Saham

Mengenal 5 Aplikasi Saham yang Terdaftar di OJK

aplikasi saham

Ajaib.co.id – Sekarang ini banyak sekali betebaran aplikasi saham untuk berinvestasi. Namun, tidak semuanya terdaftar di OJK. Bila kamu ingin tahu aplikasi apa saja yang terdaftar, simak ulasan berikut ini.

Memulai trading saham adalah sebuah hal yang bisa dilakukan dengan mudah saat ini. Untuk meningkatkan inkusi finansial banya perusaah finansial teknologi atau fintech yang memudahkan para investor untuk melakukan trading saham dengan efisien da fleksibel.

Namun demikan aplikasi-aplikasi  yang terdaftar di OJK (Otoritas jasa Keuangan) perlu diketahui sebelum Kamu memulai trading. Misalkan saja dengan melihat apakah perusahaan sudah memiliki lisensi tersebut. Biasanya perusahaan atau aplikasi yang sudah memiliki lisensi dari OJK akan terlihat di halaman depan aplikasi.

Adapun kegunaan aplikasi saham  yang terdaftar di OJK adalah untuk menjamin dana nasabah dengan keterbukaan informasi dari perusahaan trading investasi tersebut. Selain memastikan lisensi di OJK, aplikasi  yang terdaftar di OJK juga akan membantu Kamu dalam memberi tau cara membaca pergerakan saham atau edukasi.

Disisi lain, perlu Kamu ketahui bahwa melakukan download aplikasi-aplikasi  yang terdaftar di OJK, Kamu perlu mengetahui aplikasi mana saja yang umum digunakan para trader atau memiliki kinerja baik dalam mengelola dana nasabahnya.

Adapun jenis aplikasi saham yang terdaftar di OJK, antara lain :

Aplikasi Saham dan Simulasi

Sebagai seorang investor baru Kamu harus memiliki aplikasi saham  dan simulasi. Hal ini karena jika Kamu ingin melakukan trading di pasar modal maka aplikasi yang Kamu miliki merupakan media yang bisa Kamu gunakan untuk memudahkan Kamu masuk ke pasar modal. Para investor pemula tentunya harus memiliki manual book atau panduan cara melakukan jual-beli saham serta tau bagaimana cara dalam melakukan analisa fundamental perusahaan trading. Maka dari itu, sebuah aplikasi yang dilengkapi dengan bentuk simulasi transaksi dapat dengan mudah dalam membantu kamu.

Bentuk dari aplikasi ini umumnya dilengkapi dengan beragam tahap-tahap dalam transaksi serta diikuti dengan penjelasannya. Selain itu juga ada informasi mengenai daftar pergerakan saham baik pergerakan saham dalam negeri maupun luar negeri untuk pemantauan secara real time. Ada salah satu aplikasi saham  jenis ini yang saat ini ada banyak diunduh yakni Stock Market Simulator yang bisa Kamu download melalui App Store.

Aplikasi Saham Perusahaan Sekuritas

Bagi kamu yang ingin melakukan investasi saham tentunya kamu harus melakukan pembukaan rekening saham terlebih dulu di sebuah perusahaan sekuritas. Saat ini diera digital banyak perusahaan sekuritas sudah memiliki aplikasi saham  yang bisa digunakan investornya untuk melakukan trading atau jual-beli saham.

Dengan begitu, maka transaksi tersebut tidak perlu dilakukan melalui pialang sebagai perwakilan dari perusahaan sekuritas. Selain itu, kamu juga bisa melakukan transaksi dengan fleksibel dimana seluruh transaksi berada di genggaman tanganmu.

Adapun beberapa aplikasi saham  yang terdaftar di OJK dari perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia, seperti Simas Equity Mobile dari PT Sinarmas Sekuritas, POEMS ID dari PT Phillip Sekuritas Indonesia, MOST Mobile Mandiri dari Mandiri Sekuritas, BIONS Mobile dari BNI Sekuritas, dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi Saham dan Berita Pasar

Selain melakukan pemantauan dalam pergerakan nilai saham setiap harinya, seprang investor juga perlu melakukan analisa kondisi fundamental pada perusahaan tempat dimana ia akan melakukan investasi saham, selain itu investor juga harus memiliki kemampuan dalam melakukan analisa situasi pasar modal terkini.

