Investasi

Mengenal eToro, Aplikasi Trading Berbagai Investasi

Ajaib.co.id – Sekarang memang ada banyak aplikasi fintech yang membantumu untuk berinvestasi di berbagai instrumen investasi. Yang cukup unik adalah eToro.

Secara singkat, eToro merupakan platform trading sosial daring yang didirikan pada 2006 oleh dua bersaudara Ronen dan Yoni Assia, dan rekan mereka David Ring. Pada saat didirikan platform ini bernama RetailFX.

Aplikasi yang berasal dari Israel ini merupakan broker saham yang menyediakan layanan jasa copy trading di instrumen investasi apa saja seperti saham, forex, CFD, Cryptocurrency, dan lain sebagainya.

Meski berasal dari Israel, aplikasi ini berkantor pusat di Cyprus, tepatnya di lantai 7 Kanika International Business Center (KIBC), 4 Profiti Ilia Street, Germasogeia, Limassol. Sementara bagian penelitian dan pengembangan aplikasi masih berkantor di Tel Aviv, Israel.

Saat ini, eToro telah beroperasi di seluruh dunia melalui anak-anak perusahaannya, salah satunya berkantor di lantai 42, One Canada Square, Canary Wharf, London, Inggris.

Di anak-anak perusahaannya yang beroperasi di berbagai negara, eToro sudah memiliki belasan juta pelanggan.

Trading merupakan salah cara untukmu yang ingin menambah cuan dalam waktu yang cukup singkat. Trading tidak ada bedanya dengan investasi jangka panjang, yaitu membeli ketika harga turun, dan menjual di harga yang tinggi. Namun, tentunya tidak sesederhana itu karena ada banyak hal yang perlu kamu pelajari sebelum terjun ke dalamnya.

Di dunia ini banyak sekali instrumen investasi, tidak hanya trading saham. Kamu bisa mempelajari semuanya jika memang sepenasaran itu. Nah, aplikasi saham yang layanan jasa trading-nya memiliki banyak pilihan adalah eToro. Kamu bisa mempelajarinya melalui aplikasi ini.

Apakah Aplikasi Ini Bisa Dipercaya?

Pernahkah kamu membayangkan bisa memiliki saham Google, saham Facebook, Coca Cola, dan perusahaan dunia lainnya? Pastinya kesempatan kamu mendapatkan keuntungan akan lebih besar karena perusahaan itu memiliki kapitalisasi yang super tinggi, selain itu kamu bisa membayangkan menerima dividen yang cukup sering.

Saham-saham tersebut memang belum tersedia secara langsung di Indonesia. Namun, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa memiliki sahamnya, yaitu menggunakan aplikasi dari broker saham yang melayani trading saham di global. Salah satunya adalah aplikasi eToro.

Sekarang untuk memiliki saham-saham perusahaan dunia yang jangkauannya sangat luas itu tidak harus bermodal besar, hanya dengan sekitar Rp2,8 juta atau USD200 kamu bisa memulai trading saham di aplikasi ini.

Lalu, apakah aplikasi ini benar-benar dapat tepercaya?

Yang perlu kamu ketahui aplikasi ini sudah memiliki lisensi dari regulator-regulator internasional seperti Cyprus Securities Exchange Commission yang ada di Cyprus dengan CIF License #109/10, lalu ada lagi di Financial Conduct Authority yang beroperasi di Inggris, dan Australian Securities and Investments Commission yang hadir di Australia.

Sementara di Amerika Serikat, eToro juga telah terdaftar National Futures Association (NFA). Bisa dipastikan aplikasi ini bukan aplikasi bodong yang suka menipu orang-orang.

Sama seperti aplikasi fintech pada umumnya, jika kamu ingin mendaftar di broker saham ini, kamu bisa melakukannya secara online, jadi tidak perlu ke kantornya langsung atau bertemu dengan orangnya langsung. Prosesnya pun serba cepat dan bisa dilakukan di mana saja asalkan kamu punya akses koneksi internet yang bagus.

Selain itu, aplikasi ini menerapkan 0% komisi dalam proses jual-beli. Jika kamu ingin mencobanya tanpa perlu keluar uang, ada simulasi dengan mendaftar akun demo. Kamu akan diberi modal senilai USD100.000.

Seperti aplikasi-aplikasi lain yang sejenis, akun demo ini disediakan eToro untuk membantu investor pemula untuk belajar sistem, metode, dan risiko investasi.

Jika investor pemula sudah siap untuk investasi, eToro mensyaratkan deposit dana minimal USD200 ke akun pribadi.

eToro menyediakan lebih dari 200 tipe instrumen trading yang berbeda. Jadi seorang trader tidak akan kehabisan pilihan dalam trading.

Untuk bursa saham, di eToro terdapat NYSE, NASDAQ, Frankfurt, Paris, Madrid, Milan, Zurich, dan London. Sementara untuk Cryptocurrency, eToro memperdagangkan Bitcoin, Ethereum, Ethereum Classic, EOS, NEO, Mitota, ZCACH, Riak, Litecoin, Dash, Binance Koin, dan Stellar.

Jadi, cukup wajar aplikasi ini digunakan di seluruh dunia karena kemudahan yang ditawarkannya. Aplikasi ini juga menarik minat beberapa investor asal Indonesia. Namun, kebanyakan dari mereka adalah investor dan trader yang sudah mahir atau sudah berkecimpung cukup lama di pasar modal dalam negeri.

EToro di Indonesia

Aplikasi eToro sudah hadir sejak tahun 2007 lalu, dan sampai sekarang masih beroperasi, bahkan semakin banyak penggunanya. Itu artinya aplikasi ini cukup tepercaya, tinggal bagaimana caranya kamu mengelola instrumen investasi yang dimiliki melalui aplikasi ini hingga meraih keuntungan.

Apabila kamu mengalami kerugian, tentunya kamu perlu belajar lagi dan pandai membaca momen apa yang sedang terjadi di pasar saat ini.

Jika kamu ingin melebarkan sayap investasi hingga ke pasar internasional, tidak hanya pasar di Indonesia, tidak ada salahnya kamu memiliki beberapa broker saham yang bekerja di pasar internasional, salah satunya adalah eToro.

Hanya saja sebelum benar-benar masuk, kamu perlu mempelajari terlebih dulu bagaimana aturan dan cara mainnya agar tidak mengalami kerugian suatu saat nanti. Apalagi penggunanya di Indonesia masih sangat minim, kamu jadi kesulitan menemukan forum atau komunitas terkait dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini sendiri belum resmi masuk ke Indonesia. Maksudnya adalah belum memiliki izin beroperasi dari pemerintah. Jika sudah ada izinnya pasti akan bisa diunduh dan diakses. Belum diketahui juga apakah aplikasi ini akan memiliki lisensi di Indonesia.

Selain Indonesia, terdapat negara-negara lain yang belum mengizinkan eToro beroperasi di wilayahnya. Seperti Iran, Kuba, Sudan, Suriah, Serbia, Albania, Kanada, Jepang, Brazil, Turki, dan Korea Utara.

Sejauh ini broker saham yang beroperasi di Indonesia, memang kebanyakan berasal dari Indonesia, contohnya adalah Ajaib.

Oleh karena itu aplikasi ini pun diblokir di Indonesia. Kamu juga pasti akan kesulitan membuka situsnya dengan hanya jaringan biasa. Dilihat dari review orang-orang Indonesia yang sudah mencoba menggunakan aplikasi ini, mereka menggunakan VPN.

Jika kamu penasaran ingin mengunduh aplikasinya, kamu bisa menggunakan VPN. Hanya yang perlu kamu ingat, jangan sampai salah memilih VPN juga. Lebih baik gunakan VPN premium alias berbayar yang koneksinya lebih aman.

Apalagi ini untuk aplikasi trading yang isinya ada portofolio investasi. Tentunya kamu tidak ingin data-data pribadi yang sangat penting itu bisa bocor atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, jika ingin menggunakan aplikasi broker internasional kamu mungkin harus menyiapkan dana juga untuk menggunakan layanan VPN.

Belum Siap? Pilih Saja Broker Saham di Indonesia

Memiliki saham perusahaan internasional bukanlah keharusan. Itu adalah pilihanmu mau atau tidak, tidak ada yang melarangmu. Namun, apabila kamu masih pemula dan ingin ekplorasi saham di Indonesia saja, itu bukanlah hal yang harus dipermasalahkan.

Akan sangat bagus apabila semakin banyak investor domestik jumlahnya bertambah, itu akan menaikkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Untuk aplikasi trading saham dan investasi reksa dana yang tepercaya di Indonesia, kamu bisa mengandalkan Ajaib. Ajaib dapat diunduh secara gratis. Modal yang kamu perlukan untuk mulai investasi pun minim. Jangan ragu bergabung dengan Ajaib.

Artikel Terkait