Cara Kerja Faucet Crypto

Pada dasarnya, faucet crypto sendiri dioperasikan berdasarkan penyelesaian tugas-tugas sederhana dan partisipasi dalam kegiatan yang disediakan. Di mana, situs yang menawarkan faucet crypto ini bisa terus memperbarui hadiah dan mengatur waktu kunci bagi setiap pengguna dalam mengklaim hadiah.

Biasanya, pengguna diharuskan untuk mendaftar di faucet crypto dengan memasukkan sejumlah detail mereka untuk alamat dompet.

Setelah pengguna berhasil menyelesaikan tugas yang dihadirkan di suatu situs, maka hadiah yang diperoleh langsung masuk ke dompet mikro yang mirip dengan dompet tradisional yang mampu mengumpulkan sejumlah kecil dari aset crypto. Segera setelah dompet mikro terisi, maka hadiah bisa secara otomatis dikirim langsung ke dompet utama pengguna.

Beberapa Koin yang Menawarkan Faucet Crypto

Dapat dikatakan bahwa faucet crypto menjadi bagian dari teknik pemasaran akan suatu koin crypto. Hal ini biasa dilakukan oleh sejumlah koin-koin yang baru dibuat dengan suplai yang masih sangat sedikit.

Dengan banyaknya jumlah koin yang tersebar dan dimiliki oleh pengguna, maka kredibilitas suatu koin dapat naik yang mempengaruhi nilai dari koin tersebut. Adapun sejumlah koin yang melakukan faucet crypto di antaranya:

Faucet Bitcoin

Di awal pengembangannya, Bitcoin juga menawarkan faucet crypto yang diperkenalkan oleh pengembang Bitcoin senior bernama Gavin Andresen di tahun 2010. Di mana, faucet Bitcoin dikembangkan agar bisa memberikan hadiah lima Bitcoin dengan menyelesaikan tugas-tugas sederhana.

Tujuannya dilakukannya faucet Bitcoin jelas untuk menyebarkan kesadaran tentang Bitcoin sebagai konsep cryptocurrency awal.

Apalagi saat itu, belum ada yang namanya bursa untuk crypto sehingga membeli Bitcoin menjadi hal yang cukup sulit dilakukan.

Faucet Ethereum

Begitu juga dengan Ethereum yang melakukan faucet crypto dengan memberi hadiah bagi pengguna berupa Ether setelah menyelesaikan tugas-tugas yang berbeda.

Adapun cara yang dilakukan agar bisa mendapatkan koin Ethereum secara gratis dengan melakukan sejumlah hal melalui Ethereum-faucet.org untuk memecahkan captcha, Allcoins.pw dengan membeli dan bermain game, Fire Faucet dengan cara penambangan browser dan menyelesaikan captcha, dan Dutchy CORP dengan memecahkan Captcha dan bermain game.

Faucet Litecoin

Tidak jauh berbeda dengan faucet Ethereum, faucet Litecoin juga memberi hadiah kepada pengguna berupa sejumlah kecil token LTC melalui Moon Litecoin dengan menyelesaikan banyak tugas dan Fire Faucet dengan cara mendaftar di situs resminya untuk melakukan tugas seperti mengunjungi tautan pendek, mengklik iklan, dan lain sebagainya.

Faucet Monero

Selanjutnya ada koin Monero yang bisa didapatkan secara gratis dengan menggunakan faucet Monero. Di mana, pengguna bisa mendapatkan token XMR pada faucet Monero setelah berhasil mengerjakan tugas meliputi penyelesaian captcha atau menonton iklan.

Mulai dari menggunakan Monerofaucet.info untuk memperoleh 0,000005 sampai 0,025 token Monero per hadiah setiap 60 menit, Express faucet untuk mengklaim hadiah sampai 0,00042754 XMR setiap empat jam sekali, dan Allcoins.pw untuk mendapatkan hadiah senilai 0,00001716 setiap lima menit.

Faucet ZCash

Lalu, ada faucet Zcash yang menawarkan hadiah Zcash secara gratis dengan menyelesaikan tugas-tugas kecil. Mulai dari Pipeflare faucet yang mendukung koin ZEC untuk diklaim setiap harinya sebesar 0,0000500 ZEC dan Globalhive faucet yang menyediakan Zcash gratis dengan klaim setiap 20 jam sebesar 0,00003100 ZEC.

Faucet Tron

Tron juga menawarkan sejumlah koin gratis yang didapatkan melalui faucet Tron. Di mana, pengguna bisa melakukan berbagai hal untuk mendapatkan koin ini secara gratis seperti bermain game, mengundang teman, menyelesaikan survei, dan beberapa hal lainnya. Adapun faucet yang bisa dilakukan dengan koin ini melalui Xcolander.com dan Free.

Faucet crypto sendiri bisa menjadi langkah awal untuk mendapatkan sejumlah koin digital secara gratis dengan melakukan sejumlah hal yang diberikan. Hal ini memang menjadi salah satu langkah yang dilakukan pembuat koin untuk mengenalkan koin mereka ke pasaran agar bisa menarik minat para pemilik modal.

Mengingat, cryptocurrency kini dijadikan sebagai instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Akan tetapi, harus diketahui bahwa instrumen yang satu ini memiliki risiko penurunan besar pula sehingga menuntut penggunanya untuk menganalisa projek yang dikerjakan koin tersebut.

Jika kamu masih belum memahami cryptocurrency, maka instrumen investasi lainnya bisa menjadi pilihan.

Apalagi kini investasi di instrumen saham dan reksa dana bisa dilakukan secara mudah menggunakan smartphone melalui aplikasi Ajaib. Ajaib sendiri merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham dan reksa dana secara aman serta mudah.

Artikel Terkait