Hal ini bisa dilakukan dengan baik yang mana salah satunya adalah dengan rutin membaca informasi dan berita-berita pasar saham. Adapun berita pasar yang bisa memudahkan investor dalam memperoleh informasi setiap harinya adalah dengan rajin membaca berita rujukan dari beberapa portal berita ekonomi dan bisnis.

Aplikasi Saham Komunitas Online

Saat Kamu menjadi seorang investor pemula, Kamu mungkin akan mengalami sedikit kesulitan dalam mengatur strategi agar bagaimana investasi saham Kamu terhindar dari kerugian. Adapun beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan adalah dengan berdiskusi dengan sesama investor.

Dalam aplikasi komunitas online traders, ada ribuan pengguna yang bisa dikatakan sebagai investor. Para investor tersebut tentunya bisa Kamu tanyakan terkait dengan situasi pasar saham saat ini. Kamu juga bisa saling menginformasikan kenaikan atau penurunan saham suatu perusahaan dan banyak hal lagi.

Aplikasi Saham Mobile Banking

Perbankan saat ini sudah diizinkan melakukan penjualan produk keuangan termasuk saham. Dengan begitu, maka perusahaan perbankan tentunya sudah memiliki aplikasi sejenis mobile banking. Dengan rekening dana (RDN) Kamu bisa melakuakn pembayaran tagihan transaksi pembelian saham.

Maski demikian, aplikasi saham  mobile banking hanya bisa berguna sebatas melakukan pembelian saja, tapi tidak untuk melakukan pemantauan harga saham di industri pasar modal.

Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik

Selain sebuah bentuk aplikasi saham  dari perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening saham, ada juga beberapa aplikasi saham  terbaik yang direkomendasikan untuk kamu unduh, antara lain :

Ajaib

Ajaib merupakan salah satu aplikasi investasi saham yang digunakan oleh banyak investor dan komunitasnya dalam melakukan diskusi tentang investasi. Kamu bisa jual-beli saham secara langsung di aplikasi Ajaib.

Selain itu dilengkapi juga fitur seperti competitive ranking, supaya investor dapat mengetahui performa saham yang dimiliki saat dibandingkan dengan saham di sektor usaha sejenis. Dan juga fitur alert agar investor jadi yang pertama mengetahui kenaikan atau penurunan harga saham yang dipilih.

Investing.com

Investing merupakan aplikasi yang juga memuat informasi saham secara real time (langsung). Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Economic Calendar untuk info terbaru. Selain itu, ada juga fitur pengaturan portofolio saham, serta berita dan analisa pasar saham.

Indonesia Stock Exchange Data

Bagi kamu para investor pemula, aplikasi Stock Exchange Data tentunya akan menjadi sebuah aplikasi favoritmu. Aplikasi ini sangat mudah digunakan melalui berbagai fitur-fitur sederhana yang tidak membuat pusing pengguna baru.

Di aplikasi ini, Kamu akan disajikan data secara real time dengan notifikasi mengenai waktu terbaik dalam menjual dan membeli saham, serta dalam melakukan manajemen portofolio saham, berita ekonomi, dan masih banyak lagi.

IDX Channel

Bursa Efek Indonesia atau yang dikenal dengan Indonesia Stock Exchange (IDX) sebagai penyelenggara dan juga penyedia sistem pasar modal di Indonesia tentunya juga memiliki aplikasi yang recommended.

Adapun informasi terkait dengan berita berita bisnis dan ekonomi, aksi korporasi, dan ekonomi global bisa kamu baca selengkapnya di Ajaib.

Bacaan menarik lainnya:

Fuady, Munir. (2001). Pasar Modal Modern (Tinjauan Hukum). Bandung : Citra Aditya Bhakti


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait