Mengenal Anak Perusahaan PT PP (Persero)

anak perusahaan pt pp

PT Pembangunan Perumahan (Persero), Tbk atau sering disingkat menjadi PT PP adalah sebuah BUMN yang didirikan pada tanggal 26 Agustus 1953. BUMN ini adalah salah satu pemain kunci di ranah bisnis konstruksi, realti, dan properti nasional. Tercatat, sudah ada beberapa anak perusahan PT PP Persero) yang ikut beredar di Indonesia.

PT PP awalnya ditugaskan hanya untuk membangun rumah tempat tinggal karyawan PT Semen Gresik Tbk. Seiring berjalannya waktu, PT PP mulai mengambil tantangan untuk membangun proyek-proyek yang lebih besar.

Anak Perusahaan PT PP Persero

PT PP Properti (PP Pro)

PT PP memiliki tiga anak perusahaan. Yang pertama adalah PT PP Properti atau PP Pro yang didirikan (melepaskan diri) pada tahun 2013. PT PP Pro mengurus tiga unit bisnis yaitu komersial, residensial, dan perhotelan. Pada tahun 2015, anak perusahaan ini melantai di bursa saham IHSG untuk pertama kalinya dengan kode. saham PPRO. Sempat laris manis di tahun 2016, saham PPRO melempem di awal 2017.

PT PP Urban

Selanjutnya adalah PT PP Urban. Anak perusahaan ini melayani unit bisnis urban development, konstruksi, dan pracetak. PT PP Urban sempat berganti nama berkali-kali, mulai dari PT Prakarsa Dirga Aneka hingga PT PP Pracetak. Tidak seperti PP Pro dengan saham PPRO-nya, PP Urban belum melakukan penawaran saham perdana atau IPO.

PT Presisi

PT PP Presisi Tbk adalah anak perusahaan PT PP yang ketiga. Perusahaan ini menyediakan jasa konstruksi terintegrasi berbasis alat berat. Pada November 2017, PP Presisi memutuskan untuk IPO dengan kode saham PPRE.

PT PP Energi

Kemudian ada juga PT PP Energi yang sesuai dengan namanya berkutat di bisnis proyek pembangunan pembangkit listrik, minyak dan gas, serta pendanaan pemanfaatan energi. Salah satu proyek terbesar PT PP Energi adalah Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Solo yang menghasilkan 10 MWlistrik. PP Energi sempat direncanakan untuk IPO tahun ini namun pelaksanaannya ditunda.

PT PP Infrastruktur

Yang terakhir adalah PT PP Infrastruktur. Berbeda dengan saudara-saudaranya PP Infrastruktur mengelola aset-aset perusahaan induknya. Selain itu, PP Infrastruktur juga akan bertindak sebagai investor.

Anak perusahaan PT PP beserta induknya telah melahirkan beberapa mahakarya. Yang paling terkenal adalah Hotel Indonesia yang diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden Soekarno. Pendanaan hotel ini didapat dari kompensasi Jepang atas kerugian selama zaman penjajahan.

PT PP juga berhasil membangun beberapa gedung pemerintahan seperti Gedung Mahkamah Konstitusi RI dan Gedung Departemen Agama. Selain gedung atau pencakar langit, proyek-proyek infrastruktur pemerintah sebagian besar digarap oleh PT PP. Beberapa di antaranya adalah Terminal Ferry Merak Bakauheni, Jembatan Barelang di Kepulauan Riau, dan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Kiprah PT PP dan unit-unit bisnisnya di Indonesia sudah terbukti lewat rancangan-rancangan proyek di berbagai lini. Meskipun tidak mungkin tanpa cacat, PT Pembangunan Perumahan (Persero) turut andil dalam pembangunan infrastruktur Indonesia yang semakin maju.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait